Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Kamera Traveling Lo Cepet Rusak!

Merawat kamera bisa dibilang memang sama pentingnya dengan mendapatkan foto yang bagus. Ketika lo memahami cara perawatan kamera, otomatis lo juga bakal memperpanjang masa pakai perangkat kamera tersebut, bro. Selain merawatnya, lo juga tentunya harus menghindari beberapa kebiasaan buruk biar kamera lo nggak cepet rusak. Apa saja kebiasaan buruk tersebut? Berikut ulasan selengkapnya!

Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Kamera Traveling Lo Cepet Rusak!

Kamera merupakan salah satu barang yang wajib dibawa untuk mengabadikan berbagai macam momen saat traveling. Yup, kamera dan traveling memang menjadi dua hal yang nggak bisa dipisahkan, bro. Momen-momen langka saat traveling rasanya sayang sekali jika dilewatkan begitu saja tanpa dokumentasi dalam perangkat kamera yang apik.

Perangkat kamera memang perlu untuk dirawat agar selalu siap untuk digunakan kapan pun. Namun, penting juga untuk menghindari kebiasaan buruk yang biasanya kerap dilakukan dan menjadi salah satu penyebab kamera lebih cepat rusak. Oleh karena itu, hindari beberapa kebiasaan buruk ini biar kamera lo nggak cepet rusak, bro!

Membersihkan Lensa, Sensor, atau Cermin Kamera Sembarangan

Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Kamera Traveling Lo Cepet Rusak!

Image source: shutterstock.com/Golubovy

Para pencinta aktivitas luar ruangan, pasti pernah melakukan ini. Yup, meniup lensa, sensor, cermin kamera sekilas memang terbilang praktis untuk membersihkan kamera saat terkena debu. Tapi, hal ini sangat nggak disarankan, bro.

Kenapa sebaiknya jangan ditiup? Karena saat meniup, meskipun sedikit, air liur lo bakal ikut keluar bersama hembusan nafas. Nah, hal ini tentu saja sangat nggak baik untuk bagian-bagian sensitif kamera kita, bro.

Maka, solusinya yaitu gunakanlah blower kamera untuk menghilangkan debu-debu yang bersarang pada bagian sensitif kamera. Mudah kan, bro?

Menggunakan Kain Berserat Kasar 

Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Kamera Traveling Lo Cepet Rusak!

Image source: howtocleanthings.com

Masih berkaitan dengan debu nih, bro. Kalau kamera kotor, sebaiknya jangan gunakan sembarang kain untuk membersihkannya. Gunakanlah kain yang lembut dan halus untuk membersihkan kamera kesayangan lo, bro.

Lebih bagus lagi, gunakanlah kain lembut khusus kamera yang banyak terdapat di toko kamera. Kain ini sekilas mirip dengan kain untuk lensa kacamata. Selain halus dan lembut, ukuran kain ini terbilang kecil, sehingga bakal memudahkan lo dalam membersihkan kamera hingga ke bagian celah-celah terkecil kamera lo, bro.

Membiarkan Baterai Kamera Terisi Penuh Saat Mengisi Daya

Kebiasaan mengisi baterai hingga dayanya penuh dan terus dibiarkan lama, tentu saja akan membuat baterai kamera lo lebih cepat rusak, bro. Seringkali, beberapa orang biasa mengisi ulang daya baterai menjelang tidur di malam hari, dan dicabut pada pagi harinya.

Mulai sekarang, hilangkanlah kebiasaan buruk ini biar kamera lo nggak cepet rusak dan bisa digunakan dalam waktu yang terbilang lama saat lo berpetualang di luar ruangan, bro!

Menyimpan Kamera di Sembarang Tempat

Setiap kamera pastinya butuh perawatan yang baik dan harus dijaga. Tapi kalau lo menyimpan kamera di sembarang tempat yang membuatnya sering terbentur, tergores, dan lecet, dijamin kamera kesayangan lo itu nggak bakal berumur panjang, bro.

Sejauh apapun kaki lo melangkan, seberapapun tenaga lo tersisa sempatkanlah untuk menyimpan kamera kesayangan lo di tempat kering dan terlindungi. Usahakanlah, agar jangan asal taruh di tempat lembab dan rawan terkena air. Lebih baik, simpan kamera di tas khusus kamera. Sebab, biasanya tas kamera memiliki penyekat, peredam benturan, dan juga tahan air, bro.

Jika, kamera baru saja habis digunakan dan masih terasa hangat atau panas karena intensitas penggunaan yang tinggi, maka lebih baik jangan langsung dimasukan dalam tas. Tunggu sejenak sampai suhu kamera normal terlebih dahulu baru masukan ke dalam tas khusus kamera, bro.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk biar kamera kesayangan lo nggak cepet rusak. Kebiasaan nomer berapa yang paling sering lo lakukan, bro?

 

Referensi : https://phinemo.com/penyebab-kamera-cepat-rusak/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Terimakasih informasinya
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
cukup membantu tips nya
Heni Oen
thanks infonya
Rdh
Nice info