7 Perbedaan Pendaki Zaman Dulu dan Sekarang

Di zaman yang semakin modern ini, kegiatan mendaki gunung semakin berkembang dan diminati oleh banyak orang. Bahkan semua kalangan bisa melakukan pendakian. Namun, apa yang membedakan kegiatan pendakian zaman sekarang dan dulu? Simak ulasan selengkapnya!

7 Perbedaan Pendaki Zaman Dulu dan Sekarang

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di alam terbuka. Walaupun kegiatan ini dianggap cukup berisiko, namun peminatnya semakin banyak. Bahkan kegiatan mendaki gunung ini juga digemari oleh berbagai kalangan, baik tua atau muda, laki-laki maupun perempuan.

Kegiatan pendakian gunung pun kian hari semakin berkembang. Tentu aja kegiatan ini memiliki perbedaan antara zaman dulu dan sekarang. Perbedaan tersebut sebenarnya bisa dijadikan sebagai bahan perbandingan agar para pendaki tetap mengedepankan keselamatan dan kelestarian lingkungan.

Penasaran apa aja perbedaannya? Berikut ini perbedaan antara pendaki zaman dulu dan sekarang.

1. Jumlah

7 Perbedaan Pendaki Zaman Dulu dan Sekarang

Image source: pexels.com/@nans

Pendaki zaman dulu secara jumlah lebih sedikit dibandingkan dengan sekarang. Dulu bisa dibilang hanya orang-orang tertentu aja yang menyukai kegiatan ini, terutama mereka yang tergabung dalam organisasi pencinta alam, misalnya mahasiswa pencinta alam.

Sekarang, pendakian gunung nggak hanya digeluti oleh orang-orang yang tergabung dalam organisasi pencinta alam aja. Siapapun yang ingin mendaki gunung bisa dengan mudah melakukannya.

2. Skill dan Pengetahuan

7 Perbedaan Pendaki Zaman Dulu dan Sekarang

Image source: shutterstock.com/James Aloysius Mahan V

Karena pendaki zaman dulu kebanyakan dari organisasi pencinta alam, otomatis mereka sudah mendapatkan bekal ilmu dan pengetahuan. Mereka sudah diajarkan bagaimana membuat bivak, membuat api dan mencari makanan, serta navigasi di hutan.

Namun pendaki gunung zaman sekarang yang nggak bergabung dalam organisasi/komunitas pencinta alam sebagian ada yang nggak mempelajari teknik-teknik tersebut. Banyak yang naik gunung hanya dengan skill dan pengetahuan seadanya.

3. Peralatan

7 Perbedaan Pendaki Zaman Dulu dan Sekarang

Image source: pexels.com/@ajaybhargavguduru

Secara peralatan, pendakian zaman dulu tentu nggak selengkap sekarang. Selain itu, peralatan pendakian zaman dulu secara ukuran lebih banyak memakan tempat, kurang praktis, dan lebih berat.

Keadaan sekarang tentu berbeda. Pendaki zaman sekarang sudah bisa mendaki membawa alat yang lebih ringan dan praktis. Harga peralatan juga bersaing, bahkan pendaki juga bisa menyewa peralatan jika nggak mau membelinya.

4. Akses

7 Perbedaan Pendaki Zaman Dulu dan Sekarang

Image source: unsplash.com/@wanderingteddybear

Pendaki zaman dulu harus jalan kaki sampai ratusan meter untuk bisa sampai ke basecamp atau desa terakhir. Alasannya karena memang nggak ada transportasi yang bisa sampai ke sana. Jalan pun terkadang nggak bisa dilewati dengan kendaraan bermotor.

Sementara itu, pendaki zaman sekarang bisa bertualang ketika desa sudah semakin maju. Selain itu, akses transportasi juga semakin baik sehingga pendaki bisa tiba di basecamp pendakian dengan cepat dan mudah.

5. Dokumentasi

Pendakian zaman dulu masih relatif susah untuk didokumentasikan karena teknologi fotografi belum semaju sekarang. Untuk memotret, para pendaki zaman dulu harus membawa kamera analog yang menggunakan film. Biayanya mahal dan jepretan terbatas, hanya 36 kali. Belum lagi kalau dicetak hasilnya nggak sesuai harapan.

Di zaman sekarang, mendokumentasikan perjalanan pendakian semakin mudah dengan teknologi digital. Jumlah jepretan nggak terbatas, tergantung kapasitas memori. Hasilnya bisa dilihat langsung, dan tentu gambarnya lebih bagus.

6. Style

Dari segi gaya (style), pendaki zaman dulu yang didominasi oleh laki-laki, sebagian besar memiliki gaya rambut gondrong dan memakai baju kotak-kotak atau flanel gombrong, celana kargo, dan sepatu kulit khas tentara.

Pendaki zaman sekarang secara penampilan berbeda, rambut mereka lebih tertata rapi dan nggak semuanya gondrong. Baju yang dikenakan juga sesuai dengan ukuran tubuh. Semua yang dipakai pendaki zaman sekarang memang dibuat khusus untuk kegiatan pendakian.

7. Jenis Kelamin

Pendaki zaman dulu memang didominasi oleh laki-laki, meskipun ada juga sebagian kecil yang perempuan. Namun zaman sekarang, pendaki perempuan sudah sangat banyak. Bahkan banyak juga komunitas pendaki gunung yang semua anggotanya adalah perempuan.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara pendaki gunung zaman dulu dengan sekarang. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, semoga bisa menjadi pendaki gunung yang lebih baik dan bijak ya, bro.

 

Source: https://pendakiindonesia.com/perbedaan-pendaki-jaman-now-dan-dulu/
In Depth Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Yuniarto ( Tato )
pasti beda nih
Helmi salim wachdin
Super dinamis
Agus Sungkawa
Zaman dlu mah amazing banget para pandakinya
Heni Oen
pendaki sekarang lebib canggih
Agus Sungkawa
Nice Informasi