Sudah ke Brown Canyon? Tempat Seru Bersepeda dan Spot Foto Instagramable

Siapa yang nggak terkagum dengan keindahan lanskap Taman Nasional Grand Canyon. Kalangan turis berdatangan ke taman nasional itu. 

Sudah ke Brown Canyon? Tempat Seru Bersepeda dan Spot Foto Instagramable

Keindahan tebing yang memiliki warna eksotis itu merupakan situs warisan dunia yang dinobatkan oleh UNESCO. Namun Grand Canyon bukanlah tebing terbesar di dunia. Grand Canyon diperkirakan hanya memiliki kedalaman 1 mil. 

Ada ngarai Cotahuasi di Peru yang kedalamannya lebih dari 8000 kaki. Ngarai ini dianggap lebih besar dari ngarai Kali Gandaki Gorge di Nepal. Jadi, bisa dibilang tebing Grand Canyon bukan yang terbesar di dunia.

Brown Canyon di Boyolali

Sudah ke Brown Canyon? Tempat Seru Bersepeda dan Spot Foto Instagramable

Image source: festivaljalanjalan.com

Nah di Indonesia juga ada bro, tebing yang mirip Grand Canyon. Bahkan bukan cuma di Semarang, tapi di Boyolali jug ada. Namanya Brown Canyon.

Letak tebing di Boyolali itu berada di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah. Sebenarnya, lokasi ini perbukitan biasa yang jati tempat penambangan material. Namun setelah bertahun-tahun bukit ini mirip Brown Canyon di Negeri Paman Sam. Saking indahnya lokasi ini kadang jadi spot penggemar fotografi. 

Spot Foto di Brown Canyon

Sudah ke Brown Canyon? Tempat Seru Bersepeda dan Spot Foto Instagramable

Image source: pesona.travel

Brown Canyon menyajikan panorama tebing-tebing yang menjulang tinggi. Di kota-kota besar sudah pasti pemandangan seperti ini jarang dilihat. Makanya para pelancong yang haus berwisata bisa menyempatkan datang ke sini untuk sekadar foto-foto.

Pemburu foto bakal girang banget kalau mengunjungi Brown Canyon ini, karena memang banyak spot instagramablenya. Ada pula hamparan sawah hijau yang lengkap dengan pepohonan di sekitar tebing. 

Kalau mau mendapatkan hasil foto yang lebih bagus, pengunjung dianjurkan untuk datang pada saat musim kemarau. Karena pemandangan lebih terlihat dan nggak banyak rumput ilalang.

Cocok Trek Bersepeda

Menariknya lagi, di kawasan Brown Canyon ini juga kerap jadi arena bersepeda. Buat yang suka bersepeda medan offroad cocok banget karena ada jalur tanah. 

Tapi kalau untuk sekadar menikmati panorama alam juga bisa. Apalagi lokasi ini masih terbilang sepi pengunjung. Sehingga pas banget buat yang mau menikmati sejuknya alam dengan lebih leluasa. 

Nggak sulit untuk sampai ke tempat wisata ini. Kalau dari Kabupaten Boyolali jaraknya cuma 4 kilometer kalau ditempuh menggunakan motor atau mobil. Estimasi waktunya cuma 10 menit.

Lokasi Brown Canyon Boyolali juga nggak jauh dari Candi Kragilan. Kalau sudah merasa cukup di Brown Canyon, pengunjung bisa langsung jalan kaki. Fasilitas di Brown Canyon Boyolali masih perlu banyak perawatan.

Apa Bedanya dengan yang di Semarang?

Brown Canyon di Semarang letaknya di Rowosari, Tembalang. Tempat ini mulanya lokasi tambang batu yang masih aktif. Lama kelamaan tempat ini berubah menjadi lokasi wisata.

Brown Canyon di Semarang ini memiliki kontur berupa perbukitan. Di areanya terdapat kolam dengan tepian memanjang. Kolam tersebut terbentuk dari genangan air hujan. Kalau sedang musim penghujan, debit air meninggi dan mengisi ceruk besar di celah tebing. Kalau siang hari kolam itu menjadi tempat favorit pengunjung, suasananya bisa menjadi penyegar di tengah teriknya hari.

 

Source: https://travel.kompas.com/read/2020/10/02/210100327/brown-canyon-boyolali-bisa-berburu-foto-instagramable-dan-bersepeda
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
pasti asyik dan seru
Ldr_Lstyd
Belum kesana
dephy
peninggalan penambangan
Bahar
Mantapppppp
agung
tq info ya
Rdh
Kereeeeen