Kopenhagen Punya Wahana Panjat Dinding Tertinggi di Dunia

Suka melakukan aktivitas ekstrem seperti panjat dinding, bro? Biasanya panjat dinding atau wall climbing memiliki ketinggian tertentu yang harus ditaklukkan para pemanjat. Mau menantang adrenalin dengan memanjat dinding tertinggi di dunia di Kopenhagen, bro? Simak ulasan selengkapnya!

Kopenhagen Punya Wahana Panjat Dinding Tertinggi di Dunia

Aktivitas panjat dinding menjadi salah satu olahraga yang bisa dibilang cukup ekstrem. Olahraga ini dilakukan dengan memanjat dinding buatan yang menyerupai tebing-tebing dan dilengkapi dengan bebatuan untuk pijakan kaki dan tangan. Olahraga ini juga merupakan cabang dari olahraga panjat tebing.

Kegiatan panjat dinding ini juga memiliki ketinggian yang beragam. Bahkan ada beberapa tempat di dunia yang memiliki dinding dengan ketinggian yang bisa memacu adrenalin, bro. Selama ini The Excalibur dikenal sebagai salah satu tembok panjat dinding tertinggi di dunia. Tembok yang terletak di Amsterdam, Belanda tersebut memiliki ketinggian 121 kaki atau sekitar 37 meter.

Tapi nggak hanya Belanda, baru-baru ini Kopenhagen, Denmark juga memiliki tembok panjat dinding buatan tertinggi di dunia, bro. Setinggi apa sih wahana panjat dinding tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya!

Dirancang untuk Merasa Seperti Mendaki Gunung

Kopenhagen Punya Wahana Panjat Dinding Tertinggi di Dunia

Image source: archdaily.com/Rasmus Hjortshoj

Kopenhagen menawarkan sebuah pengalaman seru dan juga menantang adrenalin dengan membuka wahana panjat dinding tertinggi di dunia. Bernama CopenHill, tembok panjat dinding ini dirancang untuk pemanjat agar merasa seperti mendaki gunung sungguhan dengan ketinggian 279 kaki atau 85 meter, dan diklaim sebagai yang tertinggi di dunia.

CopenHill adalah sebuah kawasan rekreasi yang dibangun di ibukota Denmark. Panjat dinding buatan ini juga didesain secara khusus agar terlihat dan terasa seperti gunung sungguhan di tengah kota.

Tembok panjat dinding ini sendiri berada di sisi sebelah kanan gedung. Dengan bentuknya yang bergelombang, tembok panjat dinding ini pun bakal memberikan tantangan tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mencobanya.

Dibagi Menjadi Empat Bagian dengan Kesulitan Berbeda

Kopenhagen Punya Wahana Panjat Dinding Tertinggi di Dunia

Image source: archdaily.com/Dragoer Luftfoto

Panjat dinding ini dibagi menjadi empat bagian, yang masing-masing menawarkan kesulitan berbeda, dengan bagian termudah di bagian bawah. Serta terdapat tepi miring yang terletak di setiap 20 meter yang dapat digunakan untuk mengatur napas.

Di mana semakin tinggi memanjat, maka perjalanannya akan semakin sulit. Oleh karena itu, hanya yang berusia minimal 18 tahun dan memiliki sertifikasi aja yang diperbolehkan untuk memanjat di tembok panjat dinding tertinggi di dunia ini.

Desain yang Terinspirasi Rute Multi-Puncak Alami

Kopenhagen Punya Wahana Panjat Dinding Tertinggi di Dunia

Image source: archdaily.com/Justin Hummerston

Dilansir dari New Atlas, desain panjat dinding itu terinspirasi oleh rute multi-puncak alami, di mana mereka biasanya menggunakan tepian yang terbentuk secara alami untuk akhiran puncak.

Pihak desainer juga merancang secara hati-hati dengan melanjutkan estetika fasad serta memungkinkan cahaya alami masuk. Ini dibutuhkan campuran plexiglass dan fiberglass yang dikombinasikan dengan 55 ton baja untuk memastikan dinding tahan terhadap cuaca yang nggak menentu.

Area Rekreasi Paket Lengkap

Kopenhagen Punya Wahana Panjat Dinding Tertinggi di Dunia

CopenHill ternyata nggak hanya menawarkan atraksi olahraga panjat dinding aja, tapi juga sebuah area rekreasi paket lengkap. Wisatawan juga bisa menikmati arena ski, hiking, jogging, hingga aktivitas lainnya. Selain itu, wisatawan juga bisa mengikuti pelatihan ski atau snowboarding di tempat ini.

Di puncak CopenHill sendiri terdapat sebuah area trek ski atau snowboarding bagi wisatawan yang ingin bermain ski saat musim salju tiba.

CopenHill adalah Sebuah Pembangkit Listrik

Menariknya lagi, CopenHill sendiri sebenarnya adalah sebuah pembangkit listrik Amager Bakke ramah lingkungan yang ada di Denmark. Pembangkit listrik tersebut menyuplai sekitar 50.000 rumah per tahunnya.

Sementara itu, CopenHill sendiri dibangun untuk mengingatkan penduduk akan upaya lingkungan kota dalam mengurangi emisi karbon.

Nah, itulah wahana panjat dinding CopenHill yang berada di Kopenhagen, Denmark sebagai tembok panjat dinding tertinggi di dunia. Tertarik untuk mencobanya, bro?

 

Source: https://agolf.xyz/kopenhagen-membuka-panjat-dinding-tertinggi-di-dunia/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Laudu
Nice info
Ricko Pratama Putra
Mantulll
Bahar
Nice info