Buat Api di Gunung Pakai Metode Bow And Drill, Sudah Pernah Coba Bro?

Buat para pecinta alam pasti sudah paham banget deh betapa pentingnya api saat melakukan penjelajahan di tengah hutan. Tapi memang kadang salah satu kendalanya yakni cara memantik apinya.

Buat Api di Gunung Pakai Metode Bow And Drill, Sudah Pernah Coba Bro?

Bakal terasa mudah kalau rekan petualangan membawa korek api. Tapi bagaimana kalau korek api itu sampai kelupaan dibawa?

Nah, saat kondisi kayak gini para petualang lagi diuji nih kemampuan bertahan diri di tengah alam. Ada yang namanya metode bow and drill. Bisa dibilang ini metode yang amat sangat kuno, tapi masih gampang diterapkan di era modern sekarang.

Teknik Berusia Ribuan Tahun

Buat Api di Gunung Pakai Metode Bow And Drill, Sudah Pernah Coba Bro?

Image source: offgridweb.com

Pernah nggak sih kalian lihat teknik membuat api di era manusia purba. Nah metode bow and drill inilah yang dipakai ketika belum ditemukannya korek api. Jadi teknik ini memanfaatkan gaya gesek. Di zaman manusia purba dulu, metode ini dipakai untuk menemukan api. 

Prinsip dasarnya itu yakni memutarkan sebatang kayu di atas papan kayu yang disebut dengan baseboard atau fire board. Gesekan antara dua permukaan kayu ini bisa mengubah energi kinetik menjadi energi panas. Nah dari energi panas itulah yang bisa menghasilkan bara yang kemudian bisa jadi sumber api kalau si bara itu tadi diletakan di serat-serat kayu.

Bagaimana Prosesnya?

Buat Api di Gunung Pakai Metode Bow And Drill, Sudah Pernah Coba Bro?

Image source: bcoutdoorsmagazine.com

Sebentar dulu bro, sebelum masuk ke proses cara membuatnya, lo harus tahu dulu peralatan apa saja sih yang harus dipersiapkan. Sebagai awalannya itu, lo harus menyiapkan papan dan kayu yang bentuknya tegak lurus. Lalu satu kayu yang tegak lurus itu lo buat bentuknya menjadi agak runcing. 

Kemudian satu batang kayu lagi digunakan untuk bow yang fungsinya untuk memutar drill pada papan. Terus perlu juga seutas tali untuk dipasang pada batang bow.

Siapkan juga kayu yang keras dan ukurannya bisa digenggam dengan tangan. Fungsinya itu untuk pegangan dan poros drill atau disebut dengan hand hold. 

Baru nih masuk ke cara membuat apinya. Namanya pakai metode yang kuno banget, jadi harus sabar. Gesekan antara permukaan kayu dengan bantuan bow itu bisa menghasilkan suhu panas yang menghanguskan permukaan papan tadi.

Arang yang muncul iu bisa menjadi bahan bakar. Tekanan pada kayu bisa menambah suhu panas akibat tekanan gesekan yang meningkat. Kalau sudah berubah menjadi bawa, maka pindahkan bara itu ke bahan serat kayu, lalu tiup-tiup deh. Perlahan api akan mengepul sampai akhirnya menjadi api.

Teknik Lain Membuat Api

Buat Api di Gunung Pakai Metode Bow And Drill, Sudah Pernah Coba Bro?

Image source: americangrit.com

Selain metode bow and drill, ada juga yang menggunakan lensa cembung untuk membuat api. Konsep metode ini yakni memusatkan panas dari sinar matahari yang mengenai penampang lensa pada satu titik. Titik itu harus diarahkan ke bahan yang mudah terbakar seperti kertas, daun kering atau sejenisnya.

Yang perlu diingat nih bro, metode ini sangat bergantung pada intensitas cahaya matahari yang masuk dan tingkat kemudahan terbakarnya media pemancing api yang digunakan. 

Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
info bagus
Dewandi amirullah
Nice info
Kristian Mustafa
Ilmu dasar untuk penakluk Gunung dan Hutan.
Agus Sungkawa
ini nih yang menggunakan lensa cembung untuk membuat api bisa cepat di pelajari
agung
tq info ya
Agung Sutrisno
Pentingnya api saat melakukan penjelajahan di tengah hutan.
Ricko Pratama Putra
Mantabsss Informasinya
Rdh
Nice info