Maahir, Anak Jakarta yang Jelajahi Nusantara dengan Gowes Sepeda

Pernah membayangkan rasanya menjelajahi Nusantara yang sangat luas dengan bersepeda? Muhammad Maahir Abdulloh sudah menjalaninya, bro. Dalam perjalanannya, ia juga sudah mendaki 30 gunung, termasuk 7 gunung tertinggi di Indonesia.  Seperti apa perjalanannya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Maahir, Anak Jakarta yang Jelajahi Nusantara dengan Gowes Sepeda

Ekspedisi Penjelajahan Nusantara memang sedang hangat dibicarakan belakangan ini, khususnya di kalangan pesepeda dan petualang di Indonesia. Ekspedisi ini dilakukan seorang diri oleh Muhammad Maahir Abdulloh dengan gowes sepeda menjelajahi seluruh pelosok Nusantara dan mendaki 30 gunung, termasuk 7 gunung tertinggi di Indonesia, bro!

Yup, ekspedisi yang dijalankan oleh Maahir ini memang sangatlah nggak mudah dan penuh tantangan. Namun, ia bertekad menjalankan ekspedisi tersebut agar bisa menikmati setiap jengkal keindahan alam Indonesia dan menjalankan misi yang sangat mulia bersama sepedanya.

Apa sebenarnya misi mulia tersebut? Lalu, apa saja cerita menarik dari ekspedisi yang hampir tuntas ini? Simak informasi terkait Maahir, anak Jakarta yang jelajahi Nusantara dengan gowes sepeda berikut ini, bro!

Memulai Perjalanan dari Jakarta

Maahir, Anak Jakarta yang Jelajahi Nusantara dengan Gowes Sepeda

Image source: instagram.com/penjelajahan.nusantara

Muhammad Maahir Abdulloh memulai perjalanan panjangnya dari Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Pejaten, Jakarta Selatan, bro. Acara pelepasan yang berlangsung pada hari minggu 12 Maret 2018 ini pun dihadiri oleh sejumlah pejabat penting PMI DKI Jakarta.

Selain itu, turut hadir juga berbagai komunitas di acara ini, sebut saja mulai dari komunitas Bike to Work, MTB Federal Indonesia, Gowes Literasi, sampai Pataga Indonesia. Kondisi kesehatan Maahir pun terus dipantau oleh jaringan PMI di seluruh daerah guna memuluskan Ekspedisi Penjelajahan Nusantara yang dijalani oleh Muhammad Maahir Abdulloh ini, bro.

Mengelilingi 34 Provinsi dan Mendaki 7 Gunung Tertinggi

Maahir, Anak Jakarta yang Jelajahi Nusantara dengan Gowes Sepeda

Image source: instagram.com/penjelajahan.nusantara

Dalam perjalanannya bersepeda menjelajahi Nusantara, Maahir juga menyempatkan untuk mendaki gunung-gunung Indonesia yang terkenal akan keindahannya lho, bro. Dilansir laman instagram pribadinya, total 30 gunung sudah dijelajahi, termasuk tujuh gunung tertinggi di Indonesia!

Pertama, Maahir mengawali pendakiannya dengan mendaki Gunung Arjuno di Jawa Timur. Setelah itu, ia mendaki saudara kembar Gunung Arjuno, yaitu Gunung Welirang. Beranjak dari Arjuno-Welirang, Maahir pun memulai pendakian tujuh gunung tertinggi di Indonesia dengan mendaki Gunung Semeru pada April 2018, bro.

Terakhir, ia telah menuntaskan misi pendakian tujuh gunung tertinggi di Indonesia dengan mendaki Gunung Kerinci sekaligus menjadi gunung ke-30 yang telah di jelajahinya. Saat ini, Maahir telah berangkat dari Lampung dan selanjutnya menuju ke Jakarta, titik awal dan akhir perjalanan Ekspedisi Penjelajahan Nusantara.

Menjalani Misi Membangun Literasi

Maahir, Anak Jakarta yang Jelajahi Nusantara dengan Gowes Sepeda

Image source: instagram.com/penjelajahan.nusantara

Muhammad Maahir Abdulloh menghabiskan waktu 2,5 tahun untuk menjelajah nusantara dengan gowes. Bukan sekadar bersepeda dan menikmati keindahan alam Indonesia, ia juga bertekad membangkitkan literasi di pelosok Tanah Air, bro.

Yup, anggota Korps Suka Rela (KSR) PMI Jakarta Selatan ingin membangun sepuluh taman bacaan di pelosok Nusantara. Namun sayangnya, hingga ia mencapai Bengkulu yang menjadi cek point provinsi ke-32, ia baru mewujudkan empat taman bacaan di seluruh pelosok Indonesia, bro.

Dilansir laman detik travel, Maahir pun belum mau berhenti karena misinya yang belum terselesaikan. Namun, dirinya tetap bakal menyempatkan diri untuk rehat dan pulang ke rumahnya di Jakarta Selatan.

Mendirikan taman baca di Papua, adalah salah satu kenangan paling berkesan untuknya. Provinsi ini memang memberi banyak kenangan mendalam. Wajar saja, jika ia sampai menghabiskan sembilan bulan di sana. Paling lama dibanding provinsi lainnya, bro.

 

Referensi : https://www.instagram.com/penjelajahan.nusantara/
https://jakarta.tribunnews.com/2018/03/12/bersepeda-keliling-indonesia-selama-700-hari-mahir-bawa-misi-ini?page=all
https://travel.detik.com/travel-news/d-5218786/kisah-maahir-abdulloh-gowes-34-provinsi-dan-7-puncak-tertinggi-indonesia
In Depth Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
salutdengan semangatnya
Agus Sungkawa
Petualangan sejati
dephy
benar benar luar biasa
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
Mantap banget
Bahar
Mantapppp
Yuniarto ( Tato )
Maaahirrr Yg mahir
Sumardiyono
pantang mundur.