Aksesori Sepeda yang Wajib Ada Kalau Gowes Pas Hujan

Bersepeda di tengah guyuran hujan memang menawarkan sensasi yang sangat berbeda. Meski begitu, mengayuh sepeda di tengah guyuran hujan ternyata mengundang beberapa potensi bahaya yang cukup serius lho, bro. Nggak heran, jika ada beberapa aksesori sepeda yang wajib ada saat gowes ketika hujan mengguyur. Apa saja peralatan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya!

Aksesori Sepeda yang Wajib Ada Kalau Gowes Pas Hujan

Mengayuh pedal sepeda di jalan raya bisa dibilang sudah menjadi hobi baru yang dilakukan oleh banyak orang di masa pandemi ini. Mirip seperti berlari, bersepeda juga dianggap sebagai olahraga yang mudah dan menyenangkan. Bahkan, di tengah guyuran hujan sekalipun.

Yup, situasi cuaca memang sangat sulit untuk di tebak. Wajar saja, jika hujan bisa tiba-tiba turun ketika lo sedang asyik bersepeda. Oleh karena itu, persiapkanlah sepeda andalan lo sebaik-baiknya agar bisa tetap melaju dengan aman di tengah guyuran hujan, bro. Berikut ini tiga aksesori sepeda yang wajib ada saat gowes ketika hujan mengguyur.

Fender

Aksesori Sepeda yang Wajib Ada Kalau Gowes Pas Hujan

Image source: ridepdw.com

Memasang fender di sepeda bisa membantu pesepeda terlindung dari cipratan air, lumpur, dan partikel kotoran lainnya saat berkendara di tengah hujan atau kondisi setelah hujan. Salah satu aksesori sepeda yang wajib ada saat gowes ketika hujan ini juga bisa meminimalisir masuknya partikel kotoran ke komponen bergerak pada sepeda digowes dalam kondisi jalanan basah.

Selain itu, fender juga menjaga pesepeda lain tetap bersih dari cipratan air atau partikel kotor yang dilontarkan oleh ban sepeda lo, bro. Kalau lo nggak mau sepeda andalan lo kehilangan kesan estetik akibat pasang fender, maka lo bisa menggunakan fender yang mudah dibongkar-pasang.

Lampu Sepeda

Aksesori Sepeda yang Wajib Ada Kalau Gowes Pas Hujan

Image source: aliexpress.com

Kemampuan lo untuk melihat dan dilihat oleh pengguna jalan lain pasti bakal menurun ketika gowes di tengah guyuran hujan. Oleh karena itu, lampu sepeda menjadi komponen penting untuk meningkatkan keamanan bersepeda ketika hujan, bro.

Memasang lampu depan pada sepeda berfungsi untuk meningkatkan penglihatan pesepeda di jalan ketika visibilitas menurun. Sedangkan, lampu belakang pada sepeda meningkatkan keterlihatan pesepeda oleh pengguna jalan lainnya, bro.

Lo juga bisa memilih lampu sepeda berdasarkan cara pengisian dayanya. Ada lampu sepeda yang bisa diisi ulang dengan USB, dan ada juga lampu sepeda yang begitu baterainya habis, harus langsung diganti dengan baterai baru.

Untuk lampu depan sepeda, lo bisa memilih satu yang baterainya diisi ulang dengan USB. Pasalnya, lampu depan pasti bakal membutuhkan pencahayaan yang konstan dan mengonsumsi lebih banyak daya. Sehingga, pengisian daya baterai dengan USB dalam hal ini tentu saja bakal memudahkan diri lo sendiri, bro.

Lain halnya dengan lampu belakang, yang biasa bekerja dengan mengedipkan cahayanya dan tidak memakan konsumsi daya sebanyak lampu depan. Jadi, nggak masalah kalau lo memilih lampu sepeda dengan baterai konvensional, bro.

Tas Sepeda Waterproof

Saat bersepeda, lo bisa memilih untuk menggunakan tas punggung ataupun pannier. Keduanya memang sama-sama bisa menyimpan kebutuhan selama bersepeda. Umumnya, pesepeda commute lebih mengandalkan tas punggung dan pesepeda touring lebih condong menggunakan pannier.

Baik tas punggung ataupun pannier, saat musim hujan keduanya pun harus mampu menahan masuknya air biar barang bawaan nggak basah di perjalanan. Dengan demikian, lo tidak perlu mengkhawatirkan barang bawaan saat telat mencari tempat berteduh.

Nah, itulah tiga aksesori sepeda yang wajib ada saat gowes ketika hujan mengguyur. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat bersepeda ya, bro. Selamat berpetualang!

 

Referensi : https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/meiska-irena-pramudhita-1/mau-gowes-di-musim-hujan-tiga-aksesori-sepeda-ini-wajib-ada/3
Gear Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
bener banget tanpa bumper belakahg baju full noda
Yuniarto ( Tato )
Bener banget nih
Kristian Mustafa
Nice Info.
Agus Sungkawa
aksesori sepeda yang wajib ada saat gowes ketika hujan mengguyur.