Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Mendaki Gunung

Hadirnya smartphone memang sangat memudahkan segala aktivitas manusia, termasuk mendaki gunung. Sebut saja mulai dari peralatan navigasi, prakiraan cuaca sampai kebutuhan dokumentasi selama pendakian bisa lo temukan dalam genggaman smartphone canggih tersebut, bro. Bagaimana tips hemat baterai smartphone saat mendaki gunung agar bisa terus dipakai secara optimal? Berikut ulasan selengkapnya!

Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Mendaki Gunung

Hamparan keindahan di puncak gunung memang sangatlah menakjubkan. Pemandangan berupa gumpalan awan putih sampai hamparan hutan yang hijau pasti bakal tersaji indah di tempat yang sangat sulit dicapai ini, bro.

Wajar saja, para pendaki rela melakukan sejumlah persiapan dan menempuh jalur pendakian ekstrem demi mencapai tempat yang sangat eksotik ini. Termasuk menyiapkan smartphone yang sangat membantu dalam aktivitas mendaki gunung, bro.

Meski sinyal di wilayah pegunungan sangat sulit untuk ditemukan, namun smartphone bisa saja digunakan untuk keperluan lain, seperti foto atau membuat video. Biar bisa terus digunakan, lo bisa terapkan tips hemat baterai smartphone saat mendaki gunung berikut ini, bro!

Matikan Fitur Sinyal 4G Saat Akan Mulai Mendaki

Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Mendaki Gunung

Image source: pexels.com/@pixabay

Tips hemat baterai smartphone saat mendaki gunung yang pertama yaitu matikanlah fitur sinyal 4G smartphone lo saat akan mulai mendaki gunung, bro. Pasalnya, sinyal 4G memberikan koneksi yang lebih cepat tetapi mengonsumsi baterai yang lebih banyak.

Kebanyakan di daerah pelosok, khususnya titik awal pendakian, sinyal 4G belum terakses, hal ini tentu saja bakal berakibat pada smartphone yang akan berusaha lebih keras untuk mencari sinyal. Nggak heran, jika situasi ini dapat berakibat pada baterai smartphone yang lebih cepat terkuras. Sebaiknya, gunakanlah sinyal 3G, EDGE atau bahkan GPRS saja, bro.

Jangan Gunakan Smartphone untuk Bermain Game

Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Mendaki Gunung

Image source: unsplash.com/@mbaumi

Ketika digunakan untuk bermain game, pasti smartphone lo akan bekerja lebih keras dalam dalam segala aspek, termasuk dalam segi kecerahan layar dan performa mesinnya. Hal ini tentu saja akan berakibat pada baterai smartphone yang akan lebih cepat terkuras, bro.

Ada baiknya ketika merasa bosan, lo cukup dengan mendengarkan musik dengan volume yang tidak terlalu besar atau dengan menggunakan headset. Sebab, memutar musik di smartphone bisa dibilang menjadi kegiatan yang tidak terlalu menguras daya baterai. Tapi, jangan terlalu sering juga ya, bro!

Turunkan Kecerahan Cahaya Layar Smartphone

Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Mendaki Gunung

Image source: m.medcom.id

Tingkat kecerahan layar yang tinggi tentu sangat berpotensi dalam hal menguras baterai. Jadi, lebih baik turunkan tingkat kecerahan lampu layar seminimal mungkin, bro.

Lo memang akan sedikit kesusahan saat melihat layar smartphone pada siang hari. Tapi, baterai smartphone lo juga bakal lebih hemat jika menerapkan tips hemat baterai smartphone saat mendaki gunung yang satu ini, bro.

Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Beberapa smartphone pintar telah dibekali dengan fitur penghemat baterai yang dikenal dengan nama fitur Power Saver. Jika fitur ini diaktifkan, maka smartphone Anda bisa secara otomatis akan mematikan beberapa fitur ketika baterai sudah mulai lowbat yang bertujuan agar sisa kapasitas baterai yang ada akan bertahan lebih lama.

Bawa Power Bank (Penyimpan Daya)

Jangan lupa, serta charger smartphone portable atau power bank kedalam daftar perlengkapan mendaki gunung yang akan dibawa. Sebaiknya, bawalah power bank yang memiliki daya penyimpan atau MaH dengan kapasitas besar agar bisa berbagi dengan teman kelompok pendakian yang lainnya, bro. Selain itu, lo bisa juga membawa power bank yang bisa di charger dengan daya sinar matahari biar bisa selalu di charger ulang saat matahari bersinar.

Matikan Smartphone atau Gunakan Mode Pesawat

Nah, inilah tips hemat baterai smartphone saat mendaki gunung yang paling mudah dan sangat praktis untuk dilakukan, yaitu matikan smartphone atau gunakan mode pesawat saat tidak dibutuhkan.

Nikmatilah petualangan lo di alam bebas yang indah dan mempesona bersama teman-teman kelompok mendaki lo, bro. Selain itu, berbincanglah dengan pendaki lain, siapa tau bisa menambah teman dari percakapan kecil ketika mendaki gunung.

So, itulah beberapa tips hemat baterai smartphone saat mendaki gunung. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat berpetualang ya, bro. Selamat berpetualang!

 

Referensi : https://mounture.com/tips-dan-trik/ini-trik-hemat-baterai-ponsel-saat-naik-gunung/
Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Andi Hiban Mutaqin
Tips yang sangat berguna
Helmi salim wachdin
Super idenya
Agus Sungkawa
Tips menghemat baterai yang bermanfaat
agung
tq info ya
Andi Hiban Mutaqin
Tips yang sangat berhuna
Rdh
Nice info