7 Travel Hack yang Harus Diterapkan Backpacker Indonesia

Backpacking menjadi salah satu kegiatan traveling yang bisa dibilang hanya membutuhkan budget minim. Supaya bisa traveling dengan biaya minim tersebut ternyata backpacker juga harus punya bakat tertentu, bro. Apa aja yang seharusnya diterapkan para backpacker Indonesia ya? Simak ulasan selengkapnya!

7 Travel Hack yang Harus Diterapkan Backpacker Indonesia

Di zaman sekarang, kegiatan traveling memang nggak harus dilakukan dengan modal uang yang melimpah. Bahkan sudah banyak orang yang memutuskan untuk menjadi seorang backpacker dengan hanya modal tas ransel besar, uang secukupnya, dan tekad yang besar untuk bisa traveling. Meski modalnya nggak seberapa, namun para backpacker juga bisa mencapai tujuan mereka.

Lalu, apa sebenarnya rahasia para backpacker yang hanya mempunyai budget minim namun bisa traveling keliling Indonesia bahkan dunia? Berikut ini travel hack yang wajib diterapkan untuk para backpacker Indonesia.

1. Bakat Cari Tiket Murah di Berbagai Aplikasi

7 Travel Hack yang Harus Diterapkan Backpacker Indonesia

Image source: shutterstock.com/Vadim Georgiev

Bakat pertama yang wajib dimiliki adalah menguasai cara mendapatkan tiket murah, baik tiket pesawat, hotel, dan lainnya. Caranya? Install aplikasi booking hotel dan booking tiket di ponsel. Hal ini bakal memudahkan dalam mendapatkan tiket murah jika booking jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Selain itu, dengan aplikasi booking di ponsel, jadi bisa lebih mudah membandingkan harga tiket sehingga bisa mendapatkan tiket termurah.

2. Cari Tahu Maskapai yang Banyak Promo

7 Travel Hack yang Harus Diterapkan Backpacker Indonesia

Image source: unsplash.com/@randomlies

Backpacker Indonesia juga harus tahu maskapai apa yang sering kasih promo serta diskon terbang, bro. Yang jelas, harus bisa mengetahui beragam maskapai biar bisa langsung dapat tiket promo mereka.

3. Menggunakan ‘Mode Penyamaran’ di Browser

7 Travel Hack yang Harus Diterapkan Backpacker Indonesia

Image source: unsplash.com/@kaitlynbaker

Ternyata menggunakan Mode Incognito atau mode penyamaran pada browser bisa berguna saat menjelajah ke berbagai situs website penerbangan/hotel. Hal ini karena mereka bisa melacak ‘history’ sebelumnya sehingga saat masuk ke situs mereka lagi, maka sistem akan menaikkan harga atau istilahnya ‘dynamic pricing’.

4. Punya Bakat Hitchhiking

7 Travel Hack yang Harus Diterapkan Backpacker Indonesia

Image source: shutterstock.com/True Touch Lifestyle

Traveling keliling Indonesia tentu butuh biaya banyak, apalagi untuk biaya transportasi. Nah, para backpacker juga harus memahami bakat hitchhiking atau nebeng ini supaya biaya transportasi lebih irit bahkan bisa gratis, bro.

5. Bikin Rencana Perjalanan

7 Travel Hack yang Harus Diterapkan Backpacker Indonesia

Image source: unsplash.com/@arttravelling

Kalau benar-benar ingin menjadi seorang backpacker Indonesia, juga harus bisa membuat rencana perjalanan sendiri. Mau ke mana, kapan, di mana tujuannya, berapa hari yang dihabiskan di sana, bagaimana ke sana, apa yang harus dibawa, dan lain sebagainya.

Hal tersebut harus diketahui secara rinci. Memang agak repot, namun begitulah yang harus dilakukan untuk menjadi seorang backpacker.

6. Menghemat Uang Saat Traveling

7 Travel Hack yang Harus Diterapkan Backpacker Indonesia

Image source: shutterstock.com/surasaki

Dalam traveling, pasti melihat beragam keunikan suatu daerah yang dikunjungi. Mulai dari wahana berbayar, kuliner khas, hingga pernak-pernik unik. Semua itu bisa menggoda diri untuk membelinya.

Tapi, dalam melakukan backpacking tentu harus tahan godaan tersebut, bro. Ingat dengan tujuan awal dan uang dalam saku. Usahakan untuk menghemat pengeluaran supaya nggak membeli sesuatu yang nggak dibutuhkan.

7. Pintar Bersosialisasi

Untuk menjadi seorang backpacker, punya jiwa sosial yang tinggi dan punya kenalan banyak menjadi salah satu bakat yang harus dimiliki.

Berawal dari menyapa dan mengobrol, para backpacker juga bisa dapat penginapan dan makan gratis, bro. Hal itu bisa didapatkan jika punya jiwa sosial yang tinggi.

Nah, itulah beberapa travel hack yang wajib diterapkan buat para backpacker Indonesia. Dengan beberapa hal tersebut, siapa tahu bisa keliling Indonesia atau dunia dengan budget yang benar-benar minim, bro. Jangan lupa untuk selalu waspada saat traveling ke tempat yang baru dikunjungi.

 

Source: https://phinemo.com/travel-hack-backpacker-indonesia/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Muhammad yunanto wibowo
Good dan manfaat
Agus Sungkawa
Nice informasi
Bahar
Mantappp info
Yuniarto ( Tato )
Sangat bagus
Heni Oen
mantap backnyan
Heni Oen
mantap infonya