Mengenal Gaiters, Pelindung Kaki dari Kerikil Saat Naik Gunung

Outfit ketika naik gunung harus disesuaikan supaya perjalanan mendaki nyaman dan aman. Dari ujung kepala sampai ujung kaki sebisa mungkin memakai item yang bisa melindungi tubuh.

Mengenal Gaiters, Pelindung Kaki dari Kerikil Saat Naik Gunung

Misalnya syal. Kelihatan sih sepele ya, tapi fungsinya membantu banget lho untuk menghangat tubuh. Makanya syal selalu jadi item andalan ketika hiking.

Selain syal, ada lagi nih bro yang nggak kalah penting. Item ini namanya Gaiters. Buat awam atau pendaki gunung pemula pasti namanya asing banget.

Apa Sih Gaiters Itu?

Mengenal Gaiters, Pelindung Kaki dari Kerikil Saat Naik Gunung

Image source: en.wikipedia.org

Jadi Gaiters ini alat pelindung kaki supaya nggak masuk kotoran. Item ini bisa menahan debu, tanah, lumpur, batu, sampai ranting ke dalam sepatu. Sehingga perjalanan sampai ke puncak bisa nyaman.

Item ini bisa jadi salah satu alat yang bermanfaat benget. Karena kalau nggak ada alat ini, sepatu yang lo pakai bakal kemasukan kerikil atau jenis kotoran lain. 

Akhirnya perjalanan mendaki harus beberapa kali terhenti karena harus berulang kali membersihkan isi sepatu. Belum lagi peralatan yang dibawa banyak dan terbilang berat. Pasti setiap pijakan kaki bisa menyusahkan banget.

Makanya Gaiters ini bisa jadi jawaban atas ketidaknyamanan mendaki itu. Karena harus diketahui, jalur di pegunungan nggak cuma tanah, kadang berpasir dan bebatuan kecil.

Awalnya, Gaiters terbuat dari kulit karena pertama kali dipakai oleh tentara perang dan koboi. Tapi seiring berjalannya waktu, Gaiters diproduksi juga dari material kain sintetis plasticized seperti poliester, nylon, atau cordura.

Manfaat Gaiters 

Mengenal Gaiters, Pelindung Kaki dari Kerikil Saat Naik Gunung

Image source: 3benefitsof.com

Selain untuk menghindari batu, kerikil, debu, masuk ke dalam sepatu, item ini juga bisa menghangatkan bagian kaki terutama betis. Karena kalau kaki tertusuk udara dingin, mudah kemungkinannya mengalami keram.

Alat ini juga bisa melindungi kaku dari tertusuk ranting tanaman yang tajam. Biasanya ketika melewati rute semak-semak, kadang banyak tumbuhan berduri.

Ditambah melindungi kaki dari gigitan hewan seperti lintah, nyamuk hingga ular. Cara menggunakannya gampang kok, lo tinggal mengaitkan dengan perekat yang ada pada Gaiters. Terus hubungkan tali pada sepatu. Selesai deh.

Lo juga bisa kok bikin Gaiters sendiri. Bahkan ketika membuat Gaiters itu lo bisa memakai material yang lebih hangat. Sebab, Gaiters yang tepat itu mampu menghangatkan serta melindungi kaki.

Jangan Salah Kostum

Mengenal Gaiters, Pelindung Kaki dari Kerikil Saat Naik Gunung

Image source: 3benefitsof.com

Jenis pakaian yang direkomendasikan untuk melindungi tubuh selama naik gunung yakni jaket. Jaket yang ideal itu bahan parasut sebab anti air dan bisa menjaga tubuh dari suhu yang ekstrem. 

Sementara itu untuk jenis celana yang cocok naik gunung itu berbahan training, karena memiliki elastisitas yang tinggi. Jadi bisa mendukung aktivitas dengan gerakan-gerakan selama naik gunung. Bisa juga memakai celana kargo panjang potongan yang memiliki model banyak kantong untuk menyimpan berbagai barang kecil.

Sebaiknya pilihlah celana berdesain compact size, ringan, mudah kering dan overtrousers yang tahan air dengan kategori hujan deras namun tetap breathable.

Gunakan juga trekking boots yang memiliki ciri-ciri tinggi di atas mata kaki dan pada telapaknya terdapat grip.Trekking boots sangat aman dan diciptakan khusus untuk kegiatan outdoor, termasuk naik gunung.

 

Source: https://www.viapendaki.com/2016/10/apa-itu-gaiters.html
Gear Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
rupanya ada tips khusus
Ldr_Lstyd
Nice info
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat
Bahar
Nice info