Melihat Atacama, Gurun Paling Kering dan Bebas Polusi

Hamparan pasir di kanan kiri jalan membentang begitu luas. Cuma ada satu jalur beraspal untuk mobil masuk lebih dekat ke lokasi paling kering di bumi ini. Saking keringnya, lokasi ini disebut-sebut sebagai replikanya planet Mars. Kayak gimana sih penampakannya?

Melihat Atacama, Gurun Paling Kering dan Bebas Polusi

Destinasi wisata yang lagi kita bahas ini namanya Gurun Atacama. Lokasinya di Benua Amerika yang tepatnya di Amerika Selatan. Luasnya 1.000 km persegi di pesisir barat Amerika Selatan dan masuk dalam wilayah negara Chili, Bolivia, Argentina, dan Peru.

Traveling ke sini sensasinya bakal beda banget. Karena bakal nemuin keunikan sendiri dibanding dengan gurun-gurun di belahan bumi lain.

Paling Gersang dan Kering di Bumi

Melihat Atacama, Gurun Paling Kering dan Bebas Polusi

Image source: shutterstock.com/Larissa Chilanti

Jadi tuh Gurun Atacama ini posisinya diapit oleh Pegunungan Cordillera dela Costa di sebelah barat dan Pegunungan Andes di sebelah timur. Jangan heran dulu dengan nama-nama gunungnya yang susah diucapkan itu. Maklum aja ya bro, karena memang si gurun ini berada di Chili.

Kok bisa sih gurun ini tempat paling gersang dan kering di dunia? Wilayah Gurun Atacama ini cuma dihujani kurang dari 1 mm setiap tahunnya.

Hal itu disebabkan adanya Pegunungan ANdes di sisi timur yang bikin awan hujan sulit sampai ke Gurun Atacama ini. Dan sisi barat, arus dingin Samudra Pasifik yang menerpa Pantai Chili juga nggak bisa menguap.

Suhu di sana terlalu rendah. jadi Gurun Atacama jarang banget hujan. Saking kering dan gersangnya, bintang di sana juga sampai sulit bertahan hidup. Sedikit banget hewan yang bisa bertahan hidup, seperti kalajengking, serigala gurun, lalat, sampai kupu-kupu.

Salah Satu Lokasi Paling Bersih dari Polusi

Melihat Atacama, Gurun Paling Kering dan Bebas Polusi

Image source: GIULIO ERCOLANI

Meski dilabeli destinasi yang paling gersang dan kering, nyatanya area Gurun Atacama juga disebut sebagai lokasi yang paling sedikit polusi.

Jadi kalau dilihat dari warna awannya itu sangat biru dan cerah. Salah satu faktornya juga karena Gurun Atacama berada di dataran tinggi.  Nah, karena langitnya yang cerah banget itu, Gurun Atacama sering jadi lokasi observatorium buat melihat benda-benda langit. 

Disebut Replika Planet Mars

Panorama bentangan tanah berwarna merah membuat Gurun Atacama ini dinilai mirip dengan Planet Mars. Apalagi banyak peneliti yang melakukan pemantauan Planet Mars, jadi soal warna permukaan bisa dinilai mirip atau nggaknya.

Salah satu ahli mikroorganisme dari Universita Negeri Louisiana, Fred A Rainey bilang, kalau keringnya tanah di gurun ini nyaris sama dengan tanah Planet Mars.

Bahkan, pada tahun 2003 lalu, ditemukan juga kehidupan mikroba di Atacama, yang mana mirip seperti kehidupan di Mars. Kok bisa ya?

Jadi kalau lo mau merasakan sensasi mirip Planet Mars, nggak perlu jauh-jauh deh terbang ke luar angkasa, rasanya cukup ke gurun ini buat merasakan gersangnya dan tanah merahnya. Hayo, siapa yang penasaran nih?

 

source: https://www.idntimes.com/science/discovery/brahm-1/7-fakta-gurun-atacama-salah-satu-tempat-terkering-di-bumi-c1c2-1/4
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
sensasi mirip Planet Mars
Ricko Pratama Putra
Luar Biasa
Heni Oen
wah keren bebas polusi
Bahar
Nice info
Heni Oen
oasisnya pasti luar biasa
GREEN GRASS hiking club
Keren banget indah walau nggak ada hutan yg lebat. .
Bahar
Mantaappppp