Ini Hal Menarik Tentang Shelter Emergency di Gunung Prau

Gunung Prau yang menjadi salah satu gunung favorit para pendaki saat ini sedang melakukan pembenahan dengan adanya pembuatan shelter emergency dan mushola. Namun, sebenarnya apa yang menarik dari shelter ini? Simak ulasan selengkapnya!

Ini Hal Menarik Tentang Shelter Emergency di Gunung Prau

Shelter emergency dan mushola yang dibangun di puncak Gunung Prau terletak pada ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut. Hal ini terlihat dari posting-an di akun Instagram penggiat alam bebas Tyo Survival (@tyo_survival). Mushola dan shelter emergency yang dibangun memiliki desain seperti segitiga dan menggunakan material kayu serta baja ringan.

Shelter emergency nantinya akan difungsikan untuk keadaan darurat pertolongan pendaki agar penanganannya bisa lebih maksimal dan cepat. Sementara untuk mushola tentu dijadikan sebagai sarana ibadah para pendaki di puncak Gunung Prau.

Namun pembangunan shelter emergency dan mushola ini juga menuai banyak komentar. Ada yang berpendapat bahwa keasrian Prau dan kecantikannya akan lebih baik jika dibiarkan natural tanpa ada shelter.

Nah, jadi seberapa perlukah sebenarnya shelter emergency dan mushola di puncak Gunung Prau ini? Berikut ini hal menarik yang perlu lo ketahui mengenai shelter emergency dan mushola di Gunung Prau.

Mempermudah Pendaki untuk Beribadah

Ini Hal Menarik Tentang Shelter Emergency di Gunung Prau

Image source: instagram.com/tyo_survival

Dengan adanya mushola yang dibangun, tentu hal ini akan mempermudah para pendaki untuk menunaikan ibadah sholat. Jika sebelumnya para pendaki melakukan ibadah dengan duduk di dalam tenda atau berdiri di camp ground dengan tiupan angin dingin, maka adanya mushola membuatnya jadi lebih baik.

Para pendaki wanita pun merasa privasi mereka dalam beribadah lebih terjaga dengan adanya mushola ini.

Shelter Emergency untuk Situasi Darurat

Ini Hal Menarik Tentang Shelter Emergency di Gunung Prau

Image source: instagram.com/tyo_survival

Sebagai shelter emergency yang memang difungsikan sebagai sarana dalam kondisi darurat, maka peran shelter di Gunung Prau memang sangat krusial. Adanya shelter akan mempermudah proses penanganan dan juga pertolongan jika terjadi situasi darurat.

Shelter ini juga bisa dijadikan sebagai base pemantauan para ranger Gunung Prau untuk dapat senantiasa memantau aktivitas pendakian di area puncak.

Trademark Baru Gunung Prau

Ini Hal Menarik Tentang Shelter Emergency di Gunung Prau

Image source: instagram.com/tyo_survival

Kemudahan dalam penanganan situasi darurat, sebagai base untuk perlengkapan darurat, dan juga sebagai pusat penyebaran informasi di atas gunung adalah fungsi paling fundamental dari shelter di Gunung Prau ini.

Namun fungsi estetika dengan menerapkan desain yang menarik juga dapat menjadi nilai plus yang justru memperkuat daya tarik Gunung Prau.

Hasil Mufakat dan Persetujuan Masyarakat

Ini Hal Menarik Tentang Shelter Emergency di Gunung Prau

Sebelum shelter ini didirikan, sudah terjadi kesepakatan antara pihak inisiator dan juga masyarakat yang mengelola pendakian Gunung Prau. Kesepakatan ini selain berbicara ekonomi dan fungsi fundamental, tentu juga nggak mengabaikan unsur kelestarian alamnya pula.

Jadi, nggak perlu khawatir kalau kehadiran shelter emergency dan mushola di puncak Gunung Prau ini akan membawa dampak yang buruk. Masyarakat yang telah melakukan persetujuan pembangunan shelter tentu lebih menyadari segala macam konsekuensinya.

Hal iIni Terjadi Pada Banyak Gunung

Shelter dan mushola (tempat ibadah) di atas gunung sudah bukan lagi sesuatu yang baru. Pada banyak gunung dengan intensitas kunjungan yang tinggi, fasilitas semacam ini memang sangat diperlukan.

Pada banyak gunung dengan ciri yang sama, shelter pun umum didirikan. Pada metode pengelolaan wisata gunung di luar negeri pun keberadaan shelter menjadi sesuatu yang lumrah dan justru mempermudah para pendaki itu sendiri.

Nah, itulah beberapa hal menarik dari adanya shelter emergency dan mushola di puncak Gunung Prau. Bagaimana kalau menurut lo tentang pembangunan shelter tersebut, bro?

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/ini-dia-5-hal-menarik-tentang-8shelter-di-gunung-prau
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
wauow ada yg baru ya, jadi pengen naik kesini lagi
Fajar Satritama
Mantap juga
Agus Sungkawa
Sangat membantu untuk para pendaki
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Keren konsepnya.
Bahar
Kerennnnnn gang
Yuniarto ( Tato )
Bagus sekali
Heni Oen
bentuknya mungil