Catat Nih Bro, Ada Aturan Baru Lho Kalau Mau Mendaki ke Semeru

Kabar baik nih, bro! Jalur pendakian di Gunung Semeru sudah dibuka lagi. Selama satu tahun jalur pendakian Gunung Semeru ditutup akibat kebakaran hutan 2019. Pada saat itu penutupan total pendakian karena kebakaran di jalur pendakian Ayek-Ayek.

Catat Nih Bro, Ada Aturan Baru Lho Kalau Mau Mendaki ke Semeru

Kurang lebih sekitar 60,4 hektar kawasan di Gunung Semeru terbakar. Lahan yang terbakar itu berupa vegetas yang tumbuh di kawasan Blok Pusung Gendero, Ayek-Ayek, Ungup-Ungup, dan Batu Tulis, yang berada di wilayah Resor Ranupane.

Yang terbakar itu adalah semak-semak, krinyu, serasah dan rumput, genggeng, pakis, akasia, dan cemara. Semua masuk wilayah Resor Ranupane.

Kabar baiknya, di awal Oktober ini, jalur pendakian kembali dibuka. Cuma dengan catatan nih bro, karena sekarang masih pandemi, jadi harus dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Gambaran singkatnya, tiket harus dibeli secara online. Terus juga jumlah pendakiannya dibatasi.

Perbaikan Ekosistem

Catat Nih Bro, Ada Aturan Baru Lho Kalau Mau Mendaki ke Semeru

Image source: shutterstock.com/baloengnom

Pembukaan jalur pendakian Gunung Semeru ini melewati jalan panjang. Nggak mudah dan harus benar-benar diperhatikan dari segi ekosistemnya.

Makanya membutuhkan waktu yang lumayan lama. Sejak ditutup pada 22 September 2019 itu, pihak  Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) fokus melakukan recovery ekosistem.

Waktu itu estimasinya perbaikan bisa memakan waktu sampai 5 bulan. Tujuannya untuk memastikan dan mengecek tapa jalur di pendakian Gunung Semeru.

Tekstur tanahnya diperiksa buat memastikan minim potensi longsor, sekaligus ancaman pohon tumbang. Sehingga pendaki yang melakukan pendakian aman dari bencana.

Perbaikan ekosistem di Gunung Semeru bukan baru kali ini dilakukan. Pada awal 2018,Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga pernah memperbaiki ekosistem di wilayahnya.

Penutupan jalur pendakian juga dilakukan per 1 Januari 2018. Jadi pada 2 tahun lalu itu penutupan didasari karena kondisi cuaca, rusaknya ekosistem, dan banyak pohon tumbang di sepanjang jalur pendakian.

Selama penutupan jalur itu pendaki dilarang nekat masuk ke kawasan pendakian Gunung Semeru.

Aturan Baru 2020

Catat Nih Bro, Ada Aturan Baru Lho Kalau Mau Mendaki ke Semeru

Image source: shutterstock.com/muhd fuad abd rahim

Buat yang kangen Semeru, sudah bisa nih senyum-senyum. Karena jalur pendakiannya sudah dibuka. Seperti dijelaskan di awal tadi, ada aturan baru yang harus dipatuhi para pendaki. Lo nggak bisa sembarangan masuk dan benar-benar harus taat aturan.

Di aturan yang baru kali ini, pendaki hanya diberi waktu jelajah selama dua hari satu malam. Jadi, kalau lo mau ke sana harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin serta menentukan target yang jelas.

Catat nih bro, aturan lengkapnya:

1. Tidak ada tiket on the spot. Pembelian tiket hanya dilakukan secara online di bookingsemeru.bromotenggersemeru.org

2. Batas lama pendakian hanya dua hari satu malam saja

3. Batas akhir pendakian yang diizinkan yakni Kalimati, sesuai rekomendasi PVMBG Pos Gunung Sawur Lumajang

4. Mendirikan tenda hanya di lokasi Ranu Kumbolo dan Kalimati. Isinya maksimal 50% dari kapasitas dengan jarak per tenda sejauh 2 meter

5. Kuota pendakian 20% dari kuota normal atau 120 pengunjung per hari

6. Surat keterangan sehat asli dari dokter, bertanda tangan dan berstempel basah yang berlaku paling lama 3 hari sebelum hari H pendakian

7. Usia pendaki Gunung Semeru yang diperkenankan lebih dari 10 tahun dan kurang dari 60 tahun

8. Wajib cek suhu tubuh. Jika suhu di atas 37.30 derajat sebanyak dua kali dengan jarak lima menit tidak akan diperkenankan naik

9. Menggunakan masker dan membawa cadangan minimal 4 buah

10. Membawa hand sanitizer

11. Menggunakan peralatan pribadi untuk berbagai keperluan, seperti peralatan makan, minum, ibadah dan lain-lain

12. Menjaga jarak dengan pendaki lain, tidak berkerumun, dan selalu menjaga ketertiban

13. Menjaga etika batuk dan bersin dengan menutup menggunakan tisu, masker atau dengan siku serta tidak meludah sembarangan.

 

source: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4369432/buka-kembali-1-oktober-2020-simak-13-aturan-baru-mendaki-gunung-semeru
Trending Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Mantab... jalur pendakian di Gunung Semeru sudah dibuka lagi, tetap jaga semua ya...
Ldr_Lstyd
Nice info lur
Yuniarto ( Tato )
mantap info
Heni Oen
catatan openting
Agus Sungkawa
Selalu Menjaga etika
agung
tq info ya
Galuh Gumilang
nice infooo
samsul hadi
Nice info
Heni Oen
ingo betmanfaat