Melihat Lebih Dekat Tembok Alam Setinggi 500 Meter di Lembah Harau

Lembah Harau jadi salah satu ikon wisatanya Sumatera Barat. Kawasan Lembah Harau memiliki pemandangan asri dan diapit bukit-bukit cadas yang terjal. 

Melihat Lebih Dekat Tembok Alam Setinggi 500 Meter di Lembah Harau

Lokasinya terletak di Kabupaten Limapuluh Kota. Kalau dari fly over Kelok Sembilan cuma butuh waktu perjalanan satu jam untuk sampai di Lembah Harau.

Keindahan alam masih bertebaran di dataran tingginya. Di sana ada cagar alam dan suaka margasatwa. Tempat ini ditetapkan sebagai cagar alam sejak 10 Januari 1993. 

Dikelilingi Granit Terjal Setinggi 500 Meter

Melihat Lebih Dekat Tembok Alam Setinggi 500 Meter di Lembah Harau

Image source: harau.org

Pemandangan di Lembah Harau ini nggak biasa karena ada dua bukit cadas terjal dengan ketinggian 100 meter sampai 500 meter. Terus yang bikin takjub lagi, di sekelilingnya ada area persawahan yang hijau membentang. Bikin mata nyaman dan ogah pulang ke kota.

Topografi Cagar Alam Harau yakni berbukit-bukit dan bergelombang. Posisinya berada di 500 sampai 850 meter di atas permukaan laut. 

Bukit yang ada di Lembah Harau antara lain Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang. Mampir ke tempat ini lo bakal disambut dengan udara segar dan warna-warni tebing granit.

Dijuluki Yosemite-nya Indonesia

Melihat Lebih Dekat Tembok Alam Setinggi 500 Meter di Lembah Harau

Image source: harau.org

Taman Nasional Yosemite merupakan taman nasional yang terletak di sebelah timur California, Amerika Serikat. Tepatnya di bagian barat Pegunungan Sierra Nevada

Taman nasional ini termasuk dalam salah satu warisan dunia yang dikenal karena tebing granit, air terjun, sequoia raksasa, serta keanekaragaman hayatinya.

Nah, penampakan alam Lembah Harau yang indah ini dinilai mirip dengan Yosemite. Keduanya memiliki kesamaan soal warisan alam tebing-tebing granit yang terjal. 

Sejak tahun 1926, Lembah Harau ini sudah sering dikunjungi. Terbukti dengan adanya monumen peninggalan Belanda yang terletak di kaki air terjun Sarasah Bunta. Sarasah Bunta ini merupakan salah satu air terjun yang berada di Lembah Harau.

Asal Usul Nama Lemah Harau

Melihat Lebih Dekat Tembok Alam Setinggi 500 Meter di Lembah Harau

Asal usul nama Harau ini juga melalui cerita yang panjang. Jadi Harau diyakini berasal dari kata ‘parau’, istilah lokal yang artinya suara serak. 

Dulu, penduduk yang tinggal di atas Bukit Jambu sering terdampak banjir dan longsor yang menyebabkan warga di sana menjadi gaduh dan panik. Di momen penuh kepanikan itu warganya nggak jarang berteriak histeris dan yang akhirnya menimbulkan suara parau. 

Nah dari suara penduduk yang parau didengar maka daerah itu kemudian dinamakan ‘orau’ dan kemudian berubah nama menjadi ‘Arau’ hingga akhirnya penyebutan lebih sering menjadi ‘harau’.

Lembah Harau merupakan cagar alam seluas 669 hektar. Berdasarkan hasil survei tim geologi asal Jerman tahun 1980, ditemukan jenis batuan di daerah yang ini identik dengan yang ditemukan di dasar laut berupa batuan breksi dan konglomerat. Kalau dari cerita legenda masyarakat, Sarasah Aka Barayunjuga, di sekitar Cagar Alam Lembah Harau dulunya adalah laut. 

Kalau lo mau ke sana, kawasan Lembah Harau ini terdiri dari 3 kawasan yakni Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang. Di resort Aka Barayun memiliki keindahan air terjun yang mempunyai kolam renang dengan nuansa alam asli. Di sana juga berpotensi untuk pengembangan olahraga panjat tebing karena memiliki bukit batu yang terjal. 

Buat yang suka tantangan, menjajal olahraga ekstrem di tengah alam yang asri sudah pasti menarik banget kan? Jadi kapan mau mampir ke Lembah Harau?

 

Source: https://travel.kompas.com/read/2014/07/10/130236027/Lembah.Harau.Salah.Satu.Lembah.Terindah.di.Indonesia
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Dewandi amirullah
Kereen banget
Agus Sungkawa
Amazing.. Mantap
Yuniarto ( Tato )
Mantap Betulllllll
Heni Oen
ngak kalah keren dengan luar negri
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
keren bgt
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Keanekaragaman hayati
Fajar Satritama
Mantap juga ya bro
Rosida
Mantapppp