5 Tips Mencuci Alat Masak dan Makan yang Benar Saat Naik Gunung

Dalam pendakian gunung yang melewati berbagai medan, para pendaki tentu butuh asupan gizi yang cukup supaya kembali memiliki tenaga untuk melanjutkan perjalanan. Biasanya pendaki akan beristirahat sambil memasak makanan lezat. Namun setelah peralatan masak digunakan, bagaimana cara mencuci dengan air secukupnya ya? Simak tips selengkapnya!

5 Tips Mencuci Alat Masak dan Makan yang Benar Saat Naik Gunung

Melakukan pendakian ke gunung, tentu para pendaki membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang banyak untuk keperluan perjalanan panjang yang membutuhkan tenaga lebih. Oleh karena itu, membawa logistik menjadi hal penting ketika melakukan pendakian.

Selain itu, peralatan penunjang seperti alat masak dan makan pun harus dipersiapkan. Lantas, setelah digunakan untuk masak dan makan di gunung, bagaimana cara membersihkan alat-alat tersebut agar bisa digunakan kembali keesokkan harinya? Nah, berikut ini beberapa tips untuk mencuci alat masak dan makan yang sudah digunakan saat pendakian.

1. Bersihkan Kerak-kerak

5 Tips Mencuci Alat Masak dan Makan yang Benar Saat Naik Gunung

Image source: hometalk.com

Langkah pertama sebelum mencuci peralatan masak dan makan adalah membersihkan terlebih dahulu kerak-kerak yang tersisa dengan menggunakan air serta sendok atau pisau.

2. Gunakan Spons

5 Tips Mencuci Alat Masak dan Makan yang Benar Saat Naik Gunung

Image source: lazada.co.id

Nah, setelah membersihkan kerak yang tersisa di peralatan masak dan makan, lo bisa menggunakan spons cuci piring yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pendakian.

Atau kalau lupa dan nggak bawa spons, lo bisa menggunakan tisu kering yang dibasahi dengan air untuk membersihkan alat masak dan makan.

3. Taruh Air di Wadah

5 Tips Mencuci Alat Masak dan Makan yang Benar Saat Naik Gunung

Image source: prudentreviews.com

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah tuangkan air di wadah yang telah disiapkan. Hal ini untuk mempermudah dalam melakukan pencucian peralatan masak dan makan.

Perlu juga diingat, jangan melakukan pencucian alat-alat tersebut di sumber air karena bisa mencemari lokasi sumber air tersebut. Sebaiknya cari lokasi yang agak berjauhan dengan sumber air, bro.

4. Jangan Gunakan Deterjen atau Sabun

5 Tips Mencuci Alat Masak dan Makan yang Benar Saat Naik Gunung

Image source: tasteofhome.com

Walaupun namanya mencuci alat masak dan makan, jangan disamakan seperti mencuci piring di rumah ya, bro. Perlu diingat bagi para pendaki, mencuci alat masak dan makan menggunakan deterjen atau sabun saat pendakian bisa membuat lingkungan di gunung tercemar.

Oleh karena itu, pastikan lo mencuci peralatan masak dan makan hanya menggunakan air aja ya, bro.

5. Bawa Kembali Sampah Sisa Makanan

Masalah sampah di gunung sepertinya sudah nggak bisa disepelekan oleh para pendaki ya, bro. Oleh karena itu, semua sampah yang dihasilkan selama pendakian harus dikumpulkan ke dalam trash bag dan sampah-sampah tersebut wajib dibawa kembali saat turun. Jangan sampai meninggalkan satupun sampah di gunung.

Sebagai catatan, alat masak dan makan yang digunakan selama di gunung nggak perlu dibersihkan secara bersih dan detail. Jika ingin lebih bersih, bisa mencucinya selepas melakukan pendakian, baik itu di basecamp atau saat pulang ke rumah.

Nah, itulah beberapa tips mencuci alat masak dan makan yang benar saat melakukan pendakian ke gunung. Jangan lupa untuk membawa kembali sampah yang dihasilkan selama pendakian dan jangan mencemari lingkungan ya, bro.

 

Source: https://mounture.com/tips-dan-trik/ini-tips-cuci-alat-masak-dan-makan-di-gunung/
Tips Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Agar selalu awet untuk dipakai lagi
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
bener bgt