Penampakan Air Terjun Bawah Laut di Mauritius, Ilusi Optik Atau Beneran Ya?

Air terjun pada umumnya jatuh dari tebing tinggi ke permukaan tanah. Pemandangan indah air terjun itu semakin sempurna jika posisinya berada di tengah alam, kanan kirinya pepohonan rindang, dan terdengar suara-suara burung. Namun, bagaimana ya kalau ada air terjun di dalam laut?

Penampakan Air Terjun Bawah Laut di Mauritius, Ilusi Optik Atau Beneran Ya?

Penampakan air terjun bawah laut itu ada di Mauritius, Pulau yang berada di di sebelah timur Madagaskar, Afrika. Lokasi Pulau ini juga berada di barat daya Samudera Hindia. Pulau ini dulu kosong dan jadi habitat dari burung dodo yang sudah punah

Keindahan pulau ini nggak bisa diragukan bro. Meski tergolong pulau kecil, alamnya benar-benar mempesona. Mauritius dikelilingi coral reef atau sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanthellae. 

Kebanggan di Pulau Mauritius itu adalah tepi laut Le Morne. Karena di sana lah penamapakan air terjun bawah laut itu kelihatan.

Sungguhan atau Hanya Ilusi Optik?

Penampakan Air Terjun Bawah Laut di Mauritius, Ilusi Optik Atau Beneran Ya?

Image source: amazing.zone

Air terjun bawah laut ini hanya bisa dilihat dari sudut pandang tertentu saja. Jika dilihat dari atas, bakal kelihatan kalau ada air terjun yang jatuh ke bawah. Padahal posisinya di laut, yang notabenenya sudah berisi air. Mustahil nggak sih?

Ya, benar saja bro. Jadi fenomena air terjun bawah laut ini bukan sesuatu nyata atau sungguhan. Penampakan air terjun bawah laut itu hanya ilusi optik belaka.

Ilusi optik itu terlihat karena saking jernihnya si air laut di Pulau Mauritius itu. Gerakan pasir yang mengalir seolah-olah membuat air terjun yang menjorok ke dasar laut. 

Hal ini bisa terjadi lantaran adanya aliran arus bawah air di dasar lat. Secara nggak langsung, gerakan pasir yang masuk ke dalam laut lebih gelap, sehingga membuat efek air terjun seperti nyata.

Terletak di Shelf Ocean 

Penampakan Air Terjun Bawah Laut di Mauritius, Ilusi Optik Atau Beneran Ya?

Image source: imgur.com

Pulau Mauritius ini berada di atas Datarang Tinggi Bawah Laut atau dikenal juga dengan sebutan Shelf Ocean. Kedalamannya mencapai 150 meter di bawah permukaan laut.

Nggak cuma itu aja bro, di Mauritius juga ada wilayah yang disebut dengan drop-off, titik tepi shelf ocean tadi. Kedalaman drop-off ini diperkirakan lebih dari 4 ribu meter di bawah permukaan laut.

Lokasi itu tadi yang jadi titik penampakan ilusi optik si air terjun bawah laut itu. Supaya air terjun bawah laut itu terlihat jelas, pelancong harus menjelajahi dengan tur helikopter di sana.

Pulau Termuda di Bumi

Aliran arus bawah air di dasar laut itu berkaitan dengan aktivitas vulkanik yang membentuk ulau Mauritius. Bisa dibilang Mauritius jadi salah satu pulau termuda di bumi.

Mauritius diketahui pertama kali dikunjungi oleh pelaut dari Arab bernama Dina Arobi pada zaman middle age (abad ke-5 hingga abad 15 masehi). Selanjutnya, orang Portugis juga datang ke tempat ini pada tahun 1507 dan selanjutnya diikuti oleh orang Belanda. 

Di Pulau ini terdapat juga dua situs budaya yang diakui UNESCO. Ada Aaapravasi Ghat, yang dulunya adalah kantor imigrasi di tahun 1800 an. Sedangkan Le Morne Cultural Landscape adalah semenanjung yang terletak di bagian selatan Maritius.

 

source: https://travel.detik.com/international-destination/d-5198728/ada-air-terjun-bawah-laut-di-mauritius-kok-bisa
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Heni Oen
gimana air mancur dalam laut
Ldr_Lstyd
Keren banget
dephy
ilusi optik
Agus Sungkawa
Amazing bro
arief
asli kerennn,
Bahar
Mantapppp
Heni Oen
amazing bagusnya
Heni Oen
magnificent
Rdh
Kereeeeen