Tentang Gunung Tolangi Balease yang Punya Trek Sulit dan Minim Sumber Air

Ada yang pernah mendaki ke gunung di tanah Sulawesi? Kalau belum, rasanya salah satu gunung di sana harus dijajal bro. Nama gunung itu Tolangi Balease.

Tentang Gunung Tolangi Balease yang Punya Trek Sulit dan Minim Sumber Air

Harus ekstra stamina bro kalau memulai petualangan ke sana. Gunung Tolangi Balease ini terletak di Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Gunung yang masih serangkaian dalam Pegunungan Karoue terkenal dengan jalur pendakian yang berat dan menantang. Puncak Tolangi berketinggian 3.016 mdpl, dan Puncak Balease berketinggian 2.894 mdpl.

Waktu Tempuh Normal 9-10 Hari

Tentang Gunung Tolangi Balease yang Punya Trek Sulit dan Minim Sumber Air

Image source: pewe.id

Pendakian di Gunung Tolangi Balease akan dimulai di ketinggian sekitar 100 mdpl. Estimasi perjalanan pulang dan perginya bisa mencapai 10 hari. Makanya kekuatan fisik harus pirma banget, termasuk semua perbekalan.

Disebutkan pendakian Gunung Tolangi-Balease merupakan pendakian tersulit kedua setelah Pendakian Gunung Kabentonu. Gunung Kabentonu merupakan puncak setelah Puncak Balease.

Untuk sampai ke puncak Kabentonu masih perlu dibutuhkan 1-2 hari lagi dibanding Tolangi-Balease. Berarti estimasi naik turun Puncak Kabentonu dibutuhkan total 11-12 hari. Jalur pendakiannya dimulai dari Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone.

Treking Melihat Tanda di Pohon

Tentang Gunung Tolangi Balease yang Punya Trek Sulit dan Minim Sumber Air

Image source: pewe.id

Treking sampai di puncak gunung Tolangi Balease mengandalkan 'stringline' atau tanda yang ada pada pohon. Hal itu karena saking sulitnya jalur pendakian, makanya tanda atau jejak di pohon sangat diperlukan.

Stringline sendiri biasanya sudah dibuat oleh pendaki-pendaki sebelumnya, sehingga pendaki yang baru menginjakkan kaki hanya tinggal mengikuti saja. Stringline biasanya dibuat dari pita atau tali yang diikat di pohon.

Kalau nggak memanfaatkan tanda itu pendaki bisa salah jalur. Fatal akibatnya, bisa tersesat. Makanya kerja sama tim sangat diperlukan antar anggota kelompok pendakian.

Minim Sumber Air

Medan berat di Gunung ini bukan cuma dari segi rute perjalanannya saja. Melainkan juga soal ketersediaan sumber air. Sumber air di Gunung Tolangi Balease hanya ada d beberapa spot saja. Sementara pendakian bisa memakan satu pekan lebih. Makanya perlu strategi juga dalam mencapai puncak gunung ini

Para pendaki-pendaki biasanya menerapkan cara-cara survival. Biasanya, pendaki yang sudah lebih dulu hiking bakal meninggalkan potongan botol plastik berbentuk gelas yang ditaruh sebagai penadah air hujan. Gelas itu akan ditinggal dan disiapkan untuk pendaki yang akan datang selanjutnya. 

Karakteristik gunung ini yakni hutan lumut, punggungan, penyeberangan sungai, pacet, trek panjang, dan relatif jarang didaki. Pendaki yang melewati jalur treking mudah banget ditempeli pacet karena karakternya yang lembab. 

Makanya ekspedisi ke Gunung Tolangi Balease harus dipersiapkan matang banget. Misalnya outfit juga sebisa mungkin yang menutupi tubuh rapat. Bisa mengandalkan Gaiters untuk mencegah kerikil sampai lintah masuk ke dalam sepatu atau menempel di permukaan kulit. 

 

Source: https://pendaki.id/sulawesi-selatan/gunung-tolangi-balease-3-016-mdpl/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Info bermanfaat buat pendaki gunung
agung
tq info ya
arief
keren infonya, makasih
Ldr_Lstyd
nice info gan
dephy
sungguh perjalanan yang sangat menantang
Heni Oen
wah info bermanfaat
Heni Oen
butuh persiapan detail
Heni Oen
yang prof bolehlah
Rdh
Nice info