Cari Sumber Air di Hutan? Ini Tanda Alam yang Bisa Lo Perhatikan

Melakukan pendakian dan menjelajahi hutan itu penuh trik dan keterampilan. Bermodal bekal di dalam tas saja rasanya nggak cukup, tapi perlu juga bekal keilmuan tentang alam untuk bertahan hidup di tengah hutan.

Cari Sumber Air di Hutan? Ini Tanda Alam yang Bisa Lo Perhatikan

Persiapan matang mulai dari barang bawaan makanan, pakaian, sampai lokasi bermalam bisa saja berubah. Kondisi di medan sana nggak diprediksi. Alam bisa menyambut kedatangan kalian dengan kondisi apa saja. Bisa meringankan atau bahkan memberatkan.

Makanya harus ada juga nih pengetahuan-pengetahuan tentang survival. Sebagai contohnya cara menemukan air kalau lagi tersesat di hutan.

Ini penting supaya nggak dehidrasi. Apalagi perjalanan yang mau ditempuh masih panjang. Langkah kaki harus disiapkan dengan pasokan air yang cukup biar nggak cepat lelah.

Sumber air di alam liar bisa berupa sungai, telaga, genangan air, atau bahkan tumbuhan-tumbuhan tertentu yang banyak menyimpan air di tubuhnya. So, bagaimana cara mencarinya?

Pahami Aliran Air

Cari Sumber Air di Hutan? Ini Tanda Alam yang Bisa Lo Perhatikan

Image source: unsplash.com/@leorivas

Basicnya air itu mengalir dari atas ke bawah. Jadi, ketika lo berada di tengah alam lo harus pastikan mencari sumber air mulai dari lokasi yang lebih rendah. 

Kalau lo sering melakukan pendakian di gunung, pasti paham kondisi alamnya. Yang mana pohon-pohon hanya tumbuh subuh dan bergerombol di bagian bawah saja. Bukan di posisi puncak. 

Hal itu merupakan tanda kalau sumber air banyak berada di bagian bawah gunung. Untuk itu, bisa jadi perhitungan nih kalau mau nanjak. Siapkan bekal air dari bawah untuk sampai ke puncak gunung.

Secara alami tumbuhan akan tumbuh lebih subur dan rindang kalau dekat dengan sumber air. Termasuk pepohonan. Nah, jadi tanda-tanda alam yang kentara dari penglihatan mata yakni dengan banyaknya tumbuhan di sekitar lokasi. Maka kemungkinan besar sumber airnya ada di situ.

Nggak cuma itu aja sih, tumbuhan juga bisa menjadi sumber air sendiri. Di situasi ini, lagi-lagi bekal ilmu tentang alam bebas bisa membantu lo di situasi darurat. Lo bisa cari tahu dulu tumbuhan jenis apa saja yang bisa menampung air.

Amati Jejak Hewan

Cari Sumber Air di Hutan? Ini Tanda Alam yang Bisa Lo Perhatikan

Image source: unsplash.com/@yassine_khalfalli

Sebagai orang yang suka berkegiatan outdoor harus memiliki insting yang tepat. Nggak gampang sih, pengalaman memang yang bakal berbicara.

Tapi dari sini lo juga bisa belajar. Dapat ilmu sedikit sebagai dasarnya, terus explore sendiri deh. Jadi untuk di alam lepas itu, hewan liar seperti rusa hingga babi hanya mengarah ke dua tempat. Pertama untuk mencari makan, lalu kedua mencari air.

Jadi, kalau perjalanan lo di hutan melihat jejak hewan, bisa lo ikuti untuk mencari kemungkinan adanya sumber air. Tapi hati-hati juga bro, jejak hewan yang mau lo ikuti dicek lebih dulu. Jangan sampai malah jejak hewan buas yang lo ikuti. Bisa berbahaya.

Banyak Serangga dan Burung

Cari Sumber Air di Hutan? Ini Tanda Alam yang Bisa Lo Perhatikan

Image source: unsplash.com/@ici_laba

Tanda-tanda alam lain yang bisa perhatikan yakni banyaknya serangga di sekitar lokasi. Gerombolan serang ini biasanya berkumpul dengan dengan air atau tumbuhan yang menyimpan air. 

Termasuk burung. Lo bisa amati arah kemana burung-burung terbang dan turun. Karena biasanya di sanalah sumber air itu ada. 

 

Source: https://www.indosurvival.com/2018/12/mencari-sumber-air-berdasar-tanda-alam.html
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Perhatikan adanya perubahan alam sekitar
agung
tq info ya
Heni Oen
bening dan bersih..thanks ingonya
Agus Sungkawa
Nice informasi