Memahami Prinsip 'Rules of 3' dalam Survival, Sudah Tahu Belum Bro?

Prinsip rules of 3 dalam kegiatan outdoor penting untuk dipahami buat para pecinta alam. Prinsip ini bisa jadi basic dasar bagaimana cara bertahan hidup di tengah alam bebas.

Memahami Prinsip 'Rules of 3' dalam Survival, Sudah Tahu Belum Bro?

Bisa dibilang ini harus banget jadi pengingat buat kalian yang mau keluar rumah dan berpetualang di tengah alam. Ada urutan faktor-faktor yang bisa mempengaruhi cara bertahan selama menjelajah.

Namanya juga survival, dalam kondisi apapun artinya harus sudah siap. Tapi bukan tanpa bekal ilmu dan perbekalan. Nah sebagai basic pengetahuannya, rules of 3 dalam kegiatan outdoor mestinya sih bisa dipahami. Karena ini erat banget hubungannya sama kemampuan tubuh kita bisa bertahan dalam kondisi sulit.

So, jadi rules of 3 dalam survival itu yakni:

1. Manusia hanya bisa bertahan hidup 3 menit tanpa oksigen

2. Manusia hanya bisa bertahan hidup 3 jam tanpa perlindungan di cuaca ekstrem

3. Manusia hanya bisa bertahan hidup 3 hari tanpa air

4. Manusia hanya bisa bertahan hidup 3 minggu tanpa makan.

Harus dipahami lagi nih bro, prinsip rules of 3 ini cuma berlaku untuk orang dewasa yang kondisinya normal tanpa ada sakit atau kelainan sama sekali. Sehingga mengurangi waktu bertahan sesuai rules of 3 di atas. Jadi sebenarnya rules of 3 juga dipengaruhi sama beberapa faktor, misalnya usia, keturunan, genetik, sampai berat badan. Jadi memang kondisi tubuh masing-masing orang berbeda-beda.

Tapi paling nggak nggak prinsip rules of 3 ini bisa jadi pengetahuan lo, kalau tubuh kita itu bisa bertahan di tengah alam dengan kurun waktu itu. Yuk dibedah satu per satu.

3 Menit Tanpa Oksigen

Memahami Prinsip 'Rules of 3' dalam Survival, Sudah Tahu Belum Bro?

Image source: melaniewindridge.co.uk

Pada kondisi tertentu manusia bisa berhenti bernafas karena beberapa sebab, bisa karena tenggelam atau serangan jantung. Untuk mengembalikan nafas itu, salh satu caranya dengan dipompa jantung. 

Bisa juga kesulitan nafas karena asma, penyakit jantung, atau berada di ketinggian yang minim oksigen. Makanya kalau obat-obatan dan tabung oksigen darurat dianjurkan banget untuk selalu dibawa kalau lagi berkegiatan outdoor.

Di keadaan darurat manusia biasanya bernafas mulus sekitar 30 detik sampai 60 detik, sedikit lebih lama dari yang dibutuhkan. Buat orang yang sudah terlatih, manusia bisa bertahan tanpa oksigen sampai 20 menit. Setidaknya itu yang dilakukan oleh penyelam Stig Severinsen dari Denmark pada tahun 2012.

Tapi, kalau kondisi normalnya, manusia cuma bisa bertahan 3 menit saja tanpa oksigen. Dengan latihan kita bisa memperlama waktu tersebut. Tapi kalau dalam kondisi normal oksigen tidak ada sampai lebih dari 3 menit, maka bisa fatal akibatnya. Otak bisa kehilangan sumber energi untuk bekerja.

3 Jam Tanpa Perlindungan

Memahami Prinsip 'Rules of 3' dalam Survival, Sudah Tahu Belum Bro?

Image source: homesteading.com

Berpetualangan tanpa shelter atau perlindungan dari cuaca ekstrem itu gawat banget. Yang harus lo ketahui adalah tubuh manusia hanya bisa bertahan selama 3 jam tanpa perlindungan apapun di tengah terpaan cuaca ekstrem hujan lebat dan badai.

Yang paling menghantui para petualang itu terkena hipotermia jika suhu badan terlalu dingin. Kalau dibiarkan, taruhannya nyawa bro.

Manusia hanya mampu bertahan 3 jam di luar suhu normalnya. Maka kalau sudah menghadapi cuaca ekstrem segeralah bikin perlindungan bisa shelter atau sejenisnya. Di momen inilah perlindungan saat survival sangat diperlukan dibandingkan kebutuhan yang lain.

Kemampuan membuat shelter harus dilatih. Meski kelihatannya gampang, tapi kalau nggak dilatih makan di kondisi darurat akan sulit mendirikan tempat perlindungan. So, untuk basic ilmu, pelajari teknik membuat shelter, karena jenis dan kegunaannya juga beragam.

3 Hari Tanpa Air

Memahami Prinsip 'Rules of 3' dalam Survival, Sudah Tahu Belum Bro?

Image source: unsplash.com/@jonasdenil

Ini juga nggak kalah penting buat dipahami bro. Air dan makanan jadi kebutuhan vital selama perjalanan di alam bebas. Kehabisan air, bisa gawat perjalanan menjelajah di tengah hutan. 

Makanya kadang ada teknik-teknik khusus untuk menampung air dari alam. Maka dari itu, kebutuhan air harus banget diperhatikan.

Jadi meski manusia bisa bertahan 3 hari tanpa air bukan berarti baru mencari air di hari ketiga. Karena di hari ke 3 kemungkinan besar badan kita sudah nggak mampu lagi buat bergerak. Apalagi kalau lagi cuaca panas, dehidrasi sulit buat dihindari, bisa-bisa badan lemas dan halusinasi.

Harus diingat nih bro, tubuh manusia selalu mengeluarkan cairan sebagai proses metabolism, bisa dari keringat bahkan saat bernafas sekalipun. Keadaan itu yang harus diimbangi dengan masuknya air ke dalam tubuh agar selalu dalam kondisi sehat. Untuk situasi survival, minumlah ¼ liter per hari untuk bisa bertahan hidup. Itu sudah cukup.

3 Minggu Tanpa Makan

Memahami Prinsip 'Rules of 3' dalam Survival, Sudah Tahu Belum Bro?

Image source: unsplash.com/@de

Kalau tadi 3 hari tanpa minum, manusia bisa bertahan 3 minggu tanpa makan dengan kondisi badan yang normal. Tapi kalau kondisi tubuh kurang baik kemungkinan hanya bisa bertahan 10-12 hari saja.

Dalam situasi darurat ini butuh keahlian khusus untuk mencari sumber makanan, terutama memiliki pengetahuan botani dan zoologi. Dengan bekal ilmu itu lo bisa memahami tumbuhan mana yang bisa dikonsumsi, dan cara mengolah hewan buruan untuk bisa dimakan.

 

Source: https://www.nadoutdoorlife.com/2017/06/aturan-3-rules-of-threes-dalam-survival.html
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Mantepppppppp nighhhh
dephy
cara bertahan hidup
Bahar
Nice info
Ldr_Lstyd
nicei info slur
Hilman rusdiyanto
mantabbb ni
Yuniarto ( Tato )
nice bro
Ricko Pratama Putra
Nice Tips nya