Kolong Biru, Danau Menakjubkan di Pulau Bangka

Mau lihat hamparan birunya air tanpa deburan ombak? Berarti, lo harus berkunjung ke Kolong Biru, danau biru yang menakjubkan di Pulau Bangka, bro. Tapi tahu nggak sih, danau biru yang satu ini ternyata dulunya bekas galian tambang, lho. Berikut ulasan selengkapnya!

Kolong Biru, Danau Menakjubkan di Pulau Bangka

Sejak dulu, Pulau Bangka memang sudah terkenal akan kekayaan alam timahnya yang berlimpah. Namun saat ini, pulau yang terletak di sebelah timur Sumatra ini telah berubah menjadi pulau tujuan wisata yang menyimpan banyak sekali destinasi menakjubkan dan sayang sekali untuk dilewatkan, kolong biru salah satunya.

Dilansir laman detik travel, Kolong merupakan bahasa Bangka yang berarti kolam atau danau bekas galian timah. Kolong Biru terletak di perbatasan antara Bangka Tengah dan Bangka Selatan, tepatnya di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan dan Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

Meskipun bekas galian tambang, danau biru di Pulau Bangka ini justru terlihat sangat unik dan menakjubkan lho, bro. Bahkan saking cantiknya, Kolong Biru pernah masuk ke dalam daftar nominasi Destinasi Unik Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia 2019.

Daripada makin penasaran, langsung saja simak beberapa informasi menarik terkait Kolong Biru, danau biru yang menakjubkan di Pulau Bangka berikut ini!

Awal Mula Kolong Biru Terbentuk

Kolong Biru, Danau Menakjubkan di Pulau Bangka

Image source: thehoneycombers.com

Pada awalnya, kawasan ini merupakan areal pertambangan bijih timah salah satu perusahaan swasta. Sekitar tahun 2012, tambang ini berhenti beroperasi dan lahan bekas galian tambang itu pun kemudian perlahan digenangi oleh air hujan, bro.

Seiring berjalannya waktu, air yang tergenang ini berubah warna menjadi biru karena terkontaminasi oleh kandungan timah yang masih tersisa di kawasan tersebut. Sehingga, jadilah danau biru yang mempesona seperti sekarang ini, bro.

Hamparan Tanah Putih dan Danau Biru yang Menakjubkan

Kolong Biru, Danau Menakjubkan di Pulau Bangka

Image source: backpackerjakarta.com

Ketika pertama kali menginjakan kaki di tempat ini, lo pasti bakal langsung disuguhi pemandangan danau yang cukup luas dengan air yang berwarna biru bersih. Hamparan tanah putih yang mengitari danau ini pun terlihat sangat kontras dengan air yang berwarna biru dan membuat pemandangan semakin terlihat mempesona, bro.

Nggak jauh dari danau biru ini, lo bisa menemukan danau dengan ukuran yang lebih kecil namun memiliki air yang berwarna hijau tosca. Keduanya terletak berdampingan, namun memiliki warna air yang berbeda dan terlihat sangat kontras.

Meskipun memiliki air dengan warna yang cantik dan menggoda, para pengunjung dilarang berenang di Kolong Biru. Sebab, kedua danau ini memiliki kedalaman sampai 20 meter. Selain itu, adanya kandungan timah juga membuat air di Kolong Biru sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Jadi, jangan coba-coba ya, bro!

Fasilitas Wisata di Kolong Biru

Semakin tersohornya destinasi wisata Kolong Biru, otomatis membuat destinasi yang satu ini mulai dikelola dengan baik dan banyak berbenah. Pihak pengelola pun sudah menyiapkan lahan parkir yang cukup luas untuk para pengunjung tempat ini.

Fasilitas berupa toilet dan toko cindera mata pun sudah bisa lo temukan di Kolong Biru, bro. Untuk mengganjal perut, di sana juga sudah terdapat pujasera yang menjual aneka makanan ringan dan minuman, seperti halnya mie instan, gorengan, es kelapa muda, es teh atau pun kopi.

Akses Menuju Kolong Biru

Destinasi wisata yang menakjubkan ini berada di perbatasan antara Bangka Tengah dan Bangka Selatan, atau lebih tepatnya berada di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan dan Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

Kalau dari Kota Pangkal Pinang, lo masih harus menempuh perjalanan sejauh 60 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk bisa sampai di Kulong Biru, bro. Tapi, kalau lo datang dari Bandara Depati Amir, lo hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 15 km untuk bisa sampai di Kolong Biru.

Akses jalan menuju ke Kulong Biru pun cukup memadai, akan tetapi disarankan agar jangan menggunakan mobil yang pendek seperti sedan atau mobil lain yang sejenisnya. Selamat berpetualang, bro!

 

Referensi : https://wisato.id/wisata-alam/kulong-biru-danau-biru-yang-mempesona-di-pulau-bangka/
https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3246007/kolong-biru-bekas-galian-timah-di-bangka-yang-jadi-destinasi-wisata-keren
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
dephy
sungguh menarik dimata
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
indahnyaaaaaaaa
Agus Sungkawa
Amazing pemandangan nya
Bahar
Mantapppp
Agung Sutrisno
Keindahan danau dibalik dari bekas galian tambang
Ldr_Lstyd
bagus yaa
Heni Oen
awasome. cantik bener
Rdh
Kereeeeen
Yuniarto ( Tato )
Yoi broii