Aturan Umum Kompetisi Trail Running yang Harus Lo Pahami!

Apa yang terlintas di pikiran lo ketika mendengar kompetisi trail running? Yup, kompetisi olahraga lari yang dilakukan di daerah pegunungan ini memang menawarkan limpahan oksigen dan pemandangan yang menyejukan. Namun, seperti aktivitas di alam bebas lainnya, kompetisi trail running tentu saja harus dilakukan dengan aturan tertentu agar terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, bro. Seperti apa aturan-aturan umum dalam kompetisi olahraga trail running? Berikut ulasan selengkapnya!

Aturan Umum Kompetisi Trail Running yang Harus Lo Pahami!

Olahraga lari bisa dibilang menjadi salah satu olahraga yang paling sering dilakukan banyak orang. Selain mudah, olahraga ini juga terbilang praktis untuk dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun, termasuk di daerah pegunungan.

Yup, lari lintas alam atau yang kini kerap disebut trail running memang menjadi bisa alternatif olahraga lari yang menantang. Sulitnya medan dan cuaca yang sangat cepat berubah membuat olahraga yang satu ini membutuhkan sejumlah aturan yang harus diikuti.

Tertarik mencoba kompetisi olahraga ekstrem yang satu ini, bro? Sebaiknya, pahami aturan umum kompetisi trail running berikut ini sebelum lo mencobanya!

Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Wajib

Aturan Umum Kompetisi Trail Running yang Harus Lo Pahami!

Image source: alpsinsight.com

Setiap kompetisi trail running pasti ada sejumlah peraturan yang harus dipatuhi peserta. Di antara peraturan tersebut adalah kewajiban setiap peserta membawa beberapa perlengkapan, seperti P3K sederhana, course map, timing chip, makanan serta minuman secukupnya, headlamp, baju hangat, nomor peserta, dan peluit. Bahkan, pada beberapa kompetisi ada yang menambahkan aturan tambahan yaitu wajib memiliki asuransi kecelakaan, bro.

Karena berhubungan dengan keselamatan peserta, kelengkapan ini biasanya akan diperiksa panitia sesaat sebelum perlombaan dimulai. Panitia biasanya bakal langsung mendiskualifikasi peserta yang belum bisa memenuhi syarat tersebut untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, bro.

Memiliki Kondisi Fisik dan Mental yang Memadai

Aturan Umum Kompetisi Trail Running yang Harus Lo Pahami!

Image source: alpsinsight.com

Karena termasuk olahraga berat, setiap peserta yang mengikuti kompetisi ekstrem ini diwajibkan memiliki kondisi fisik dan mental yang benar-benar prima, bro. Wajar saja, jika saat proses pendaftaran panitia mewajibkan para peserta trail running untuk memiliki surat keterangan sehat dari rumah sakit setempat.

Oleh karena itu, pastikanlah kondisi fisik dan mental lo prima sebelum mengikuti kompetisi trail running, bro. Bahkan, sebaiknya jagalah asupan makan dan lakukan olahraga secara rutin sebelum memutuskan untuk mengikuti kompetisi olahraga ekstrem yang satu ini.

Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Aturan Umum Kompetisi Trail Running yang Harus Lo Pahami!

Image source: alpsinsight.com

Tujuan utama kompetisi trail run salah satunya tentu saja untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya sikap menjaga lingkungan. Oleh karena itu, saat berlari melintasi kawasan pegunungan jangan pernah membuang sampah sembarangan ya, bro. Sebagai tindakan antisipasi, siapkanlah tas kresek atau plastik khusus untuk membuang bungkus makanan dan minuman yang sudah tidak terpakai.

Jangan Memotong Rute

Biasanya, sebelum mulai lomba panitia sudah menentukan rute mana saja yang harus dilewati peserta. Penentuan rute ini dilakukan untuk mencegah hal-hal buruk dan menghindarkan peserta dari kawasan berbahaya pegunungan seperti jurang atau daerah rawan longsor, bro.

Oleh karena itu, ikutilah rute yang telah ditetapkan dan jangan memotong rute atau melewati jalur lain di luar yang telah ditetapkan panitia, bro. Pasalnya, dengan memotong rute risiko kecelakaan atau tersesat pasti bakal meningkat. Selain itu, lo juga sudah mencederai nilai-nilai sportivitas jika melakukan hal curang yang satu ini, bro.

So, itulah beberapa aturan umum kompetisi trail running yang harus lo pahami. Berani mencobanya, bro?

 

Referensi : https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/5-aturan-trail-run-yang-harus-kamu-tahu
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
baru tau gw
Bahar
Nice info
Helmi salim wachdin
Super fair
Agus Sungkawa
Sekarang jadi faham nih
Agus Sungkawa
Nice informasi