Bikin Takjub, Air Terjun Unik Ini Adanya di Bawah Tanah

Air terjun di atas permukaan tanah pasti sudah lumrah dan memang sejatinya air terjun itu berasal dari aliran air di ketinggian yang mengucur jatuh ke permukaan tanah. Tapi bagaimana jadinya kalau air terjun itu justru posisinya tidak di atas, melainkan ada di bawah tanah.

Bikin Takjub, Air Terjun Unik Ini Adanya di Bawah Tanah

Air terjun unik itu ada di Benua Amerika bro. Namanya Ruby Falls. Ruby Falls terletak di Pegunungan Lookout, Chattanooga, di Negara Bagian Tennessee, Amerika Serikat. Air terjun ini diklaim sebagai air terjun bawah tanah tertinggi di dunia. 

Perlu perjuangan untuk menyaksikan keindahan air terjun ini. Pengunjungnya harus menyusuri lorong gua bawah tanah yang sempit terlebih dulu sampai akhirnya bisa melihat suguhan stalaktit dan stalakmit di dinding gua yang menakjubkan.

341 Meter di Bawah Tanah

Bikin Takjub, Air Terjun Unik Ini Adanya di Bawah Tanah

Image source: rubyfalls.com

Ruby Falls bisa dibilang salah satu hidden gems yang tersembunyi, sampai akhirnya ditemukan pada awal abad ke-20. Air terjun ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli kimia bernama Leo lambert pada tahun 1920-an. 

Uniknya, nama 'Ruby' pada air terjun ini dipilih dari nama istri sang penemu. Jadi nama istri Lambert adalah Ruby. 

Air terjunnya sendiri mempunyai tinggi sekitar 44 meter. Yang bikin suasana menjadi syahdu itu karena ada tatanan cahaya warna-warni yang berubah-ubah, diiringi musik dengan tempo yang tenang.

Dibuka untuk Umum pada 1929 

Bikin Takjub, Air Terjun Unik Ini Adanya di Bawah Tanah

Image source: rubyfalls.com

Seperti sudah dijelaskan di atas, air terjun ini ditemukan oleh Lamber. Ketika itu dia berencana untuk membuka salah satu gua yang ada di kaki Pegunungan Lookout.

Pada tahun 1905, pintu masuk alami untuk mencapai Lookout Mountain Cave harus ditutup selama pembangunan terowongan kereta api. Nah pada saat melakukan ekspedisi tahun 1928, Lambert mencoba eksplorasi jalur untuk pintu keluar dari gua. Di tengah perjalanan dia terkejut karena menemukan air terjun di bawah tanah.

Lambert pun langsung mengajak istrinya, Ruby untuk melihat langsung keindahan alam yang dia temui. Di momen itulah si air terjun ini diberi nama Ruby Falls. Dan, setahun kemudian baru deh dibuka untuk umum, tepatnya tahun 1929.

Sayangnya, karena kurangnya antusiasme publik terhadap gua, akhirnya Lookout Mountain Cave sempat ditutup pada tahun 1935. Akan tetapi, nggak lama Ruby Falls Cave kembali dibangun dan dipasangi lampu listrik yang dipasang di area gua. Pemasangan elevator juga memudahkan pengunjung mengakses gua ini setiap tahunnya.

Ada Juga Air Terjun Bawah Tanah di Jawa

Bikin Takjub, Air Terjun Unik Ini Adanya di Bawah Tanah

Image source: cifor.org

Air terjun bawah tanah juga ada lho di Indonesia, tepatnya di Pulau Jawa. Ada namanya Air Terjun Gua Pule Jajar. Gua Pule Jajar ini merupakan sungai bawah tanah berarus deras dan memiliki air terjun setinggi 5 meter. Pengunjung yang datang ke gua ini umumnya mahasiswa pencinta alam dan kalangan speleolog yang ingin mempelajari gua dan lingkungannya.

Ada juga Air Terjun Gua Seropan yang lokasinya di Desa Semuluh, Kecamatan Semaun. Air terjun ini memiliki ketinggian 7 meter yang potensial dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik mikrohidro.

 

Source: https://kumparan.com/kumparantravel/amerika-serikat-punya-air-terjun-bawah-tanah-tertinggi-di-dunia-1uEDFmM0vuz
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
ini si bagus
Agung Sutrisno
Biasanya ada di dalam gua
Heni Oen
jadi colourful
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Keren habis.
Ldr_Lstyd
keren banget
Agus Sungkawa
Amazing bro
Bahar
Nice info
Heni Oen
bakal jadi wisata yang bagus
Yuniarto ( Tato )
agak mistis bro