Pencinta Alam Wajib Tahu Cara Milih Pakaian Ramah Lingkungan

Buat para pencinta alam, menggunakan perlengkapan yang ramah lingkungan tentu menjadi nilai positif yang dilakukan terhadap alam. Namun, sudah pada tau belum bagaimana cara memilih pakaian yang ramah lingkungan? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Pencinta Alam Wajib Tahu Cara Milih Pakaian Ramah Lingkungan

Sustainable fashion atau mode berkelanjutan juga dikenal sebagai eco-friendly fashion, memperhatikan aspek-aspek lingkungan, etika dan sosial untuk memastikan bahwa produksi dan penjualan produk-produk mode memiliki dampak seminimal mungkin pada lingkungan.

Merek-merek busana outdoor pun ikut memberi perhatian khusus pada mode berkelanjutan ini, khususnya karena banyak dari pengguna merek-merek tersebut memang mencintai alam. Lalu bagaimana cara memilih pakaian yang ramah lingkungan?

Berikut ini beberapa tips tentang cara memeriksa bagaimana pakaian terbuat dari bahan yang ramah lingkungan.

Katun Organik

Pencinta Alam Wajib Tahu Cara Milih Pakaian Ramah Lingkungan

Image source: unsplash.com/@barncreative

Nggak seperti katun konvensional yang tumbuh menggunakan bahan kimia yang mengotori udara, air dan tanah, katun organik ditanam menggunakan metode yang minim dampak negatifnya pada lingkungan.

Proses menanam katun organik ini juga menjaga fertilitas tanah, mengurangi penggunaan pupuk beracun, dan memastikan biodiversitas biologis pertanian.

Oleh karena itu, pakaian dan aksesoris yang terbuat dari katun organik jauh lebih ramah lingkungan karena memakai bahan baku berkelanjutan.

Bahan Kulit Bersertifikasi

Pencinta Alam Wajib Tahu Cara Milih Pakaian Ramah Lingkungan

Image source: unsplash.com/@amandahodgecreative

Produk-produk yang menggunakan bahan kulit memang memiliki daya tarik tersendiri, baik dari segi estetika dan juga daya tahan. Akan tetapi, bahan kulit juga harus ramah lingkungan.

Leather Working Group (LWG) adalah asosiasi yang terdiri dari merek, perusahaan manufaktur, dan penyamakan kulit yang membuat produk-produk kulit ramah lingkungan. Merek-merek yang sadar lingkungan akan selalu mengambil bahan baku dari penyamakan kulit bersertifikat dari LWG.

Bebas PVC

PVC atau polyvinyl chloride, adalah salah satu polimer plastik yang paling umum digunakan. Karena sifatnya yang tahan air, PVC umum digunakan oleh industry mode untuk membuat sepatu, jaket, dan tas.

Namun, proses produksi PVC melepaskan kimia berbahaya ke udara, air, dan tanah. Mengingat hal ini, akan lebih baik untuk membeli sepatu, pakaian dan aksesoris yang mempunyai sifat seperti PVC namun terbebas dari polimer plastik ini.

Bebas PFC

PFC atau perfluorocarbons, adalah senyawa yang sering ditemukan di durable water repellent (DWR), yaitu lapisan atas pada perlengkapan outdoor, mulai dari jaket hingga tenda yang tahan air dan bisa melindungi pemakai dari basah.

Seperti PVC, proses pembuatan PFC melepaskan kimia ke udara, air, dan tanah, dengan demikian mengancam kesehatan manusia dan lingkungan. Teknologi masa kini telah memungkinkan DWR diproduksi bebas dari PFC. Maka dari itu, menggunakan perlengkapan bebas PFC sangat disarankan.

Nah, itulah beberapa cara memilih pakaian yang ramah lingkungan bagi para pencinta alam. Dengan menggunakan perlengkapan yang ramah lingkungan, tentu dampaknya juga baik bagi lingkungan hidup ya, bro.

 

Source: https://traveletc.id/5-tips-memilih-busana-ramah-lingkungan-buat-pecinta-alam/
Tips Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Jadilah peramah lingkungan demi masa depan. Pilih bahan yg ramah lingkungan
Heni Oen
tips yang bermanfaat
Helmi salim wachdin
Super nyaman
Yuniarto ( Tato )
Wow iya banget nih
Ldr_Lstyd
nice info
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Kenyamanan yang utama