Tips Hemat Upgrade Sepeda Biar Nggak Bikin Kantong Jebol

Mengganti komponen-komponen sepeda demi kebutuhan fungsi ataupun memperindah tampilan memang mampu menghadirkan sensasi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Mengganti komponen lama dengan komponen baru dengan kualitas yang lebih baik pasti bakal membuat lo menjadi ketagihan gowes, bro. Mau tahu, tips hemat upgrade sepeda biar nggak bikin kantong jebol? Berikut ulasan selengkapnya!

Tips Hemat Upgrade Sepeda Biar Nggak Bikin Kantong Jebol

Para pesepeda pasti memiliki alasan tersendiri mengapa ingin mengganti beberapa bagian komponen sepedanya. Mungkin saja karena ingin menaikan performa, membuat beratnya jadi lebih ringan, atau karena alasan penampilan biar terlihat lebih kece aja saat gowes.

Biasanya, memang hanya beberapa komponen saja yang diganti. Namun, hal tersebut tetap saja bakal menghabiskan biaya yang nggak sedikit kalau lo belum memahami tipsnya, bro. Biar nggak bikin kantong jebol, sebaiknya terapkan tips hemat upgrade sepeda berikut ini, bro!

Handlebar Karbon

Tips Hemat Upgrade Sepeda Biar Nggak Bikin Kantong Jebol

Image source: cyclingweekly.com

Handlebar berbahan karbon ternyata bisa meningkatkan kenyamanan sekaligus mengurangi kelelahan pada tangan saat bersepeda lho, bro. Yup, bahan karbon pada handlebar sepeda telah terbukti memiliki daya serap getaran yang lebih baik dibandingkan bahan alloy atau besi. Jadi, tangan lo bisa lebih nyaman dan nggak bakal mudah lelah saat gowes, bro.

Namun, handlebar berbahan karbon biasanya lebih mahal ketimbang yang berbahan aluminium. Oleh karena itu, kalau lo sedang nggak ada bujet lebih untuk membeli handlebar berbahan karbon, maka jangan berkecil hati, bro.

Pasalnya, lo masih bisa mengganti handlebar dengan yang berbahan alloy, namun dengan lebih memperhitungkan lebar dan tinggi handlebar sepeda. Cara ini biasanya bakal lebih murah dan bisa menaikan kenyamanan lo saat gowes, bro.

Bearing Ceramic

Tips Hemat Upgrade Sepeda Biar Nggak Bikin Kantong Jebol

Image source: youtube.com/LVC mtb

Untuk memutarkan roda sepeda biasanya terdapat bearing pada hub kedua roda sepeda tersebut. Jika gesekan semakin sedikit di antara bearing, maka roda sepeda otomatis bisa berputar lebih mudah dan mulus, bro. Nah, bearing ceramic ini bisa menciptakan gesekan sekecil mungkin di antara bearing, karena sifat ceramic memungkinkan terciptanya bearing yang lebih bulat dan halus.

Namun, keunggulan ceramic bearing ini tentu datang dengan harga yang nggak sedikit. Alternatif lain yang bisa lo pilih selain bearing ceramic yaitu bearing dari bahan stainless steel atau yang sejenisnya. Jadi, lo bisa sedikit lebih hemat, bro.

Pedal Karbon

Tips Hemat Upgrade Sepeda Biar Nggak Bikin Kantong Jebol

Sama seperti handlebar, pedal juga menjadi titik kontak lo dengan sepeda kesayangan lo saat gowes, bro. Untuk masalah bahan, kebanyakan pesepeda pasti memilih pedal berbahan dasar karbon. Sebab, pedal dengan bahan tersebut memang terkenal dengan bobotnya yang lebih ringan, bro.

Namun, beralih ke pedal karbon memang nggak terlalu signifikan mengurangi berat sepeda. Selain itu, harganya pun terbilang mahal untuk ukuran spare part sepeda. Memilih pedal mahal memang nggak masalah sih, tapi kalau bisa lebih hemat dengan kualitas serupa, kenapa nggak ya, bro?

Sebagai alternatif, lo bisa mencari pedal berbahan aluminium atau yang lebih kuat dengan harga yang relatif lebih murah. Biasanya, pedal selain bahan karbon juga bisa bertahan lebih lama dan cenderung nggak mudah retak ketika mengalami benturan. Lumayan kan, bro?

So, itulah beberapa tips hemat upgrade sepeda biar nggak bikin kantong jebol. Selamat mencoba, bro!

 

Referensi : https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/meiska-irena-pramudhita-1/upgrade-sepeda-gak-harus-mahal-simak-3-tips-berikut/3
Tips Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Helmi salim wachdin
Super irit
Heni Oen
disesuiakn dgn budget
Ldr_Lstyd
nince info
Yuniarto ( Tato )
nice Tips
Bahar
Nice info
Kristian Mustafa
nice info
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Tips bermanfaat hemat upgrade
Agung Sutrisno
Alternatif pengganti part sepeda dengan yg lebih murah