Republik Palau Melarang Turis Pakai Sunblock, Kenapa Ya?

Sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik yakni Republik Palau dikenal memiliki keindahan suaka bawah laut terbesar di dunia. Konon, negara ini melarang para wisatawan memakai sunblock, bro. Kenapa ya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Republik Palau Melarang Turis Pakai Sunblock, Kenapa Ya?

Republik Palau yang terletak di Samudra Pasifik sejak awal Januari 2020 secara resmi melarang penggunaan sunblock atau tabir surya oleh wisatawan di pantai. Tindakan tersebut terpaksa dilakukan karena Republik Palau khawatir terhadap kandungan berbahaya dalam sunblock yang dapat merusak kelestarian terumbu karang, seperti oxybenzone dan octinoxate.

Bagi wisatawan yang kedapatan membawa atau memakai sunblock yang memiliki kandungan berbahaya nantinya akan disita dan pemiliknya bisa dikenai denda sebesar USD 1.000 atau sekitar Rp 13 juta. Nggak heran, peraturan tegas ini harus ditegakkan mengingat Republik Palau adalah salah satu suaka bawah laut terbesar di dunia. Palau juga dianggap sebagai destinasi menyelam terbaik dunia.

Peduli dengan Kelestarian Alam

Republik Palau Melarang Turis Pakai Sunblock, Kenapa Ya?

Image source: state.gov

Palau sangat peduli dan sangat menghormati kelestarian alam di negaranya. Bagi masyarakatnya, alam adalah sumber kehidupan, dan tanpanya nggak ada satupun orang di Palau yang bisa hidup.

Bahan kimia beracun telah ditemukan di seluruh habitat dan makhluk hidup di Palau. Hasil penelitian pun menunjukkan senyawa berbahaya tersebut berasal dari sunblock.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pariwisata Palau menyebutkan bahwa negaranya adalah yang pertama di dunia yang membuat larangan skala nasional terkait penggunaan sunblock. Dalam kesempatan itu didaftarkan pula senyawa-senyawa baru terlarang yang diduga kuat menjadi dalam pada kerusakan karang, ikan, invertebrata, dan juga manusia.

Senyawa berbahaya tersebut di antaranya yaitu oxybenzone, octinoxate, octocrylene, triclosan, dan beberapa parabens. Bahkan, Hawaii mulai tahun depan juga akan melarang penggunaan oxybenzone dan octinoxate. Selama satu dekade terakhir, Meksiko juga melarang sejumlah senyawa-senyawa berbahaya yang berpotensi merusak terumbu karang dan kehidupannya.

Peduli Terhadap Isu Pemanasan Global

Republik Palau Melarang Turis Pakai Sunblock, Kenapa Ya?

Image source: descubro.mx

Lebih dari itu, ternyata Palau juga sangat peduli terhadap perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global. Nggak bisa dipungkiri, dari waktu ke waktu kelestarian terumbu karang pun mulai berada di ambang kehancuran setelah iklim bumi perlahan berubah.

Musim yang nggak menentu dan kenaikan muka air laut juga turut mengikis segala bentuk kehidupan bawah laut.

Presiden Palau, Tommy Remengesau, pernah menyampaikan bahwa polusi kimia, sampah plastik, serta konsumsi secara berlebihan telah menyebabkan terjadinya perubahan iklim yang mengancam kesehatan lingkungan alam di Palau. Menurutnya, perlu diambil langkah-langkah dan tindakan dalam peraturan undang-undang untuk membantu memastikannya.

Selain itu, agen travel yang membawa wisatawan ke Palau juga diminta untuk menawarkan kepada tamu-tamunya agar selalu menggunakan barang-barang yang bisa didaur ulang kembali. Dalam hal ini seperti botol plastik, gelas plastik, sedotan, dan barang sekali pakai lainnya. Sebisa mungkin untuk nggak menghasilkan sampah selama kegiatan wisata berlangsung.

Peraturan Istimewa untuk Lingkungan

Menteri Lingkungan Hidup Palau, Umiich Sengebau, mengatakan bahwa seiring dengan pemberlakuan undang-undang larangan sunblock, berlaku juga peraturan bahwa Palau memiliki hak pertama untuk membeli ikan yang ditangkap di ZEE untuk memenuhi permintaan lokal sebelum akhirnya ikan diekspor. Hal ini bertujuan untuk memulihkan lautan.

Setelah bertahun-tahun, penangkapan ikan komersial di Samudra Pasifik telah membuat populasi berbagai makhluk laut menjadi kritis. Pada tahun 2009, Palau juga resmi melarang praktik perburuan sirip hiu di lautan.

Nah, itulah alasan kenapa penggunaan sunblock dilarang di Republik Palau. Jadi, sebaiknya hindari sunblock yang mengandung senyawa berbahaya tersebut ya, bro.

 

Source: https://phinemo.com/republik-palau-jadi-negara-pertama-yang-larang-turis-pakai-sunblock/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
ada ada aja
agung
tq info ya
Helmi salim wachdin
Super island
Bahar
Nice info
Heni Oen
wah ternyata ngak baik.buat lingkungan
Agus Sungkawa
Berbeda tempat berbeda aturan
Rdh
Nice info