Keren Nih Bro, Bikin Tas Pinggang dari Bandana

Para pendaki gunung pasti sudah akrab deh dengan benda yang namanya bandana atau slayer. Kalau diajak nanjak, bandana ini punya fungsi untuk menutupi area mulut supaya nggak kena debu secara langsung.

Keren Nih Bro, Bikin Tas Pinggang dari Bandana

Selembar kain segiempat yang bisa diikat pada kepala ini sudah identik dengan kehidupan pecinta alam. Benda ini juga punya berguna banget untuk melindungi kepala dari panas matahari.

Tapi siapa yang nyangka kalau bandana atau slayer ini juga bisa dijadikan benda yang keluar dari fungsinya umumnya. Malahan, bandana bisa disulap jadi sling bag atau tas pinggang yang unik banget. 

Asal Muasal Bandana

Keren Nih Bro, Bikin Tas Pinggang dari Bandana

Image source: nyhistory.org

Sebelum masuk ke tahap pembuatan bandana menjadi tas pinggang, lo harus tahu dulu nih sejarah munculnya kain segiempat ini. Jadi ceritanya, George Washington yang pada saat itu menjadi komandan pada masa perang revolusi Amerika Serikat di tahun 1775 mendapat hadiah natal bandana dari istrinya. 

Bandana itu spesial karena bergambar dirinya saat sedang menunggangi kuda. Di sekelilingnya ada gambar bendera milita dan meriam. Nah si pembuat bandana itu namanya Joseph Reed atas saran Martha, istri Washington. 

Lalu di musim panas 1776, para tentara bersorak karena bandana itu dijadikan souvenir. Gambar Washington dianggap pahlawan dan pembakar semangat untuk meraih tujuan politik mereka. Dan di masa berikutnya, bandana banyak dipakai sebagai sarana kampanye, deklarasi kemerdekaan, dan penyampaian pesan patriotisme. 

Sebagai Tanda Sebuah Kelompok 

Keren Nih Bro, Bikin Tas Pinggang dari Bandana

Image source: unsplash.com/@mohsanali2001

Masuk ke era 90an, citra bandana bergeser menjadi sesuatu hal yang negatif. Geng-geng atau kelompok kriminal dari California mengadopsi salah satu warna bandana tertentu untuk sebagai tanda keanggotaan geng di negeri Paman Sam itu.

Ada beberapa geng nih bro yang menggunakan bandana sebagai penanda, di antaranya The Bloods, the Crips, the Norteños, and the Sureños. Subkulturnya di sana, bandana dipakai buat menutupi mulut, diikat di dahi, di dalam saku, atau sekitar bagian kaki.

Geng The Bloods pada akhir 1960-an atau 1970-an awal, mereka memakai bandana warna merah. Sementara The Crips memakai warna biru paisley sebagai penanda kelompok.

Terlepas dari penanda kelompok geng di Amerika, pada fungsinya bandana tetaplah benda yang dipakai di bagian kepala. Bisa juga diaplikasikan di bagian tubuh lain, misal diikat ditangan, sesuai dengan kebutuhan saja. 

Cara Bandana Dibuat Tas Pinggang

Keren Nih Bro, Bikin Tas Pinggang dari Bandana

Image source: indosurvival.com

Kalau tadi sudah panjang lebar ngomongin sejarahnya, sekarang kita masuk nih ke pokok bahasannya bro. Gimana sih cara bikin bandana jadi tas pinggang atau sling bag?

Gampang banget bro. Material yang lo harus siapkan cuma dua item aja yakni  bandananya dan tali paracord (panjang sesuai selera). Dan gampangnya lagi, untuk bikin tas ini nggak perlu teknik menjahit!

Ukuran besar-kecil tas pinggang yang mau dibuat tergantung sama ukuran bandana yang lo punya. Kalau lumayan besar, tas bandananya ini bisa muat untuk menyimpan dompet, ponsel, aksesoris, sampai buku. 

Satu hal nih bro yang harus lo perhatikan, untuk bikin tas pinggang ini pakai bandana yang bentuknya kotak ya. Jangan yang segitiga atau buff. Metode pembuatannya itu menggunakan teknik ikat double sheet bend. 

 

source: https://www.indosurvival.com/2018/12/cara-membuat-tas-pinggang-dengan-bandana-slayer.html
Gear Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
dephy
kreatif dengan apa yang ada
Bahar
Nice info
Ldr_Lstyd
nicei info slur
Agus Sungkawa
emang keren brooo
Dewandi amirullah
Nice info
Andi Hiban Mutaqin
Kreatif banget bisa di coba nih