Awas Salah Langkah, Begini Cara Menyeberang Sungai Saat Naik Gunung

Mendaki gunung itu bukan cuma kelihatan asyik ketika sudah sampai di puncak aja bro. Foto berbagai pose terus diunggah di media sosial.

Awas Salah Langkah, Begini Cara Menyeberang Sungai Saat Naik Gunung

Kenikmatan di puncak gunung itu tentu melewati perjalanan panjang yang pastinya rumit. Drama selama pendakian juga jadi bumbu sukses ke puncak

Jalur pendakian sudah pasti beragam. Ada yang berbukit kering, tapi juga ada yang berhadapan dengan track sungai yang deras. Salah satu contohnya ada di Gunung Binaiya di Pulau Seram, Maluku.

Tentu sebelum mendaki sudah melakukan riset track hiking lebih dulu. Dan, kalau memang ketahuan ada rute sungai yang harus dilewati pastinya perlengkapan pendakian bisa ditambah.

Menyeberangi sungai saat mendaki nggak gampang lho. Ada tips-tips khusus karena alirannya terbilang deras. Simak terus ke bawah ya.

Menyeberang dengan Alat

Awas Salah Langkah, Begini Cara Menyeberang Sungai Saat Naik Gunung

Image source: shutterstock.com/Ondra Vacek

Supaya menyeberangi sungainya mulus, maka peralatan yang disiapkan harus berdasarkan debit air, lebar, dan kedalaman sungai. Tiga alat yang penting antara lain pelampung, tali, dan trekking pole.

Yang perlu juga dicek itu orientasi medan sungai yang bakal diseberangi. Misal kedalaman sungainya. Jadi harus benar-benar dicek tuh, diukur manual juga bisa menggunakan trekking pole atau ranting yang panjang.

Termasuk mengecek arus sungai. Lo bisa melempar dedaunan untuk cari tahu seberapa derasnya arus. Kalau sudah makin deras, pastinya makin bahaya buat dilewati.

Cek Kondisi Tubuh

Awas Salah Langkah, Begini Cara Menyeberang Sungai Saat Naik Gunung

Image source: shutterstock.com/Maksym Gorpenyuk

Apapun medannya, kondisi tubuh harus selalu fit dan prima. Ketika menghadapi sungai yang arusnya deras, maka anggota yang memiliki tubuh fit bisa menyeberang lebih dulu untuk memasang tali di seberang sungai.

Dan nggak lupa jua, skill berenang harus diandalkan. Rombongan yang bisa berenang bisa nyeberang lebih dulu buat masang tali dan jaga-jaga di seberang sungai.

Kalau ada anggota rombongan yang terbawa arus usahakan jangan panik. Biarkan mengikuti arus dengan merapatkan kaki. Hal ini untuk menghindari benturan pada kepala.

Kalau sudah mengikuti arus, coba tetap fokus untuk mencari pegangan di sekitar. Dengan langkah ini diusahakan bisa selamat tanpa cedera.

Jika Sungai Sulit Dijangkau Ala

Ini namanya petualangan bro. Jalan buntu harus tetap putar otak supaya bisa menyelesaikan perjalanan sampai di tujuan awal. Kalau seandainya lebar sungai sulit dijangkau, maka coba buat perahu sederhana dari alam. Maka tahap selanjutnya adalah membuat perahu dari bahan-bahan sekitar, seperti bambu, kayu, atau pelepah pisang.

Jika bahan sudah didapat maka disusun sedemikian rupa supaya bisa dinaiki untuk menyeberang. Ilmu tali temali harus diandalkan di sini ya bro, termasuk mencari jenis tali dari akar-akaran yang bisa dimanfaatkan.

 

Source: https://phinemo.com/cara-menyeberang-sungai-dengan-aman/
Tips Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Oh.. Ada aturannya juga ya saat melangkah
agung
tq info ya