Oleh-oleh Kuliner Khas Semarang yang Wajib Lo Bawa Pulang!

Mencicipi kuliner khas di suatu daerah bisa dibilang menjadi seperti ritual yang wajib dilakukan saat lo traveling. Nggak cuma mencicipi, kuliner khas semarang ini juga wajib lo bawa pulang sebagai buah tangan atau oleh-oleh, bro. Apa saja oleh-oleh kuliner khas Semarang yang wajib dibawa pulang? Berikut ulasan selengkapnya!

Oleh-oleh Kuliner Khas Semarang yang Wajib Lo Bawa Pulang!

Sebagai salah satu kota paling populer di Jawa Tengah, Semarang memang memiliki daya tariknya tersendiri. Beragam hal menarik bisa lo temukan di Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini, bro. Mulai dari tempat wisata yang kaya akan unsur tradisional, batik khas Semarang yang nggak kalah kece dengan batik dari wilayah lainnya di pulau Jawa, sampai tempat-tempat baru yang memiliki desain yang Instagramable.

Selain itu, Semarang juga dikenal lewat ragam kulinernya yang terkenal nikmat lho, bro. Saking enaknya kuliner di sana, banyak orang yang ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Nah, dari sekian banyak kuliner di Semarang, berikut rekomendasi makanan khas Semarang yang wajib lo bawa pulang sebagai oleh-oleh!

Lumpia

Oleh-oleh Kuliner Khas Semarang yang Wajib Lo Bawa Pulang!

Image source: tripzilla.id

Jika berbicara mengenai oleh-oleh khas Semarang, lumpia pasti sudah ada di pikiran banyak orang. Yup, kuliner khas Kota Semarang yang satu ini memang sangat populer di Indonesia, bro.

Kudapan yang bentuknya mirip seperti roulade ini berisi campuran udang, telur, ayam, serta rebung atau bonggol bambu muda yang dicincang sampai halus. Sebenarnya, lumpia merupakan makanan peranakan Asia yang berkembang lama di wilayah Semarang, bro.

Jika ingin menikmati lumpia enak, lo bisa berkunjung ke Jalan Gang Lombok No. 11, samping Klenteng Tay Kak Sie, karena terdapat salah satu toko tertua yang menjual lumpia di kawasan tersebut.

Lebih enak lagi kalau lo memesan lumpia yang sudah digoreng. Selain lebih awet, lumpia goreng juga dapat bertahan hingga tiga hari, sedangkan lumpia basah hanya bertahan 24 jam saja, bro. Kalau lo mau membeli lumpia sebagai oleh-oleh, maka lo bisa meminta petugas toko untuk mem-vacuum lumpia pesanan lo agar bisa bertahan lebih lama.

Wingko Babat

Oleh-oleh Kuliner Khas Semarang yang Wajib Lo Bawa Pulang!

Image source: tokopedia.com

Oleh-oleh khas Semarang lainnya yang wajib lo bawa pulang adalah wingko babat. Berbahan dasar kelapa dan tepung beras yang dibakar hingga berwarna cokelat kehitaman, kuliner ini biasanya dibungkus dengan kertas kemudian dikemas dalam sebuah kotak.

Wingko babat sendiri memiliki varian rasa, mulai dari cokelat, nangka, hingga durian. Rasanya yang legit dan teksturnya yang lembut pasti bakal membuat lo ketagihan saat mencicipinya. Oleh-oleh khas Semarang yang satu ini mudah ditemukan di setiap sudut kota kok, bro.

Roti Gambang atau Roti Ganjel Rel

Oleh-oleh Kuliner Khas Semarang yang Wajib Lo Bawa Pulang!

Image source: Legendaqq lounge

Nama kuliner khas Semarang yang satu ini memang sangatlah unik. Bentuknya yang sedikit panjang dan tebal seperti bantalan rel kereta api membuat roti jadul ini dinamakan ‘roti ganjel rel’. Sayangnya, eksistensi oleh-oleh khas Semarang satu ini mulai pudar seiring berjalannya waktu, bro.

Kuliner yang juga sering disebut sebagai roti gambang ini punya ciri khas yaitu dengan adanya wijen di bagian atasnya serta rasa kayu manis yang sangat dominan. Untuk membawa pulang roti jadul ini ke daerah asal, lo bisa membelinya di kawasan pasar Johar, Jalan K.H. Agus Salim atau di Waroeng Semawis, bro.

Tahu Pong

Oleh-oleh Kuliner Khas Semarang yang Wajib Lo Bawa Pulang!

Image source: instagram.com/vision.of.me

Berbeda dengan olahan tahu lainnya, tahu pong khas Semarang ini sama sekali nggak memiliki isian lho, bro. Konon, nama tahu ‘pong’ sendiri diambil dari bentuk tahu yang kopong atau tidak memiliki isi.

Biasanya, tahu pong disajikan dengan telur dan gimbal (rempeyek udang berukuran besar) lalu dipotong kecil dan disiram dengan kuah sambal petis. Tempat terbaik untuk membeli Tahu Pong adalah di sekitaran Jalan Gajah Mada.

So, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Semarang yang wajib lo bawa pulang sebagai oleh-oleh. Sudah pernah mencicipi yang mana nih, bro?

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/travel/oleh-oleh-khas-semarang-108615
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Andi Hiban Mutaqin
Nice info
Heni Oen
noted buat berkunjung nanti
Yuniarto ( Tato )
Roti ganjel rel .enak ndean
Helmi salim wachdin
Super lezat
Bahar
Mantapppp
Agus Sungkawa
Wingko babat wajib nihhh
agung
tq info ya
Rdh
Enak enak