Hari Lebaran Skateboarders Dunia, Indonesia Nggak Kalah Seru

Tepat di tanggal 21 Juni, seluruh skateboarders di dunia merayakan Go Skateboarding Day. Hari “lebaran” para skateboarders ini pertama kali digagas oleh International Association of Skateboard Companies (@theiasc) pada tahun 2004, tujuannya untuk memperkenalkan skateboarding agar dapat diterima di dunia.

Hari Lebaran Skateboarders Dunia, Indonesia Nggak Kalah Seru

Go Skateboarding Day ini kami rayakan setiap tahunnya dengan harapan untuk memperkenalkan skateboarding kepada masyarakat tentang dunia skateboard dan juga menepis anggapan masyarakat tentang stigma buruk kepada kami para skateboarders, dan tentunya untuk melestarikan budaya skateboarding.

Go Skateboarding Day di Indonesia

Hari Lebaran Skateboarders Dunia, Indonesia Nggak Kalah Seru

Nah, kalau di Indonesia, Go Skateboarding Day ini dicetuskan pertama kali oleh Happen Skateboarding (@happenmagz) pada tahun 2005, satu-satunya  majalah skateboard tertua di Asia. Kemudian pada tahun 2006, akhirnya Indonesia tercatat resmi di IASC sebagai salah satu negara yang ikit merayakan Go Skateboarding Day.

Setiap tahunnya, saya dan komunitas skateboard seru-seruan bareng dengan skateboarders lainnya di skatepark dengan diisi acara bermain skate bersama, kompetisi skate, demo skate dan berkeliling kota bersama para skateboarders.

Kalau tanggal 21 bertepatan pada hari biasa atau hari kantor, saya dan teman-teman skateboarders lainnya rela bolos dari kantor dan bangun lebih pagi supaya bisa ikut ngerayain hari Lebaran kami para skateboarders.

Seperti yang saya lakukan tahun lalu, saya dan teman-teman skateboarders merayakan Go Skateboarding Day di skatepark Kalijodo yang mencapai ribuan orang dengan berbagai macam event seperti kompetisi skate, bagi-bagi papan skate gratis dan keliling kota bersama para skateboarders.

Skate Peduli Covid

Hari Lebaran Skateboarders Dunia, Indonesia Nggak Kalah Seru

Tahun ini, bertepatan dengan pertama kalinya dibuka Car Free Day Jakarta, 21 Juni 2020, saya dan teman-teman komunitas @jakartaskateboarding merayakan hari “Lebaran” skateboarders. Dengan tetap menjalankan protokol yang ada, Go Skateboarding Day Jakarta kali ini dijalankan dengan campaign #skatepedulicovid.

Saya dan komunitas menyiapkan 1000 masker  dengan logo “Love Skate” untuk dibagikan ke semua skateboarders dan juga pengunjung Car Free Day. Hal ini sebagai bentuk kecintaan kami para skateboarders dengan olahraga skate dan juga sebagai support kami agar Indonesia dapat kembali normal.

Selain di Jakarta, banyak daerah juga yang ikut merayakan Go Skateboarding Day dan saya mensupport mereka dengan mendistribusikan masker ke banyak daerah. Kami para skateboarders kangen banget sama suasana Jakarta yang normal, di mana kami bisa mengulik trik skate dan berkumpul dengan komunitas.

Skateboard Semakin Dikenal Masyarakat

Hari Lebaran Skateboarders Dunia, Indonesia Nggak Kalah Seru

Saya sampai ke titik ini nggak mudah, lho. Dulu sebelum bisa buat acara untuk Go Skateboarding Day sebesar ini, sering banget diusir karena membuat keramaian tak berizin, bahkan nggak dapet tempat yang memadai untuk buat acara ini.

Karena, dulu skateboard masih dianggap sebelah mata sama masyarakat. Tapi saya dan komunitas nggak nyerah gitu aja. Perlahan-lahan kami buat acara kecil-kecilan supaya masyarakat bisa mengenal apa itu skateboard, cari sponsor supaya ada yang support acara, sampai akhirnya kami bisa buat acara Go Skateboarding Day besar-besaran tahun 2017 sampai sekarang ini.

Pemerintah juga perlahan-lahan melek dengan adanya komunitas kami, satu-persatu skatepark dibangun oleh pemerintah, misalnya Skatepark Dukuh Atas dan Skatepark Pasar Rebo. Nggak kalah banyak industri-industri yang menghadirkan skatepark di acara yang mereka buat seperti acara musik, acara clothing sampai ke acara otomotif sekalipun.

Semoga skateboard bisa semakin dikenal banyak orang dan menghasilkan anak-anak muda yang bertalenta di bidang skateboard. Happy Go Skateboarding Day untuk semua Skateboarders di Indonesia dan di dunia!

 

Satria Vijie, 2020. @satriavijie
My Wave Beginner Extreme Street skateboarding solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
Seru bgt cuy
agung
tq info ya
Dewandi amirullah
Nice info
Darmawati
Mantap infonya
Yuniarto ( Tato )
seru juga nih
Agus Sungkawa
Lebar an juga ana sakter. Kren mas broo