Jenis-Jenis Papan Selancar yang Harus Banget Lo Ketahui!

Ombak di setiap pantai memang sekilas terlihat sama. Tapi kenyataannya, setiap ombak di suatu daerah sangatlah unik dan memiliki ciri khasnya masing-masing lho, bro. Nggak heran, kalau papan surfing memiliki banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan tipe peselancar dan ombak di pantai tertentu. Mau tahu apa saja jenis-jenis papan selancar? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Jenis-Jenis Papan Selancar yang Harus Banget Lo Ketahui!

Berselancar atau surfing adalah salah satu jenis olahraga air extreme yang bisa dibilang sangat populer di seluruh dunia. Bahkan, sebagian besar para surfer beranggapan kalau ke pantai rasanya kurang lengkap tanpa main surfing, bro.

Kalau lo tertarik dan ingin mencoba surfing, maka pastinya lo harus menyesuaikan ombak yang ada di pantai dengan papan surfing bakal digunakan. Pasalnya, nggak semua jenis papan selancar bisa dimainkan pada ombak yang sama, bro. Berikut ini beberapa jenis papan selancar yang bisa disesuaikan dengan tipe peselancar dan ombak di pantai tertentu!

Jenis Papan Selancar Fiberglass

Jenis-Jenis Papan Selancar yang Harus Banget Lo Ketahui!

Image source: pinterest.com/David Briceno

Masih terbilang baru atau baru ingin mencoba surfing? Maka, jenis papan selancar yang satu ini cocok banget buat lo, bro. Yup, jenis papan selancar fiberglass memang sangat direkomendasikan untuk para peselancar yang masih berlatih teknik dan belajar menjaga keseimbangan.

Papan selancar yang biasa disebut sebagai papan selancar polystyrene ini dilengkapi dengan busa pada bagian struktur inti dan memiliki lapisan berupa serat tebal fiberglass, bro. Jenis papan selancar yang satu ini memang dikenal baik dalam hal daya apung. Namun, dalam segi daya tahan, jenis papan selancar fiberglass tergolong lebih mudah rusak, bro.

Jenis Papan Selancar Epoxy

Jenis-Jenis Papan Selancar yang Harus Banget Lo Ketahui!

Image source: supwarehouse.com.au

Sesuai namanya, jenis papan selancar epoxy merupakan papan selancar yang terbuat dari bahan epoxy. Pada lapisan resinnya papan selancar ini memang menggunakan bahan epoxy. Sedangkan pada bagian inti busa menggunakan polystyrene, hampir sama dengan papan selancar jenis fiberglass, bro.

Sifat dari jenis papan selancar epoxy adalah kuat dan tahan terhadap terjangan ombak. Ketika digunakan berselancar, papan selancar epoxy sangat ringan untuk meliuk-liuk mengikuti ombak, bro.

Jenis Papan Selancar Fish

Jenis-Jenis Papan Selancar yang Harus Banget Lo Ketahui!

Image source: rmsurfboards.com

Jenis papan selancar fish ini merupakan papan selancar yang dapat digunakan untuk di ombak kecil. Desain dari jenis papan selancar yang satu ini memiliki ukuran sekitar lima sampai enam kaki. Kalau lo masih baru dan belum berani berselancar di ombak besar, maka cobalah untuk berselancar di ombak kecil dengan menggunakan jenis papan selancar fish ini, bro.

Jenis Papan Selancar Egg

Jenis-Jenis Papan Selancar yang Harus Banget Lo Ketahui!

Image source: wavelengthmag.com

Jenis papan selancar yang satu ini juga bisa digunakan untuk di ombak kecil. Namun, perbedaan papan selancar egg ini terletak pada ukuran jenis papan. Untuk ukuran papan selancar egg memiliki ukuran enam sampai delapan kaki, bro. Sedikit lebih besar dari papan selancar fish.

Jenis Papan Selancar Longboard

Nah, jenis papan selancar yang satu ini cocok banget buat lo yang sudah mulai mahir berselancar, bro. Yup, papan selancar longboard ini memang biasa digunakan untuk menerjang ombak dengan ketinggian menengah maupun yang liar sekalipun.

Papan selancar longboard ini memiliki ukuran sepanjang sembilan kaki. Kalau lo sudah mulai terbiasa untuk berselancar dan sudah menguasai teknik dasar selancar, maka jangan ragu lagi untuk menggunakan papan selancar longboard ini, bro.

Jenis Papan Selancar Guns

Jenis papan selancar guns adalah papan selancar yang pasti dipilih oleh peselancar yang sudah mahir. Papan selancar guns memiliki ukuran tujuh sampai dua belas feet. Sangat cocok digunakan sebagai papan selancar di ombak yang kuat bahkan sangat kuat sekalipun.

Nah, itulah beberapa jenis papan selancar yang bisa disesuaikan dengan tipe peselancar dan ombak di pantai tertentu. Jenis papan selancar apalagi yang lo ketahui, bro?

 

Referensi : https://clubofthewaves.com/feature/types-of-surfboard/
Gear Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Asyik juga nihhhhh
Dewandi amirullah
Keren informasi nya
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Nice informasi
Yuniarto ( Tato )
Mamtapll
Andi Hiban Mutaqin
Mantap min