Gunung Triple S di Jawa Tengah yang Wajib Jadi Tujuan Pendakian

Para pendaki mungkin sudah nggak asing lagi dengan sebutan Gunung Triple S atau 3S, bukan? Yap, tiga gunung di Jawa Tengah ini menjadi primadona yang dijadikan tujuan para pendaki. Dari Slamet, Sumbing, dan Sindoro, mana yang mau lo coba, bro? Simak ulasan selengkapnya!

Gunung Triple S di Jawa Tengah yang Wajib Jadi Tujuan Pendakian

Gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah dengan ketinggian di atas 2.000-4.000 meter di atas permukaan laut memang cukup banyak, seperti Gunung Prau, Gunung Merbabu, dan sebagainya. Namun selain itu, ada tiga gunung di Jawa Tengah yang dikenal dengan sebutan Gunung Triple S yang memiliki ketinggian 2.000-4.000 meter di atas permukaan laut.

Para pendaki pasti sudah tahu dong, gunung apa aja yang menjadi bagian dari Triple S? Yap, ketiga gunung tersebut adalah Gunung Slamet, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Ketiga gunung ini memang berjarak nggak jauh satu sama lainnya. Kenapa ya ketiga gunung ini sangat terkenal di kalangan pendaki? Berikut ini pembahasan satu persatu mengenai Gunung Triple S.

Gunung Slamet (3.428 mdpl)

Gunung Triple S di Jawa Tengah yang Wajib Jadi Tujuan Pendakian

Image source: instagram.com/@japra_729

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di antara 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

Gunung Slamet juga merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung ini pun menjadi salah satu gunung tujuan para pendaki, walaupun medan yang harus dihadapi atau ditempuh memang lumayan sulit.

Hampir di sepanjang rute pendakian, pendaki nggak akan menemukan air dan kabut di Gunung Slamet sering berubah-ubah dan pekat. Namun hal ini nggak membuat para pendaki menyerah begitu aja, justru malah dijadikan acuan untuk semangat sampai puncak.

Jalur pendakian di Gunung Slamet bisa dilalui lewat 4 jalur yaitu Blambangan yang berada di Desa Kutabawa, Jalur Baturaden yang berada di Desa Gambuhan, Jalur Dhipajaya yang berada di Kabupaten Pemalang, dan  terakhir melalui objek wisata pemandian air panas Guci yang berada di Kabupaten Tegal.

Gunung Sumbing (3.371 mdpl)

Gunung Triple S di Jawa Tengah yang Wajib Jadi Tujuan Pendakian

Image source: instagram.com/@takut.lensa

Gunung Sumbing terletak di antara 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo. Gunung yang memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet.

Nah, gunung ini menjadi sasaran kedua bagi para pendaki dari daftar Gunung Triple S. Pesona alam yang menakjubkan di puncak Gunung Sumbing ternyata nggak kalah luar biasa dari Gunung Slamet. Dari puncak Gunung Sumbing pun pendaki bisa melihat gunung-gunung yang ada di sebelahnya seperti Gunung Merbabu, Merapi, dan Sindoro.

Gunung Sumbing juga memiliki trek atau medan yang cukup berat dikarenakan kemiringan yang terjal dan rute yang lebih panjang.

Jalur pendakian Gunung Sumbing bisa melalui jalur yang sangat populer yaitu pos Garung yang terletak di kawasan Kledung Pass. Selain itu juga bisa melalui jalur seperti Bowongso, Cepit, Lamuk, Banaran, Butuh Kaliangkrik, dan Mangli Kaliangkrik.

Gunung Sindoro (3.153 mdpl)

Gunung Triple S di Jawa Tengah yang Wajib Jadi Tujuan Pendakian

Image source: shutterstock.com/Artcloud

Gunung Sindoro yang memiliki ketinggian 3.153 meter di atas permukaan laut ini terletak di antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Gunung yang letaknya berdampingan dengan Gunung Sumbing ini kerap dijuluki Gunung Kembar.

Gunung Sindoro memiliki kawah dan kubah lava, kawah terbesar di Gunung Sindoro disebut Kembang. Gunung ini memiliki keunikan tersendiri yaitu puncaknya yang sangat luas.

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa dilalui yaitu jalur pendakian via Kledung yang terletak di Desa Kledung dan jalur pendakian via Sikatok yang terletak di Desa Sigedang. Kedua jalur ini juga memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Nah, itulah ketiga gunung terkenal di Jawa Tengah  dengan sebutan Gunung Triple S. Dari ketiga gunung tersebut, lo udah mendaki yang mana aja, bro?

 

Source: https://www.hipwee.com/narasi/gunung-triple-s-ini-wajib-jadi-tujuan-pendakian-kamu-mau-coba-yang-mana-nih/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Juang Pratama
wow keren juga...
Rosida
Mantappp
Sadri
Mantapppp
Heni Oen
anak gunung pasti suka
Agung Sutrisno
Keindahan dari Gunung 3 S
Helmi salim wachdin
Super mempesona pegunungan indonesia
Yuniarto ( Tato )
3 S yg belum kudaki
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Gunung gunung yang mempesona
arief
makasih infonya