Api Abadi Mrapen Padam, Ini 5 Lokasi Api Abadi Lain di Indonesia!

Nyala kobaran api abadi memang sangatlah menakjubkan. Fenomena alam ini diyakini terjadi karena suplai gas alam yang sangat berlimpah di sekitar lokasi api abadi tersebut. Setelah api abadi Mrapen padam total, dimana lagi destinasi wisata api abadi lain di Indonesia? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Api Abadi Mrapen Padam, Ini 5 Lokasi Api Abadi Lain di Indonesia!

Api Abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, padam total sejak Jumat (25/9/2020).  Hilangnya suplai gas alam diduga menjadi salah satu penyebab dari padamnya api ini, bro.

Sebelumnya, api Mrapen memang terlihat semakin meredup dan sempat padam, meskipun pada akhirnya muncul kembali setelahnya. Api alam Mrapen ini sendiri biasa digunakan untuk berbagai acara penting, mulai dari melambangkan api Dharma dalam perayaan Tri Suci Waisak sampai menjadi sumber api untuk menyalakan obor Pekan Olahraga Nasional (PON) dan salah satu sumber api untuk Asian games 2018, bro.

Beberapa masyarakat meyakini bahwa api abadi Mrapen yang terus menyala dari dalam tanah itu merupakan peninggalan dari Sunan Kalijaga, salah seorang dari Wali Songo, penyebar agama Islam di Indonesia. Sunan Kalijaga diyakini tiba di kawasan Mrapen pada tahun 1447 dalam perjalanannya membawa tiang utama pembangunan Masjid Demak.

Api abadi Mrapen dipercaya sebagai api yang dipakai Empu Supo, seorang pembuat keris ternama di Keraton Demak Bintoro, untuk membakar logam yang akan ditempanya. Disebut api abadi karena api yang ditemukan tahun 1447 oleh Sunan Kalijaga itu tak pernah padam, bro. Setelah api abadi Mrapen padam total, berikut ini beberapa destinasi wisata api abadi lain di Indonesia yang bisa lo kunjungi!

1. Api Abadi Kayangan Api

Api Abadi Mrapen Padam, Ini 5 Lokasi Api Abadi Lain di Indonesia!

Image source: id.wikipedia.org

Api Abadi Kayangan Api terletak di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.  Acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XV Jawa Timur yang diselenggarakan pada tahun 2000 juga menggunakan obor yang berasal dari api abadi yang satu ini lho, bro.

Seperti kebanyakan api alam lainnya, api abadi Kayangan Api ini juga disebabkan oleh gas alam yang keluar dari tanah. Konon, api abadi ini sudah ada sejak masa kekuasaan Kerajaan Majapahit, bro.

2. Api Abadi Bekucuk

Api Abadi Mrapen Padam, Ini 5 Lokasi Api Abadi Lain di Indonesia!

Image source: ksmtour.com

Api abadi Bekucuk ditemukan pada tahun 1993 di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Mojokerto, Jawa Timur. Api ini disebut pertama kali muncul di atas permukaan kolam yang bersumber dari tanah, bro.

Menurut legenda, api abadi ini juga sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Pada masa Kerajaan Majapahit, api abadi ini diyakini digunakan untuk membuat senjata, senjata tradisional keris salah satunya, bro.

3. Api Tak Kunjung Padam

Api Abadi Mrapen Padam, Ini 5 Lokasi Api Abadi Lain di Indonesia!

Image source: VIVIN AGUSTIN HARTONO/RadarMadura.id

Lokasi Api Tak Kunjung Padam berada di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Yup, namanya memang sangat unik, sesuai dengan keadaan fenomena alam yang terjadi di tempat tersebut, bro.

Uniknya lagi, api alam ini disebut akan padam saat hujan, tetapi kembali menyala dengan sendirinya setelah hujan berhenti. Konon, jika ada orang yang menggali tanah di area api abadi ini, maka semburan api bisa akan semakin besar, bro.

4. Api Abadi Sungai Siring

Salah satu destinasi wisata api abadi di Indonesia ini terletak di Dusun Bambu Kuning, Samarinda, Kalimantan Timur. Api abadi Sungai Siring ini juga pernah digunakan sebagai sumber api untuk obor Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII pada 2008, lho. Fenomena alam ini tentu saja turut menjadi salah satu wisata andalan di Samarinda, bro.

5. Api Biru Abadi Kawah Ijen

Bukan sekedar api abadi biasa, salah satu api abadi di indonesia yang satu ini juga memiliki warna biru yang sangat eksotik lho, bro. Pasti lo juga sudah nggak asing dengan api abadi yang menakjubkan ini. Yup, api biru abadi Kawah Ijen memang menjadi salah satu objek wisata api abadi yang sangat terkenal di Indonesia dan seluruh dunia. Pasalnya, fenomena alam api biru abadi ini cuma ada di Indonesia dan Islandia saja, bro.

Nah, api biru abadi di Indonesia ini berada di kawasan Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur.  Api biru ini baru bisa dilihat saat matahari terbenam hingga terbit. Jadi, para wisatawan yang datang tidak bisa melihatnya saat siang hari. Waktu terbaik untuk melihat fenomena api biru di Kawah Ijen adalah sekitar pukul 2 hingga 5 pagi waktu setempat, bro. Selamat berpetualang!

 

Referensi : https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/04/183000965/api-abadi-mrapen-padam-total-ini-5-lokasi-api-abadi-lain-di-indonesia?page=all
Trending Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Helmi salim wachdin
Super keajaiban alam
Heni Oen
infomasi bermanfaa5
Agus Sungkawa
Ternyata banyak juga lokasi api abadi di Indonesia
agung
tq info ya
Heni Oen
banyak hal unik di Indonesia
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
untung mah ada yg lain
Cecep Jajang
Keajaiban yang nyata nih
samsul hadi
Kuy klo ke madura mampir....????