Gua Walet, Spot Kemah Aman di Gunung Ciremai dan Dongeng Nini Pelet

Gua Walet pasti sudah nggak asing lagi buat para pendaki yang pernah menginjakan kaki di Gunung Ciremai. Iya bener banget, Gua Walet ini salah satu spot teraman untuk berkemah.

Gua Walet, Spot Kemah Aman di Gunung Ciremai dan Dongeng Nini Pelet

Gua Walet ini ada di ketinggian 2950 mdpl dan menyimpan segudang cerita. Konon, dongeng Nini Pelet juga lahir dari goa ini.

Gunung Ciremai yang lokasinya di Kuningan, Jawa Barat memang nggak pernah absen dari list para pendaki. Dan, seiring itu juga, Gua Walet selalu jadi 'basecamp' yang nggak pernah kelewatan buat disinggahi untuk satu atau dua malam.

Gua Walet berupa cekungan yang salah satu sisinya terdapat gua stalaktit dan stalagmit. Luasnya 0,3 hektar atau hanya 300 meter dari puncak gunung. 

Jadi Spot Paling Aman

Gua Walet, Spot Kemah Aman di Gunung Ciremai dan Dongeng Nini Pelet

Image source: satyawinnie.com

Gua Walet ini biasanya jadi pilihan para pendaki buat berkemah yang naik dari jalur Patulungan atau Apuy. Dari dalam gua itu, pendaki bisa memanfaatkan tetesan air dari dalam gua yang bisa ditampung buat mencuci dan memasak di tenda. Nggak heran kalau Gua Walet ini disebut tempat yang paling aman. 

Tapi, buat sampai ke Gua Walet juga nggak gampang. Namanya juga di pegunungan, harus ada keringat dan langkah yang berat dulu buat sampai di titik itu. Setidaknya mesti melewati delapan pos dulu, yaitu Palutungan, Cigowong, Kuta, Pangguyangan Badak, Arban, Tanjakan Asoy, Pasanggrahan, dan Sanghiyang Ropoh.

Perkiraan waktu untuk sampai ke Gua Walet kurang lebih 9 sampai 10 jam bro. Itu kalau mulai berangkat dari basecamp atau Pos Palutungan

Karena waktu yang ditempuh nggak sebentar, maka para pendaki harus benar-benar juga mengatur perbekalan. Misalnya air minum. Mengingat jalur pendakian juga minim sumber air, yang mana cuma bisa ditemukan di Pos Cigowong.

Medan yang dilewati juga terbilang nggak mudah. Kalau hujan turun, jalan tanah akan melunak dan berlumpur. Otomatis kehati-hatian harus lebih ekstra dan jangan lupa memakai jas hujan untuk melanjutkan perjalanan.

Meski harus pol-polan di perjalanan awal, tapi kalau sudah sampai di Gua Walet, perjalanan sampai puncak nggak butuh waktu lama lagi. Nggak perlu bangun dini hari, karena waktu yang harus ditempuh cuma 15 menit saja untuk melihat keindahan kawah dan matahari terbit di puncak Ciremai 3.078 mdpl.

Tentang Nini Pelet

Gua Walet, Spot Kemah Aman di Gunung Ciremai dan Dongeng Nini Pelet

Image source: travel.okezone.com

Sama seperti gunung-gunung yang ada di Indonesia lainnya, Gunung Ciremai juga terselip dongeng yang sampai sekarang masih terekam di memori. Kisah tentang Nini Pelet ini melekat di Gunung Ciremai. Cerita Nini Pelet yang bersemayam di Goa Walet itu bagaimanapun bisa melindungi keasrian si Gua Walet. Kearifan lokal kisah Nyi Pelet membuat Gua Walet tetap lestari.

Untuk mitos keberadaan Nini Pelet di Ceremai ini memang sudah lama menjadi cerita tutur masyarakat sekitar gunung. Konon menurut legenda, Gunung Ciremai merupakan singgasana kerajaan Nini Pelet. 

Saking populernya, cerita Nini Pelet dan Ki Buyut Mangun Tapa muncul dalam serial sandiwara radio yang mengangkat cerita tentang Nini Pelet dari Gunung Ciremai pada tahun 80-an silam.

 

Source: https://travel.okezone.com/read/2016/01/10/406/1284543/goa-walet-tempat-berkemah-aman-di-gunung-ciremai
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Yuniarto ( Tato )
ih serem
Helmi salim wachdin
Super seruu
Agus Sungkawa
Cerita nini pelet yang melegenda, waktu kecil waktu Zaman2nya radio adalah teman sehati hehehe
agung
tq info ya
Heni Oen
wah horor juga
Bahar
Mantappp
Heni Oen
bisa menantang
Heni Oen
menegangkan tapi seru
arief
sekalian adu nyali klo berkemah disitu