Info yang Harus Lo Tahu Sebelum Mendaki Gunung Kembang

Lebih dari sekadar indah, gagahnya gunung Sindoro dan Sumbing bisa lo nikmati sekaligus dari puncak Gunung Kembang ini, bro. Yup, gunung kembar memang sedang populer di kalangan para pendaki gunung beberapa tahun terakhir. Kehadirannya tentu menambah alternatif destinasi pendakian di Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara. Berikut ulasan selengkapnya!

Info yang Harus Lo Tahu Sebelum Mendaki Gunung Kembang

Selain dua gunung kembar Sindoro dan Sumbing, serta gunung Prau yang populer, ternyata masih ada satu gunung lainnya di Wonosobo yang recommended untuk lo jelajahi lho, bro. Yup, Gunung Kembang ini memang sedang populer di kalangan para pendaki gunung beberapa tahun terakhir.

Jika lo ingin mendaki gunung yang satu ini, lo bisa memulai pendakian dari basecamp Blembem atau base camp Lengkong. Meskipun tergolong gunung pendek, Gunung Kembang punya trek pendakian yang bisa bikin lo mencium lutut lo sendiri, bro.

Penasaran kan? Mending simak langsung beberapa informasi terkait Gunung Kembang di Wonosobo, Jawa Tengah berikut ini, bro!

Merupakan Anak Gunung Sindoro

Info yang Harus Lo Tahu Sebelum Mendaki Gunung Kembang

Image source: instagram.com/phewheantho

Gunung kembang terletak persis bersebelahan dengan gunung Sindoro. Nggak heran, jika warga setempat dan para pendaki menjuluki gunung Kembang sebagai anak atau adik gunung Sindoro.

Ketinggian gunung tersebut saat ini tercatat 2.340 mdpl. Konon kabarnya, tinggi gunung Kembang selalu mengalami kenaikan setiap tahun akibat aktivitas vulkanik gunung Sindoro, bro.

Bukan Gunung untuk Pemula

Info yang Harus Lo Tahu Sebelum Mendaki Gunung Kembang

Image source: instagram.com/rifqiefs 

Meski gunung ini memiliki ketinggian kurang dari 2.500 mdpl, bukan berarti gunung Kembang mudah untuk didaki. Pasalnya, jalur di gunung ini mempunyai trek yang terus menanjak dan jalur diselimuti akar pohon di beberapa titik. Oleh karena itu, gunung Kembang kurang direkomendasikan untuk pendaki-pendaki pemula, bro.

Selama pendakian, jangan pernah mengharap "bonus". Sebab, tanah datar hampir nggak bakal lo temukan di sepanjang jalur menuju puncak gunung Kembang. Perlengkapan seperti trekking pole dan sepatu gunung yang safety harus benar-benar lo perhatikan saat mendaki gunung yang satu ini, bro.

Gunung dengan Peraturan Pendakian yang Ketat

Nah, yang bikin gunung Kembang ini keren adalah pengelola memberlakukan peraturan yang sangat ketat, khususnya soal barang bawaan para pendaki, bro. Sebelum lo mendapatkan simaksi, semua barang bawaan lo harus dilaporkan dan dicatat dengan detail di basecamp pendakian.

Bahan, makanan dalam kemasan plastik diharuskan dibuka satu per satu dan dibungkus dalam satu wadah, termasuk air mineral dalam kemasan. Sebagai gantinya, lo bisa membeli atau menyewa jeriken air berkapasitas 2 liter untuk mendaki gunung Kembang.

Saat berhasil turun mendaki dan sampai di basecamp, lo harus melaporkan kembali barang bawaan yang lo bawa mendaki, bro. Kalau jumlahnya kurang dari catatan awal saat lo memulai pendakian, berarti lo dianggap telah meninggalkan sampah di area gunung Kembang.

Konsekuensinya lo diharuskan kembali ke gunung untuk mengambil sampah tersebut atau didenda sebesar Rp1 jutaan per satu jenis sampah yang tertinggal. Benar-benar ketat kan, bro?

Hanya Boleh Mendirikan Tenda di Puncak Gunung

Konon, bermalam di area hutan gunung Kembang adalah suatu pantangan. Sebab, beberapa kali terjadi hal mistis pada para pendaki yang nekat mendirikan tenda di pos-pos gunung Kembang, bro.

Maka dari itu, sebaiknya dirikan tenda untuk berkemah di puncak gunung Kembang saja, ya. Puncak gunung ini pun memiliki area datar yang terbilang luas, jadi jangan khawatir nggak kebagian tempat berkemah di sini.

Durasi pendakiannya, dari basecamp menuju puncak sekitar lima sampai tujuh jam, tergantung pada ritme kaki dan kondisi cuaca selama lo mendaki, bro. Jika cuaca tiba-tiba hujan lebat, tentu bakal membuat durasi pendakian karena jalurnya yang menjadi lebih sulit dan licin.

Di puncak gunung Kembang inilah, nantinya lo bakal menyaksikan dengan jelas deretan gunung-gunung lain yang cantik. Mulai dari gunung Sindoro yang tepat berada di samping puncak gunung Kembang, gunung Sumbing, gunung Prau, gunung Merapi, gunung Merbabu, sampai gunung Slamet yang bisa terlihat jelas saat cuaca sedang cerah.

 

Referensi : https://www.idntimes.com/travel/tips/intan-deviana-safitri/catat-5-info-penting-ini-sebelum-mendaki-gunung-kembang-di-wonosobo-c1c2/5
In Depth Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat
Ldr_Lstyd
nice info
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Nice info.
Agung Sutrisno
Gunung Kembang idak direkomendasikan buat pemula karena trek dan medan pendakian yg berat
Heni Oen
pas banget info buat oemula
Yuniarto ( Tato )
baru tau gunung kembang nihhh