6 Aplikasi GPS yang Bisa Lo Pakai Berpetualang Walaupun Lagi Offline

Buat yang suka bertualang menjelajahi alam bebas, pasti sudah nggak asing dengan aplikasi penunjuk koordinat atau GPS? Kadang dalam bertualang, ponsel nggak selalu mendapat sinyal internet yang baik. Nah, ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai saat offline, bro. Mau tahu apa aja? Simak ulasan selengkapnya!

6 Aplikasi GPS yang Bisa Lo Pakai Berpetualang Walaupun Lagi Offline

Penunjuk koordinat atau GPS adalah salah satu aplikasi penting buat yang senang bertualang di alam bebas. Tetapi, aplikasi yang membutuhkan sinyal internet terkadang juga menyusahkan. Karena dalam hal bertualang, pasti nggak selalu mendapatkan sinyal yang bagus. Untungnya, sekarang sudah banyak aplikasi GPS yang bisa digunakan di luar jaringan alias offline.

Beberapa aplikasi tersebut pun tersedia untuk Android maupun iOS. Mau tahu aplikasi apa aja? Berikut beberapa aplikasi GPS yang bisa diunduh untuk bertualang atau melancong.

1. Sygic (Android dan iOS)

6 Aplikasi GPS yang Bisa Lo Pakai Berpetualang Walaupun Lagi Offline

Image source: sygic.com

Sygic adalah aplikasi yang memberi penunjuk arah menggunakan sistem navigasi satelit. Aplikasi ini cocok untuk pelancong yang gemar menjelajah area perkotaan, baik jalan kaki maupun dengan mobil.

Aplikasi ini juga menghadirkan peta 3D serta fasilitas text-to-speech, yang bisa mengolah perintah suara untuk menemukan rute menuju suatu daerah atau jalan. Sygic bahkan menghadirkan navigasi mendetail hingga ke setiap belokan jalanan.

2. Locus Map (Android)

6 Aplikasi GPS yang Bisa Lo Pakai Berpetualang Walaupun Lagi Offline

Image source: locusmap.eu

Locus Map adalah aplikasi Android yang lebih cocok untuk penggemar petualangan atau olahraga luar ruangan, seperti bersepeda, lari lintas alam, atau mendaki.

Aplikasi ini nggak hanya menunjukkan peta daerah, tetapi juga rute terbaik untuk berlari atau bersepeda. Lo juga bisa menggunakan navigasi dan perintah suara untuk mendapat penunjuk arah secara otomatis saat menyusuri suatu rute.

Locus Map memiliki versi gratis dan berbayar (Pro), sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Aplikasi ini ternyata juga digunakan oleh kaum profesional, seperti peneliti dan tim SAR.

3. Genius Maps (Android dan iOS)

6 Aplikasi GPS yang Bisa Lo Pakai Berpetualang Walaupun Lagi Offline

Image source: mireo.hr

Genius Maps adalah aplikasi peta profesional untuk pengguna iOS dan Android yang gratis, walau pengguna versi berbayar bisa mendapat lebih banyak fitur berguna. Aplikasi ini menawarkan peta jalan, lokasi bangunan umum, serta fitur yang menampilkan bangunan dalam wujud 3D.

Peta ini cocok untuk pelancong yang menggunakan kendaraan bermotor atau menjelajahi area perkotaan. Lo juga bisa menggunakannya untuk melacak kamera pengawas (jika ada), batas kecepatan, dan informasi berguna lainnya.

4. Polaris Navigation (Android)

6 Aplikasi GPS yang Bisa Lo Pakai Berpetualang Walaupun Lagi Offline

Image source: apkpure.com

Polaris adalah perangkat navigasi gratis yang cocok untuk penggemar olahraga luar ruangan, seperti arung jeram, kano, bersepeda, panjat gunung, trekking, dan berkemah. Lo bisa mengunduh berbagai jenis peta dan mengaksesnya tanpa jaringan internet.

Aplikasi ini juga menawarkan akses ke berbagai fitur, seperti integrasi dengan Google Maps, peta topografi, kompas, rute olahraga, pengukur kecepatan dan ketinggian, dan lainnya.

5. CoPilot GPS Map Offline (Android dan iOS)

6 Aplikasi GPS yang Bisa Lo Pakai Berpetualang Walaupun Lagi Offline

Image source: apkpure.com

CoPilot adalah aplikasi penunjuk arah yang cocok untuk pelancong urban. Selain menunjukkan rute berkendara atau jalan-jalan utama, aplikasi ini juga membantu menemukan berbagai fasilitas penting, seperti SPBU, restoran, dan rumah sakit.

Ketika mencari rute menuju suatu lokasi, aplikasi ini akan menawarkan beberapa alternatif jalan terbaik atau terdekat untuk mencapainya.

6. Maverick (Android)

Maverick GPS Navigation adalah aplikasi luring gratis untuk penggemar aktivitas luar ruangan. Aplikasi ini juga menawarkan fungsi untuk menyimpan informasi tempat-tempat yang pernah dikunjungi, agar bisa disunting di Google Earth.

Nah, itulah beberapa aplikasi GPS yang bisa dipakai saat offline dan memiliki versi gratis, walau yang berbayar memberi banyak fitur dan fungsi. Pastikan lo mencobanya untuk menentukan yang paling tepat.

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/aplikasi-koordinat-android-dan-ios-untuk-dipakai-saat-offline
Gear Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Win Gilang Darwin
kalo view ranger gmn min....
Heni Oen
asyik thanks infonya
Helmi salim wachdin
Super canggih
Agus Sungkawa
Aplikasinya bagus, bisa d gunakan walau tdk ada jaringan internet
Dewandi amirullah
Nice info
Kristian Mustafa
Nice info
agung
tq info ya
Agung Sutrisno
Sangat bermanfaat buat yg senang berpetualang
Yuniarto ( Tato )
bahaya g nihhhh
Andi Hiban Mutaqin
Info yang sangat berhuna