Perlengkapan Caving yang Wajib Dimiliki Secara Perseorangan

Kegiatan susur gua atau caving menjadi salah satu aktivitas luar ruangan yang cukup menantang adrenalin. Apalagi perlu perlengkapan yang memadai untuk melakukan kegiatan ini. Nah, peralatan apa aja sih yang wajib dimiliki secara individu? Simak ulasan selengkapnya!

Perlengkapan Caving yang Wajib Dimiliki Secara Perseorangan

Caving merupakan kegiatan susur gua yang memiliki medan berlumpur, lorong sempit dan rendah, tumpukan batu, terkadang juga bisa menemukan air terjun. Kondisi gua yang kompleks ini memaksa setiap orang yang ingin menyusurinya harus memiliki perlengkapan caving lengkap dan memenuhi standar.

Hal ini sangat krusial karena di dalam gua lo hanya bisa mengandalkan keselamatan pada alat yang digunakan. Nah, perlengkapan caving apa aja yang harus dimiliki?

Pada dasarnya ada dua kategori perlengkapan caving, yaitu personal equipment dan team equipment. Personal equipment inilah yang harus dimiliki secara individu, sebab ketika masuk ke dalam gua masing-masing orang akan memakai alat ini.

Helm Speleo

Perlengkapan Caving yang Wajib Dimiliki Secara Perseorangan

Image source: derekbristol.com

Helm speleo merupakan helm khusus untuk kegiatan penelusuran gua. Helm ini didesain agar mampu menahan benturan dan juga runtuhan batu dari berbagai sisi dengan ketinggian tertentu.

Helm speleo dilengkapi tali yang digunakan untuk mengikatnya pada kepala. Helm ini juga memiliki space khusus di bagian depan untuk meletakkan headlamp atau senter.

Cover All

Perlengkapan Caving yang Wajib Dimiliki Secara Perseorangan

Image source: en.wikipedia.org

Cover all merupakan pakaian khusus untuk caving yang berguna untuk menghindari tubuh dari gesekan dan mempertahankan suhu tubuh ketika berada di dalam gua berair. Bagian atasan dan bawahan tergabung menjadi satu, dan memiliki lengan panjang.

Pakaian ini biasanya terbuat dari bahan parasut yang nggak terlalu tebal, namun di bagian tertentu dibuat lebih tebal agar bisa melindungi tubuh terutama yang sering terkena gesekan.

Sepatu

Perlengkapan Caving yang Wajib Dimiliki Secara Perseorangan

Image source: tripadvisor.co.id/DrinkAllTheBeer

Karena mayoritas medan gua berair, sebaiknya sepatu yang digunakan adalah sepatu boot karet. Sepatu ini selain melindungi dari genangan air, juga akan melindungi dari bebatuan.

Bisa juga menggunakan sepatu PDL yang biasanya digunakan angkatan militer. Nah, tinggal pilih aja mana yang menurut lo paling nyaman digunakan, bro.

Boom (Generator Carbide)

Perlengkapan Caving yang Wajib Dimiliki Secara Perseorangan

Image source: mouseandtrowel.org

Boom merupakan perlengkapan caving yang berbentuk tabung dengan selang terhubung ke bagian helm. Umumnya ada dua bagian pada tabung ini, bagian atas yang berfungsi untuk menampung air dan tabuh bawah berguna untuk mengisi karbit. Karbit ini berguna untuk penerangan.

Alat Penerangan

Perlengkapan satu ini wajib banget, bro. Mengingat kondisi gua yang sangat gelap bahkan di siang hari sekalipun. Ada dua jenis alat penerangan yang sering digunakan, yaitu penerangan elektrik (senter dan headlamp) dan penerangan non elektrik (karbit dan lilin).

Saat ini lebih banyak orang yang memilih menggunakan alat penerangan elektrik karena lebih praktis dan mudah dibawa.

Sarung Tangan

Sarung tangan juga wajib dimiliki, ini akan berguna melindungi tangan dari gesekan permukaan batu yang tajam. Fungsi lainnya adalah melindungi tangan dari gesekan tali yang bisa aja menimbulkan luka dan panas.

Pelampung

Perlengkapan caving yang satu ini bisa dibawa jika kondisi genangan air di dalam gua cukup tinggi. Pelampung dapat mengurangi risiko tenggelam saat melakukan penelusuran gua.

Single Rope Technique (SRT) Set

SRT set sebaiknya dimiliki setiap caver karena biasanya ukuran tubuh masing-masing orang berbeda. Sehingga jika sudah memiliki alat ini masing-masing akan memudahkan pengaturan alat.

Seat harness, merupakan tali yang digunakan untuk pengaman tubuh dan dipasang di bagian paha dan pinggang. Lo bisa memilih harness tipe instan yang bisa langsung dipakai tanpa harus mengikat manual.

Ascender, merupakan perlengkapan caving yang berguna untuk menaiki atau memanjat tali. Ascender ada dua jenis, yaitu hand ascender dan chest ascender. Hand ascender ini dipegang di tangan saat menaiki tali, sedangkan chest ascender diikat di dada.

Descender, berfungsi untuk membuat tali yang digunakan untuk naik atau turun gua. Dalam pemakaiannya perlu memperhatikan kekuatan tangan sebagai stopper.

Karabiner, merupakan alat pengait berbahan aluminium dan digunakan untuk mengaitkan tali dengan titik pengaman, sehingga didesain dengan bentuk kecil dan ringan namun kuat. Ada dua jenis karabiner yang sering digunakan yaitu karabiner yang memiliki sistem pengunci (Locking Carabiner) dan karabiner tanpa pengunci (Un-locking Carabiner).

Selain perlengkapan tersebut, lo juga harus tahu prinsip dan teknik caving yang tepat. Pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan ya, bro.

 

Source: https://phinemo.com/8-perlengkapan-caving-yang-wajib-kamu-miliki-secara-individu/
Gear Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
nice info
Helmi salim wachdin
Super idea
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat
agung
tq info ya
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
wajib nihhhh