Gunung-gunung di Atas 2500 mdpl yang Cocok Buat Pemula

Indonesia termasuk salah satu negara cincin api atau ring of fire, di mana dari ujung barat sampai ujung timurnya terbentang ratusan gunung berapi aktif. Nggak cuma itu aja bro, Indonesia secara geografisnya dipermanis dengan perbukitan, dataran rendah, dan pegunungan.

Gunung-gunung di Atas 2500 mdpl yang Cocok Buat Pemula

Nggak heran deh kalau Tanah Air kita ini kaya dengan gunung yang ketinggiannya macam-macam. Makanya buat para pecinta alam rasanya bersyukur banget tinggal di Indonesia

Pegunungan dari mulai di bawah 2.500 mdpl sampai di atas itu pun banyak dijelajahi. Nah buat pemula memang biasanya mendaki di pegunungan yang ketinggiannya di bawah 2.500 mdpl.

Tapi ada nggak sih gunung di atas ketinggian itu yang cocok buat pemula? Jawabannya ada bro. Catatan untuk para pemula ketika naik gunung di atas 2.500 mdpl adalah aman dan nyaman. Safety first, bro!

Tingkat kesulitan rute untuk sampai ke puncak gunungnya memiliki level yang beda-beda. So, karena lo masih pemula jadi jangan sekali-kali melanggar etika dan aturannya ya. Meski lo sudah dipandu dengan pendai yang ahli sekalipun.

Gunung Prau via Patak Banteng (2.565 mdpl)

Gunung-gunung di Atas 2500 mdpl yang Cocok Buat Pemula

Image source: instagram.com/yahdi02

Jalur pendakian Prau via Patak Banteng merupakan rute yang sering dipilih pendaki. Alasannya karena jalur ini sangat pendek dan cepat sampai di puncak. Karena alasan itu, pemula masih sanggup buat naik ke atas.

Memang sih jalur pendakian Patak Banteng cukup terjal dan menanjak. Tapi untuk sampai ke camp area itu nggak butuh waktu lama kok, estimasi waktunya hanya 2 jam.  

Pendaki bisa cepat sampai karena basecamp Patak Banteng terletak di ketinggian sekitar 2000-an mdpl, jadi setelahnya cuma naik sekitar 500 m saja buat ke titik paling atas.

Kalau mau ke sini, para pendaki dianjurkan banget membawa baju hangat. Karena suhu di dataran tinggi Dieng bisa sangat dingin ketika musim kemarau.

Gunung Papandayan via Cisurupan (2.665 mdpl)

Gunung-gunung di Atas 2500 mdpl yang Cocok Buat Pemula

Gunung Papandayan salah satu gunung api yang masih aktif di Garut. Papandayan ini terkenal dengan medan yang landai dan pemandangan yang bagus banget. Buat sampai ke puncak dari basecamp perkiraan waktunya cuma 4 jam.

Tapi lo nggak boleh meremehkan proses pendakian ke puncak. Perlengkapan dan perbekalan harus disiapkan dengan matang juga.

Gunung Gede via Cibodas (2958 mdpl)

Gunung-gunung di Atas 2500 mdpl yang Cocok Buat Pemula

Image source: instagram.com/tonnieffendy

Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas tergolong jalur yang paling sering dilalui para pendaki. Awal pendakian lo bakal menyusuri jalan setapak berbatu, terus ada kawasan hutan tropis lebat yang menjadi pemandangan lo sepanjang awal perjalanan.

Biasanya pendaki lewat jalur ini akan mendirikan tenda di Kandang Badak sebelum lanjut summit atau menuju puncak sekitar pukul 03.00 WIB. Jalurnya juga terbilang landai kok. Estimasi waktunya sekitar 7-10 jam untuk sampai puncak.

Gunung Merbabu via Selo (3.145 mdpl)

Gunung-gunung di Atas 2500 mdpl yang Cocok Buat Pemula

Pendakian di Gunung Merbabu via Selo dimulai dengan track yang landai. Sesampainya di basecamp Selo, perasaan capek bakal dibayar tuntas, karena lo bakal melihat langsung pemandangan cantiknya Gunung Merapi di sisi selatan. 

Jalur via Selo ini menjadi jalur favorit pendaki di antara keempat jalur lainnya, yaitu jalur Wekas, Suwanting, Chuntel, dan Tekelan. Jalur ini juga terdapat mata air di pos 2 jadi relatif aman, nggak harus bawa air bergalon-galon. 

 

source: https://www.indosurvival.com/2018/11/5-rekomendasi-gunung-untuk-pendaki-pemula.html
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Yup bner bngt nihhhh
Bahar
Nicr info
Heni Oen
asyik dpt tips yang bermanfaat
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
kangen gunung
Heni Oen
info yang bermanfaat
Fajar Satritama
Mantap mantaapp
Rdh
Mantaaaap