Ini Alasan Kenapa Wisata Kuliner Jadi Bagian Penting Traveling!

Berwisata ke suatu daerah pasti rasanya kurang lengkap kalau belum mencicipi hidangan kuliner khas di daerah tersebut. Yup, trend wisata kuliner memang nggak bisa lepas dari yang namanya aktivitas traveling. Tapi, kenapa wisata kuliner menjadi bagian penting dari traveling ya, bro? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Ini Alasan Kenapa Wisata Kuliner Jadi Bagian Penting Traveling!

Saat traveling tiap orang pasti punya aktivitas pilihannya masing-masing. Ada yang suka berkeliling kota, bertemu orang baru, mengambil banyak foto dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, bagian yang nggak akan terpisahkan dari aktivitas traveling tentu saja menikmati hidangan kuliner di sekitar destinasi wisata alias wisata kuliner, bro.

Sebab, setiap daerah pasti memiliki berbagai makanan dengan citarasa yang mungkin saja belum pernah lo rasakan sebelumnya. Wisata kuliner memang terasa menyenangkan, karena nggak cuma mencoba makanan baru, tapi lo juga bisa menambah ilmu tentang tradisi suatu tempat, bro. Berikut ini alasan lain kenapa wisata kuliner wajib dilakukan saat traveling!

Menemukan Makanan yang Belum Pernah Dicoba

Ini Alasan Kenapa Wisata Kuliner Jadi Bagian Penting Traveling!

Image source: pexels.com/@freestockpro

Ada begitu banyak makanan di luar tempat lo tinggal yang bisa membuka mata dan menggugah indera perasa. Nah, saat traveling lo bisa merasakan citarasa baru yang mungkin belum pernah lo rasakan sebelumnya, bro.

Seperti saat pergi ke Sumatera Utara, lo bisa menemukan makanan berbumbu rempah andaliman dengan rasa unik dan sedikit menyengat. Sedangkan ketika berlibur ke Thailand, ada banyak sajian yang memakai kecap ikan sehingga aromanya yang sangat khas, bro.

Mungkin saja, makanan-makanan yang lo temui saat traveling justru bisa jadi makanan favorit lo. Bahkan, bisa saja kenangan rasa makanan baru tersebut bakal menjadi alasan untuk kembali ke suatu tempat atau negara, bro.

Mencoba Makanan Autentik di Suatu Daerah

Ini Alasan Kenapa Wisata Kuliner Jadi Bagian Penting Traveling!

Image source: pexels.com/@bananamade

Wisata kuliner ternyata juga bisa membuat lo mencoba versi asli dari makanan yang biasa lo makan sebelumnya lho, bro. Misalnya, di Indonesia ada banyak restoran yang menyajikan pizza dan pasta. Tentu saja kebanyakan tempat sudah mengubah rasa asli dari makanan ini. Bahkan, ada yang diberi sentuhan lain yang membuat makanan ini terasa sangat berbeda dari versi aslinya.

Namun, saat lo traveling ke Italia, pasti lo bakal penasaran bagaimana rasa autentik dari pizza maupun pasta. Rasa dan tekstur makanannya bisa saja sangat berbeda dari yang biasa lo makan ketika di Indonesia. Sehingga lo seperti mencicipi makanan baru untuk pertama kalinya, bro.

Makanan Suatu Tempat Berbicara Banyak Mengenai Budaya

Ini Alasan Kenapa Wisata Kuliner Jadi Bagian Penting Traveling!

Image source: therealdealtours.com

Ketika pergi ke suatu tempat, pasti sangat menarik untuk mengetahui dan dan melihat tentang budaya sekaligus nilai-nilai sejarah berdasarkan makanannya. Contohnya saja Costa Rica, makanan pokok kebanyakan warganya merupakan sajian dari nasi, pisang dan pilihan protein. Seperti daging, ayam, atau ikan yang sangat segar.

Makanan-makanan tersebut bisa dibilang memang makanan sederhana, karena negara dan budayanya menjunjung kesederhanaan. Oleh karena itu, lo pasti nggak akan kesusahan untuk menemukan ikan, ayam, buah-buahan segar, dan nasi di negara ini, bro.

Sementara itu, jika lo lihat Prancis, khususnya Paris, makanan mereka kebanyakan roti berkualitas, potongan daging terbaik, dessert mewah, keju mahal dan wine. Bahkan, terkadang makanan-makanan tersebut dipasangkan bersama sekaligus, bro.

Prancis memang dikenal sebagai negara cenderung menghargai hal-hal terbaik dalam berbagai aspek kehidupan. Bagi warga di sana, lebih baik makan dalam jumlah sedikit sesuatu yang benar-benar berkualitas daripada makan banyak tapi bahan makanannya kualitas buruk, bro.

Makanan Menyatukan Orang-orang

Antusias mencicipi makanan baru bersama orang yang semangatnya sama seperti diri lo sendiri pasti bakal menjadi pengalaman wisata traveling yang takkan terlupakan. Oleh karena itu, carilah teman atau partner traveling yang memiliki ketertarikan akan makanan yang sama seperti lo, bro.

Kalian pasti bakal semakin punya ikatan karena makanan. Bisa karena makanan yang baru dicoba, makanan lainnya yang tertarik dicicipi, atau menentukan restoran menarik yang perlu didatangi saat traveling.

Makanan juga bisa saja membuat lo bertemu orang-orang baru lho, bro. Bisa saja, lo memulai percakapan dengan orang asing di meja restoran tempat lo menikmati makanan. Seperti mengomentari tampilan dessert yang cantik atau rasanya yang begitu enak. Lo juga bisa mengikuti tur kuliner yang semakin banyak ditawarkan tiap negara sambil menambah teman baru, bro. Tertarik mencoba?

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/travel/ini-5-alasan-wisata-kuliner-jadi-bagian-penting-dari-traveling-95722
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Andi Hiban Mutaqin
Buat makin tau makanan khasnya
Helmi salim wachdin
Super lezat
Kristian Mustafa
Makanan daerah menandakan karakter suatu daerah.
Agus Sungkawa
Tertarik untuk mencoba wisata kuliner
agung
tq info ya
Bahar
Nice info