Pendaki Harus Tahu Alasan Bunga Edelweis Nggak Boleh Dipetik

Para pendaki pasti sudah nggak asing lagi dengan keberadaan bunga Edelweis di gunung, bukan? Bunga yang memiliki julukan bunga abadi ini sering dianggap sebagai pelambang cinta dan ketulusan. Namun, bunga Edelweis nggak boleh dipetik ya, bro. Mau tahu alasannya? Simak ulasan selengkapnya!

Pendaki Harus Tahu Alasan Bunga Edelweis Nggak Boleh Dipetik

Bunga Edelweis atau bernama latin Anaphalis javanica merupakan satu tumbuhan yang kerap ditemukan di daerah pegunungan. Bunga ini bisa dijumpai di gunung-gunung Indonesia seperti Gunung Lawu, Semeru, Sindoro, Papandayan, Gede Pangrango, dan Merbabu. Pesona dan keindahan bunga Edelweis memang memikat para pendaki untuk berhenti sejenak dan berfoto di sampingnya.

Namun, bunga abadi ini dilarang untuk dipetik. Bahkan, para pendaki bisa dikenakan sanksi berat apabila memetik bunga yang biasanya mekar antara April hingga Agustus ini. Terkadang masih ada pendaki nakal yang melanggar aturan tersebut.

Nah, belum lama ini ramai di media sosial mengenai pendaki gunung yang memetik bunga Edelweis. Kejadian itu pun bukanlah yang pertama kali. Sudah beberapa kali pendaki kedapatan memetik bunga Edelweis. Lantas, apa yang membuat bunga Edelweis kerap menjadi daya tarik orang yang mendaki gunung?

Tumbuhan Endemik

Pendaki Harus Tahu Alasan Bunga Edelweis Nggak Boleh Dipetik

Image source: shutterstock.com/Starover Sibiriak

Dilansir berbagai sumber, bunga abadi ini merupakan tumbuhan endemik yang tumbuh di pegunungan tertentu yang nggak bisa ditemukan di tempat lain.

Mengutip House of Switzerland, sejak tahun 1990-an, Edelweis merupakan bunga yang telah dibudidayakan di dataran rendah dan semakin banyak ditemukan di taman pribadi di Eropa.

Bunga ini pun memiliki karakteristik tersendiri yaitu tahan terhadap cuaca ekstrem hingga memiliki bentuk bunga yang unik. Edelweis juga terkenal dengan keindahannya yang nggak mudah layu, sehingga bunga ini dijuluki sebagai bunga abadi.

Masih Banyak yang mMemetik Bunga Edelweis

Pendaki Harus Tahu Alasan Bunga Edelweis Nggak Boleh Dipetik

Image source: kunavithewriter.com/Ivan Kuznetsov

Namun sayangnya, julukan tersebut berbanding terbalik dengan kondisi yang ada. Masih banyak yang memetik bunga Edelweis dan menjadikannya sebagai buah tangan. Hal ini justru membuat bunga Edelweis terancam punah.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh seorang pendaki wanita di jalur pendakian Gunung Lawu. Aksinya memetik bunga Edelweis tersebut sempat viral di media sosial Instagram yang diunggah oleh akun @mountnesia.

Kejadian tersebut pun menuai beragam komentar dari netizen di media sosial. Banyak yang menyayangkan kejadian tersebut. Sementara itu, pendaki wanita yang viral tersebut pun akhirnya meminta maaf dan mendapatkan sanksi yang berlaku.

Alasan Kenapa Bunga Edelweis Nggak Boleh Dipetik

Pendaki Harus Tahu Alasan Bunga Edelweis Nggak Boleh Dipetik

Image source: instagram.com/elodie_crntl

Ternyata, ada beberapa alasan kenapa bunga Edelweis nggak boleh dipetik sembarangan, bro. Kepada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan Edelweis merupakan salah satu bunga yang dilindungi dan nggak boleh dipetik sembarangan.

Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 pasal 33 ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem. Bunyinya: “Setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional.”

Larangan memetik bunga Edelweis juga tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Bagi siapa aja yang sengaja memetik bunga Edelweis, sesuai UU No. 5 tahun 1990 Pasal 40 ayat 2, maka akan dipidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp 200 juta.

Nah, itulah alasan kenapa nggak boleh memetik bunga Edelweis. Buat para pendaki, sebaiknya jangan sampai mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan pendaki sebelumnya ya, bro.

 

Source: https://kumparan.com/kumparantravel/ini-alasan-kenapa-bunga-edelweis-tidak-boleh-dipetik-sembarangan-1uEE8AFik2s/full
In Depth Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
Nice info
Heni Oen
eldeweismya koq beda
Agus Sungkawa
sebaiknya jangan sampai mengulangi kesalahan
agung
tq info ya
Agung Sutrisno
Jangan Asal petik, ada macam tanaman yg dilindingi undang undang
Bahar
Nice info