Kayak Gini Cara Milih Jas Hujan yang Tepat Buat Gowes, Bro!

Bersepeda di tengah guyuran hujan memang menawarkan sensasi yang sangat berbeda. Meski begitu, pasti lo bakal tetap membutuhkan jas hujan untuk melindungi tubuh dan barang bawaan lo agar tetap kering. Mau tahu, tips memilih jas hujan yang tepat buat gowes? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Kayak Gini Cara Milih Jas Hujan yang Tepat Buat Gowes, Bro!

Hampir sama seperti olahraga lari, bersepeda juga dianggap sebagai olahraga yang mudah dan menyenangkan. Bahkan, di tengah guyuran hujan sekalipun. Yup, situasi cuaca memang sangat sulit untuk ditebak, bro

Wajar saja, jika hujan bisa tiba-tiba turun ketika lo sedang asyik bersepeda. Oleh karena itu, persiapkanlah diri dan perlengkapan bersepeda lo agar bisa tetap melaju dengan aman di tengah guyuran hujan, mempersiapkan jas hujan salah satunya. Biar nggak salah pilih, simak tips memilih jas hujan yang tepat buat gowes berikut ini, bro!

Periksa Fungsi Utamanya

Kayak Gini Cara Milih Jas Hujan yang Tepat Buat Gowes, Bro!

Image source: graj.com.np

Sebelum membeli jas hujan sepeda, perhatikan dulu fungsi utama yang harus ada pada jas hujan tersebut, bro. Periksa jas hujan yang ingin lo pilih, apakah nyaman saat dipakai atau sebaliknya? Jangan sampai, jas hujan pilihan lo terlalu kecil atau kurang nyaman saat digunakan bersepeda, bro.

Selain itu, pastikan juga jas hujan yang akan lo pilih tahan terhadap guyuran air atau waterproof. Memang sih, semua produk jas hujan pasti memiliki fitur waterproof. Namun ingat, ketahanan dan daya kelembaban setiap jas hujan bisa saja berbeda-beda, bro.

Sesuaikan Bahan Jas Hujan dengan Kebutuhan

Kayak Gini Cara Milih Jas Hujan yang Tepat Buat Gowes, Bro!

Image source: q36-5.com

Ada banyak macam bahan yang digunakan untuk membuat jas hujan, bro. Kalau lo mengutamakan fitur waterproof, maka bahan vinyl merupakan bahan yang paling pas. Tapi, kalau lo suka gowes menggunakan sepeda road bike yang lebih memprioritaskan mobilitas gerak, maka lo bisa memilih bahan nilon atau poliester, bro.

Bahan vinyl bisa dibilang memang sangat ampuh untuk menghalau derasnya air hujan. Akan tetapi, beban badan lo pasti bakal terasa sedikit berat saat menggunakannya, bro.

Di sisi lain, bahan nilon dan poliester memang lebih ringan. Namun sayangnya, ketahanan air pada kedua bahan ini kurang baik jika dibandingkan dengan bahan vinyl, bro.

Pilih Jas Hujan Setelan Agar Aman Saat Gowes

Kayak Gini Cara Milih Jas Hujan yang Tepat Buat Gowes, Bro!

Image source: lazada.com.my

Kalau lo hobi gowes tiap hari, maka pilihlah jas hujan model setelan yang bagian atas dan bawahnya terpisah. Tujuannya, tentu saja agar tubuh lo lebih leluasa bergerak, bro.

Selain itu, hindarilah penggunaan jas hujan ponco saat bersepeda. Sebab, model jas hujan jenis ini bahannya sangat rawan tersangkut pada rantai atau jari-jari belakang sepeda. Jadi, jangan ambil risiko ya, bro!

Pilih Jas Hujan yang Memiliki Kantong Waterproof

Sebaiknya, pilihlah jas hujan yang juga menyediakan kantong sebagai tempat penyimpanan, bro. Tujuannya, tentu saja untuk menyimpan benda-benda kecil seperti dompet atau smarthpone biar nggak kebahasan saat gowes di tengah guyuran hujan.

Pastikan juga kantong tersebut cukup dalam dan aman untuk menaruh barang, agar barang-barang di kantong tersebut aman dan tidak mudah jatuh di jalan saat lo sedang mengayuh sepeda, bro.

Nah, itulah beberapa tips memilih jas hujan yang tepat buat gowes. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat gowes sepeda ya, bro. Selamat berpetualang!

 

Referensi : https://www.idntimes.com/automotive/car/faiz-iqbal-maulid/4-tips-memilih-jas-hujan-buat-goweser-gak-sekedar-waterproof/4
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Helmi salim wachdin
Super style and fleksible
Bahar
Nice info
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Rekomendasi banget