Pilih Naik Gunung Pakai Celana Panjang atau Celana Pendek, Bro?

Sebelum melakukan pendakian, biasanya para pendaki akan mempersiapkan segala perlengkapan yang harus dibawa serta memilih pakaian yang tepat. Biasanya pendaki ada yang menggunakan celana panjang atau pendek untuk mendaki gunung, lo pilih yang mana, bro? Simak ulasan selengkapnya!

Pilih Naik Gunung Pakai Celana Panjang atau Celana Pendek, Bro?

Mengenakan pakaian yang sesuai untuk aktivitas outdoor tentu akan sangat menguntungkan. Selain digunakan sesuai dengan fungsinya, aktivitas outdoor pun akan lebih nyaman dilakukan. Salah satu aktivitas yang juga harus menggunakan pakaian yang tepat adalah mendaki gunung. Pakaian seperti jaket gunung serta celana outdoor tentu harus dipilih dengan baik.

Apalagi dalam mengenakan celana, ada dua jenis yang bisa dipakai yaitu celana panjang dan pendek. Pernah merasakan bingung sendiri mau pakai celana panjang atau pendek buat mendaki, bro? Berikut ini hal-hal yang sebaiknya jadi pertimbangan sebelum memutuskan memilih celana panjang atau pendek.

Celana Panjang Bisa Melindungi Kaki dari Hewan Pacet

Pilih Naik Gunung Pakai Celana Panjang atau Celana Pendek, Bro?

Image source: unsplash.com/@toomastartes

Hewan melata yang memiliki nama ilmiah Hirudinea ini bentuknya memang bikin geli. Apalagi kalau sudah mulai menggigit, pacet akan menjadi hewan yang menyakitkan. Jika mengenakan celana panjang, pacet nggak akan mampu menyusup dan menghisap darah, bro.

Celana Panjang Melindungi dari Ranting Tajam

Pilih Naik Gunung Pakai Celana Panjang atau Celana Pendek, Bro?

Image source: unsplash.com/@mattkgross

Di sepanjang jalur pendakian, pasti akan menemukan banyak ranting-ranting kecil tajam atau semak berduri. Dengan mengenakan celana panjang, ranting atau semak berduri nggak akan mengenai tubuh secara langsung. Karena saat itulah celana panjang berfungsi untuk menahan benda-benda tajam yang akan melukai tubuh.

Celana Panjang Nggak Bikin Kedinginan

Pilih Naik Gunung Pakai Celana Panjang atau Celana Pendek, Bro?

Image source: unsplash.com/@staticlaw

Jika mengenakan celana panjang, bagian ujung hingga pangkal kaki akan terlindungi dengan sempurna. Tubuh juga akan terasa hangat. Nah, bisa dibilang kalau celana panjang juga mampu mencegah terserangnya hipotermia.

Celana Panjang Bikin Langkah Berat Saat Hujan

Pilih Naik Gunung Pakai Celana Panjang atau Celana Pendek, Bro?

Image source: unsplash.com/@snarsgard

Saat mendaki gunung di musim hujan, mengenakan celana panjang bisa membuat langkah jadi berat. Namun hal itu tergantung jenis bahan celana panjang yang dipilih.

Saat musim hujan juga sebaiknya naik gunung dengan celana panjang berbahan waterproof. Kaki akan terhindar dari pacet dan suhu dingin. Karena celana panjang berbahan waterproof tentu aman dari air.

Celana Pendek Terlihat Lebih Fashionable

Pilih Naik Gunung Pakai Celana Panjang atau Celana Pendek, Bro?

Image source: unsplash.com/@sebastiengoldberg

Siapa yang setuju kalau mengenakan celana pendek bisa terlihat lebih fashionable dibanding celana panjang? Nah, celana pendek memang lebih terlihat keren. Apalagi saat mengenakan celana pendek bisa membuat postur tubuh jadi terlihat lebih tinggi, bro.

Celana Pendek Lebih Santai dan Nyaman

Pilih Naik Gunung Pakai Celana Panjang atau Celana Pendek, Bro?

Image source: unsplash.com/@lux17

Dengan mengenakan celana pendek, lo bisa bebas jongkok atau lari. Pokoknya celana pendek bisa membuat penggunanya lebih nyaman bergerak. Tapi, celana pendek bukan pilihan tepat untuk melindungi kaki.

Gunakan Celana Panjang “Potongan”

Daripada bingung memilih, lebih baik pakai celana panjang “potongan” (bisa digunakan sebagai celana panjang dan pendek). Jadi, saat lo merasa harus memakai celana pendek, lebih baik lepas potongan celana. Praktis kan, bro?

Celana Pendek dengan Inner atau Legging

Outfit naik gunung seperti ini sudah terkenal di kalangan pendaki. Baik untuk pendaki laki-laki maupun perempuan bisa menggunakan outfit ini, bro. Terlihat sangat stylish dan fashionable, tapi kaki tetap aman dan terlindungi.

Nah, itulah beberapa hal pertimbangan yang dilakukan untuk memilih celana yang tepat. Nah, lo mau pakai celana panjang atau pendek untuk mendaki gunung, bro?

 

Source: https://phinemo.com/lebih-baik-naik-gunung-pakai-celana-panjang-atau-celana-pendek/
Gear Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Helmi salim wachdin
Super style
Ldr_Lstyd
Celana pendek
Agus Sungkawa
Celana panjang lebih enak dan nyaman juga aman
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Yang paling penting adalah nyaman dipakai