Mengenal Acute Mountain Sickness, Penyakit yang Sering Dihadapi Pendaki

Pendakian gunung memang bukan kegiatan yang mudah untuk dilakukan. Berbagai rintangan serta serangan penyakit yang bisa aja dihadapi terkadang jadi penghambat perjalanan pendakian. Salah satu yang bisa menyerang adalah Acute Mountain Sickness (AMS). Apa itu AMS? Simak ulasan selengkapnya!

Mengenal Acute Mountain Sickness, Penyakit yang Sering Dihadapi Pendaki

Acute Mountain Sickness (AMS) yang sering juga disebut dengan Acute Altitude Sickness adalah suatu kondisi tubuh nggak normal yang sangat sering menyerang para pendaki. Penyakit ketinggian ini ditandai dengan sejumlah kondisi seperti mual, lemas, nggak nafsu makan, sulit tidur, dan lain-lain. Di balik kegiatan mendaki yang seharusnya menyenangkan pun terdapat risiko kesehatan yang mengintai.

Acute Mountain Sickness ini menjadi yang paling umum terjadi. Berdasarkan statistik, 25% penyakit gunung ini dialami pendaki yang berada pada ketinggian 2.400 mdpl dan 40-50% dialami pendaki yang berada pada ketinggian 3.000 mdpl.

Meski sekilas kondisi ‘mabuk gunung’ ini nggak terlalu mengkhawatirkan, penanganan yang nggak cepat dan tepat justru memperburuk kondisi penderita dengan potensi berujung pada kematian. Bahaya banget kan, bro? Lebih baik pahami bagaimana faktor penyebab hingga cara mengatasi Acute Mountain Sickness berikut ini.

Faktor Penyebab Acute Mountain Sickness

Mengenal Acute Mountain Sickness, Penyakit yang Sering Dihadapi Pendaki

Image source: matadornetwork.com

Gangguan kesehatan ini dapat menyerang siapa aja, baik laki-laki maupun perempuan, muda maupun tua. Penyebab utamanya adalah ketidakmampuan tubuh untuk beradaptasi dengan kondisi alam di pegunungan yang memiliki kadar oksigen dan tekanan udara lebih rendah, sehingga tubuh kekurangan asupan oksigen.

Ketika seseorang berada pada ketinggian tertentu dengan level oksigen dan tekanan udara yang semakin rendah, tubuh akan berusaha untuk menyesuaikan dengan jantung yang berdetak lebih cepat berikut pernapasannya.

Jika pendaki memaksakan diri dengan mendaki terlalu cepat dalam waktu yang singkat, maka adaptasi tersebut nggak akan berjalan dengan sebagaimana mestinya dan memicu munculnya AMS.

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko mengalami AMS antara lain ketinggian yang dicapai, pendakian yang terlalu cepat, mengonsumsi alkohol, kelelahan, memiliki kondisi medis yang memengaruhi sistem pernapasan, kekurangan cairan, nggak terbiasa di tempat tinggi, dan kondisi tubuh yang nggak fit.

Gejala Acute Mountain Sickness

Mengenal Acute Mountain Sickness, Penyakit yang Sering Dihadapi Pendaki

Image source: aasraecotreks.com.np

Gejala AMS juga dapat dibedakan dari seberapa parah kondisi yang dialami. Seperti pada kondisi ringan, gejala yang dialami seperti pusing dan sakit kepala, insomnia, mual dan muntah, nyeri pada otot, kehilangan nafsu makan, detak jantung lebih cepat, sesak napas, serta bengkak pada tangan, kaki dan wajah.

Sedangkan jika penderita AMS ringan nggak segera ditangani, kondisi dapat semakin parah dengan terjadinya edema otak dan paru. Penumpukan cairan pada otak juga ditandai dengan penurunan kesadaran dan bicara yang meracau (bahkan terkesan seperti kerasukan).

Sementara itu, penumpukan pada paru ditandai dengan kesulitan bernapas yang semakin parah bila dalam posisi tidur dan terasa lebih baik jika dalam posisi duduk atau berdiri.

Cara Mencegah Acute Mountain Sickness

Mengenal Acute Mountain Sickness, Penyakit yang Sering Dihadapi Pendaki

Image source: aasraecotreks.com.np

Untuk mencegah risiko mengalami AMS, dapat melakukan hal-hal seperti mendaki dengan perlahan sehingga tubuh dapat beradaptasi, pastikan tubuh terhidrasi, penuhi kebutuhan nutrisi terutama karbohidrat, istirahat yang cukup, hindari tidur di atas ketinggian 2.800 mdpl, dan segera turun ke permukaan rendah bila mengalami gangguan pernapasan dan saraf.

Cara Mengobati Acute Mountain Sickness

Keadaan ini seringkali disalah artikan sebagai gejala ‘masuk angin’ atau kelelahan biasa. Akibatnya tentu kondisi yang dialami semakin parah. Untuk itu, jika lo atau teman pendaki mengalami hal ini, berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kesehatan.

  • Segera bawa ke tempat yang lebih rendah
  • Minum air
  • Berikan oksigen dan/atau obat-obatan (aspirin, dexamethasone, atau yang lainnya. Konsultasikan dulu pada dokter)
  • Istirahat yang cukup.

Nah, itulah faktor hingga cara mengobati Acute Mountain Sickness (AMS) yang perlu lo ketahui. Jangan lupa untuk selalu utamakan keselamatan dalam setiap pendakian, bro.

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/bahaya-acute-mountain-sickness-ams-saat-mendaki
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
wah informasi yang bermanfaat
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
nice info
Rdh
Nice info
Amirul Bahri
Niceee info min