5 Trik Freestyle BMX yang Harus Dikuasai Pemula

BMX freestyle menjadi salah satu olahraga menantang yang banyak digemari anak muda. Dengan mempertontonkan atraksi yang membuat penontonnya terpukau, trik yang dilakukan tentu nggak mudah. Simak beberapa trik freestyle BMX yang harus dikuasai para pemula!

5 Trik Freestyle BMX yang Harus Dikuasai Pemula

Buat para adrenaline junkie, olahraga sepeda BMX freestyle bisa menjadi pilihan yang tepat, bro. Dalam olahraga yang banyak digandrungi anak muda ini, terdapat beberapa trik yang bisa dilakukan. Trik-trik inilah yang membuat olahraga BMX freestyle termasuk ke dalam olahraga ekstrem.

Namun nggak perlu khawatir, jika dipelajari dengan tekun dan bertahap, bukan nggak mungkin lo bisa melakukan beberapa trik dasar yang harus dikuasai oleh para pemula. Trik seperti apa aja yang harus dikuasai? Berikut ini penjelasannya.

1. Wheelie

5 Trik Freestyle BMX yang Harus Dikuasai Pemula

Image source: unsplash.com/@fewr

Wheelie merupakan trik BMX paling dasar yang harus dikuasai sebelum mempelajari trik-trik lain. Tujuan utama trik BMX wheelie ini adalah untuk menyeimbangkan tubuh dengan cara mengangkat bagian depan sepeda saat sedang melaju.

Jadi, sepeda tetap bergerak dengan bertumpu pada roda belakang aja. Caranya adalah dengan mengangkat stang sepeda sembari pedal terus dikayuh sampai bagian roda depan terangkat. Tantangannya adalah bagaimana cara menyeimbangkan sepeda tersebut.

2. Endo atau Curb Endo

5 Trik Freestyle BMX yang Harus Dikuasai Pemula

Image source: unsplash.com/@rinked

Trik BMX selanjutnya yang harus dipelajari adalah curb endo. Kebalikan dari wheelie yang mengangkat bagian depan sepeda sambil berjalan, trik curb endo adalah mengangkat bagian belakang sepeda sambil berhenti.

Caranya, lajukan sepeda dengan kecepatan yang lambat menuju ke bahu jalan/pinggir trotoar. Ketika ban depan sudah menyentuh trotoar, tumpukan berat badan dan beban sepeda ke depan dengan memberikan gaya/tekanan pada stang.

Roda belakang akan bergerak naik ke arah badan. Lalu menuntut cara lo menyeimbangkan sepeda. Kalau sudah mahir, bisa melakukan trik BMX ini tanpa harus menyentuhkan roda depan ke bahu jalan/pinggir trotoar dahulu.

3. Manual dan Nose Manual

5 Trik Freestyle BMX yang Harus Dikuasai Pemula

Image source: clarkcountytalk.com

Trik BMX manual sama tujuannya dengan dua trik sebelumnya, yaitu menjaga keseimbangan. Caranya adalah dengan mengangkat sedikit roda sepeda lalu letakkan satu kaki di peg/step, sementara satu kaki lagi tetap berada di pedal.

Sepeda nggak dikayuh, tetapi dibiarkan berjalan sendiri akibat dari tekanan yang dipusatkan pada peg/step.

Tapi beberapa pemain freestyle BMX melakukan trik manual ini dengan tetap membiarkan kedua kakinya di atas pedal.

Perbedaan manual dan nose manual adalah dari roda yang diangkat. Bila manual mengangkat roda depan lalu memindahkan satu kaki ke peg/step belakang, nose manual adalah kebalikannya; mengangkat roda belakang dengan meletakkan salah satu kaki di peg depan.

4. 180 Barspin atau Stangspin

5 Trik Freestyle BMX yang Harus Dikuasai Pemula

Image source: unsplash.com/@erik_brolin

Trik 180 barspin cukup sulit untuk dipelajari, disarankan ketika latihan harus menggunakan pelindung untuk mencegah lecet-lecet bila terjatuh.

Caranya, kayuh sepeda sampai melaju pelan, tapi jangan terlalu pelan. Lalu angkat roda depan sepeda jangan terlalu tinggi, sekitar 15 cm atau satu jengkal dari jalan.

Hal selanjutnya adalah memutar bars/stang sepeda yang sudah terpasang rotor dengan kemampuan putar 360 derajat tanpa melibatkan kabel rem.

5. Pogo

Trik pogo adalah trik yang membuat sepeda terlihat seperti pogo stick. Caranya cukup mudah, tetapi sebaiknya tetap menggunakan perlengkapan keamanan untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan.

Trik ini bisa dilakukan saat sedang berhenti atau keadaan melaju. Untuk pemula, disarankan dalam keadaan berhenti agar terbiasa terlebih dahulu.

Pasang dua peg/step di bagian belakang sepeda. Lalu angkat bagian depan sambil sepeda berdiri. Simpan kedua kaki di peg/step belakang tadi lalu lakukan lompat-lompat kecil. Mirip dengan aksi pogo stick jumping.

Nah, itulah beberapa trik dasar freestyle BMX yang harus dikuasai para pemula. Supaya makin aman dan nyaman, jangan lupa gunakan perlengkapan keamanan ya, bro.

 

Source: https://satriabajahitam.com/trik-bmx/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Helmi salim wachdin
Super freestyle
Ldr_Lstyd
siap bang jago
Bahar
Nice info