Tips Aman Motoran Biar Selamat Sampai Tujuan

Mengendarai motor ke tempat wisata memang menawarkan sensasi petualangan yang nggak terlupakan. Namun, mengendarai motor tetap saja memiliki berbagai macam risiko yang cukup serius dan nggak bisa dianggap remeh. Mau tahu tips aman motoran biar selamat saat berkendara? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Tips Aman Motoran Biar Selamat Sampai Tujuan

Bagi para pencinta roda dua, motoran ke tempat wisata bisa dibilang seperti ritual yang wajib dilaksanakan untuk menjernihkan pikiran dan menghilangkan penat akibat rutinitas sehari-hari. Biasanya, musim liburan atau libur panjang dianggap menjadi waktu terbaik untuk melakukan aktivitas yang semakin digandrungi banyak kalangan ini.

Selain biayanya yang relatif terjangkau, motoran ke tempat wisata juga bisa dibilang praktis dan mudah untuk dilakukan. Namun, saat berkendara di jalan raya tetap saja mengandung banyak risiko yang cukup serius dan nggak bisa dianggap remeh. Oleh karena itu, lo wajib terapkan beberapa tips aman motoran biar selamat saat berkendara berikut ini, bro!

Lengkapi Peralatan Keselamatan Pribadi

Tips Aman Motoran Biar Selamat Sampai Tujuan

Image source: unsplash.com/@harleydavidson

Salah satu cara terbaik untuk tetap aman selama berkendara yaitu dengan menggunakan seluruh perlengkapan penunjang keselamatan yang layak. Yup, kelengkapan keselamatan ini berupa helm, jaket, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu untuk melindungi tubuh lo dari kejadian yang nggak diinginkan saat di jalan raya, bro.

Helm full-face sangat disarankan untuk melindungi mata dan kepala dari benturan kalau sewaktu-waktu lo terjatuh dari motor. Untuk perlindungan menyeluruh, sangat disarankan untuk menggunakan jaket kulit, karena cukup kuat untuk melindungi tubuh dari gesekan saat jatuh di permukaan aspal yang sangat kasar, bro.

Jika lo motoran pada malam hari, maka gunakanlah jaket yang bisa menyala dalam gelap. Tujuannya, tentu saja agar keberadaan lo bisa dengan mudah dilihat oleh pengendara lain, bro.

Cek Kelengkapan Alat Penunjang Keselamatan pada Motor

Tips Aman Motoran Biar Selamat Sampai Tujuan

Image source: unsplash.com/@harleydavidson

Sebelum motoran, biasakan untuk selalu memeriksa kembali alat penunjang keselamatan pada motor andalan lo untuk memastikan bahwa semuanya bekerja dengan baik dan layak jalan, bro. Tekanan ban, spion, lampu utama, klakson, dan lampu sein adalah beberapa alat penunjang keselamatan pada motor yang harus lo pastikan berfungsi dengan baik.

Hal ini tentu saja untuk menghindari kemungkinan malfungsi alat-alat penunjang keselamatan tersebut saat di jalan raya. Ketika lo mengetahui ada yang nggak beres, lo bisa langsung memperbaiki masalah tersebut. Jadi, jangan lupa di cek lagi ya, bro.

Jadilah Pengendara yang Defensif

Tips Aman Motoran Biar Selamat Sampai Tujuan

Image source: unsplash.com/@harleydavidson

Salah satu tips aman motoran biar selamat saat berkendara yang paling penting adalah menjadi pengendara defensif. Sebab, lo pasti bakal mampu menghindari banyak situasi bahaya di jalan jika lo selalu waspada dengan keadaan sekitar lo, bro.

Yup, waspadalah selalu terhadap bahaya di jalan seperti hamparan kerikil, sampah, lubang, dan tentu saja "pengemudi yang serampangan." Hal ini tentu saja menjadi sangat penting, untuk menghindarkan diri lo dari kejadian yang nggak diinginkan, bro.

Jangan lupa juga untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain yang berada di depan atau di belakang. Pasalnya, pengendara motor seringkali kurang terlihat oleh pengemudi mobil dan juga truk-truk besar. Jadi, lo punya cukup ruang dan waktu untuk bereaksi saat sesuatu yang nggak diinginkan terjadi di sekitar lo, bro.

Waspada Perubahan Cuaca

Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi cuaca, karena mengendarai motor dalam cuaca buruk lebih berisiko dibanding mengemudi mobil, bro. Jika hujan lebat, lebih baik tidak mengendarai motor karena jarak pandangmu akan berkurang.

Selain itu, jalan yang licin tentu saja bakal membuat lo tergelincir dan mudah kehilangan kendali laju motor. Jika memang harus berkendara dalam kondisi hujan, hati-hati dan jangan berkendara saat kondisi angin lebat dan langit berpetir.

Ketika hujan mulai turun, air di aspal bisa saja membawa tanah atau sisa-sisa oli yang menyebabkan jalan menjadi sangat licin. Sabarlah, dan tunggulah sejenak sampai jalanan sedikit mengering. Sebab, kondisi ini lebih aman untuk memacu motor lo kembali di jalan raya, bro.

So, itulah beberapa tips aman motoran biar selamat saat berkendara. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat motoran ya, bro!

 

Referensi : https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/bayu-widhayasa/tips-dasar-keselamatan-berkendara-motor-exp-c1c2/5/full
Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Andi Hiban Mutaqin
Tips yang sangat berguna
Heni Oen
kangen touring
Agung Sutrisno
Taatilah dalam berkendara
Yuniarto ( Tato )
alon2 asal tekan
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Rdh
Nice info