Segara Anak, Danau Biru Cantik di Kaldera Gunung Rinjani

Buat yang suka melakukan pendakian, mungkin sudah nggak asing lagi kalau mendengar nama Danau Segara Anak. Baik yang sudah pernah mendaki Gunung Rinjani maupun belum, pasti tau dong? Sebenarnya apa yang menarik dari danau berwarna biru tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Segara Anak, Danau Biru Cantik di Kaldera Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut dan menjadi gunung favorit bagi para pendaki Indonesia. Daya tarik Gunung Rinjani sendiri adalah keindahan alam yang bisa dinikmati dari puncaknya serta keindahan Pulau Lombok yang tampak secara jelas.

Salah satu keindahan yang bisa dilihat dan dinikmati oleh pendaki adalah Danau Segara Anak. Danau Segara Anak merupakan salah satu alasan utama mengapa Gunung Rinjani terlihat begitu cantik sehingga membuat banyak pendaki ingin mendakinya. Penasaran bagaimana menariknya danau berwarna biru ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Arti Nama Danau Segara Anak

Segara Anak, Danau Biru Cantik di Kaldera Gunung Rinjani

Image source: id.wikipedia.org

Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani, yang berada di Puncak Gunung Rinjani. Nama Segara sendiri dalam bahasa jawa berarti laut, Anak berarti anak, sehingga Segara Anak berarti anak laut.

Diberikan nama tersebut karena warna biru Segara Anak mengingatkan danau laut. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2.000 meter di atas permukaan laut dengan luas danau 1.100 hektar dan kedalaman 230 meter. Konon air danau inilah yang mengalir dan menjadikan adanya Air Terjun Tiu Kelep di kaki Rinjani.

Danau Tertinggi di Indonesia

Segara Anak, Danau Biru Cantik di Kaldera Gunung Rinjani

Image source: cabeoutdoorservice.com

Selain pemandangan yang menakjubkan, hal lain yang membuat Segara Anak menjadi spesial adalah lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Fakta tersebut menjadikan danau biru ini masuk ke dalam daftar salah satu danau tertinggi di Indonesia.

Seperti yang diketahui, ada beberapa danau di Indonesia yang lokasinya berada di atas gunung, termasuk Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru dan Danau Gunung Tujuh di Taman Nasional Kerinci Seblat. Sedangkan untuk danau tertinggi di Indonesia sendiri adalah Danau Habema dengan ketinggian 3.321 meter di atas permukaan laut yang berada di Pegunungan Trikora, Papua.

Mitos Umur

Ada sebuah mitos di danau ini yang mengatakan bahwa barang siapa yang melihat danau ini sebagai danau yang luas, maka orang tersebut akan memiliki umur yang panjang. Sebaliknya, barang siapa yang melihat danau ini sebagai danau yang sempit maka ia akan memiliki umur yang relatif pendek.

Terkait kebenaran atas mitos tersebut, jangan sampai membuat para pendaki malah takut untuk melihat Danau Segara Anak ya, bro. Karena mengenai umur, kita selaku manusia nggak ada yang tau.

Memancing di Danau

Di Danau Segara Anak sendiri nggak ada larangan untuk mengambil ikan dengan cara memancing. Jadi, ketika mendaki Gunung Rinjani, nggak ada salahnya membawa peralatan memancing supaya bisa merasakan sensasi memancing di Segara Anak. Kapan lagi bisa memancing di atas gunung?

Gua Sekitar Danau

Setelah memancing di Danau Segara Anak, pendaki juga bisa menjelajahi 3 objek wisata lainnya, yakni Gua Susu, Gua Payung, dan Gua Manik. Di antara ketiga gua tersebut, nama Gua Susu adalah yang paling terkenal. Gua ini berjarak sekitar 1 kilometer dari danau sehingga pendaki harus trekking terlebih dahulu untuk sampai ke sana.

Nah, itulah yang menarik dari danau berwarna biru Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Kalau ada kesempatan mendaki Gunung Rinjani, jangan lupa menikmati keindahan danau tersebut, bro!

 

Source: https://www.pagitrans.com/danau-segara-anak/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
pengen kesana
agung
tq info ya
Dewandi amirullah
Thanks info nya
Rosida
Mantappppp
Sadri
Nice info
Rdh
Kereeeeeen