Ada Apaan Aja Sih Bro di Pulau Mentawai?

Keindahan laut nggak cuma bisa lo temukan di Bali atau Lombok saja. Sangat disayangkan kalau lo melupakan satu tempat yang punya sejuta keindahan bahari satu ini. Pulau Mentawai yang terletak di tengah Samudra Hindia ini seakan jadi surga dunia yang patut jadi tujuan wisata.

Ada Apaan Aja Sih Bro di Pulau Mentawai?

Ombak yang indah serta budaya tradisional yang kental seakan menyempurnakan liburan dari perkotaan dengan segala hiruk pikuknya. Pulau Mentawai ini terbilang istimewa, sampai-sampai mendiang Paul Walker menjadikan pulau ini sebagai tujuan liburannya. Ada apa aja sih di Mentawai? Berikut ulasannya bro.

Ombak Indah Buat Surfing

Ada Apaan Aja Sih Bro di Pulau Mentawai?

Image source: unsplash.com/@repponen

Pulau Mentawai ini bisa dikatakan surganya para peselancar dunia. Belum sah rasanya kalau lo belum pernah menjajal ombak di Mentawai. Pantai-pantai di kepulauan ini menawarkan salah satu gelombang tertinggi di dunia yang mencapai 3 sampai 4 meter.

Sangat sempurna buat lo yang punya nyali besar dan berburu tantangan di tengah laut mentawai. Waktu terbaik untuk menjajal dan mengeksplorasi ombak di pulau ini sebagai surfer yakni selama musim kemarau, Maret hingga Oktober.

16 Spesies Endemik

Ada Apaan Aja Sih Bro di Pulau Mentawai?

Image source: wild-facts.com

Selain dimanjakan dengan ombak buat para surfer. Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini juga bisa menyaksikan 16 spesies endemik yang sebagiannya dikategorikan sebagai spesies hampir punah, seperti monyet Simakobu.

Simakobu atau monyet ekor babi (Simias concolor) menjadi salah satu primata paling langka dan terancam punah lantaran populasinya semakin menurun. Dengan daerah sebaran terbatas dan populasi terus turun, tak pelak mengukuhkan simakobu sebagai Most Endangered Primates.

Kepercayaan Pada Alam

Ada Apaan Aja Sih Bro di Pulau Mentawai?

Image source: Shutterstock.com/Aksenovden

Kehidupan masyarakat di Kepulauan Mentawai juga terbilang cukup unik. Mereka dikategorikan sebagai warisan dari era neolitik dan mereka memiliki kepercayaan yang kuat pada alam. Maka dari itulah kehidupan penduduk lokal sana sangat dipengaruhi oleh alam.

Mereka percaya bahwa alam adalah pusat kehidupan. Sehingga apa yang ditawarkan di pulau ini bisa menjadi tepat yang sempurna untuk mendapatkan pengalaman baru mulai dari budaya menarik seperti kain tradisional, seni, musik dan cara bertahan hidup.

Kaya Akan Budaya

Ada Apaan Aja Sih Bro di Pulau Mentawai?

Image source: Shutterstock.com/GUDKOV ANDREY

Kebudayaan di Pulau Mentawai sudah dikenal sampai mancanegara, salah satunya yakni tato. Tato adalah salah satu simbol paling penting bagi orang Mentawai, yang mencerminkan kematangan, kedewasaan dan status. Seni body painting ini diwarisi dari nenek moyang mereka, yang menggunakan tinta tato alami terbuat dari daun.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung Mentawai bisa belajar tarian tradisional (tarian perang dan terima kasih kepada alam), hingga melakukan studi Etnografi karena disini terdapat salah satu suku tertua di Indonesia.

Empat Tempat Diving

Buat yang mau melihat keindahan bawah laut Pulau Mentawai juga bisa. Bawah laut pulau ini nggak kalah eksotis dengan pulau lainnya seperti di Lombok. Ada empat tempat diving utama di Mentawai yaitu Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan.

 

source: https://www.pemburuombak.com/panduan-surfing/sumatera/item/42-surfing-sumatra/42-surfing-sumatra
https://alamendah.org/2011/08/23/monyet-ekor-babi-atau-simakobu-primata-paling-langka/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
indonesia memang indah
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Alamnya sangat menakjubkan
agung
tq info ya
Bahar
Mantappppp
GREEN GRASS hiking club
Keren banget. .Makasih infonya mantap. ..
Rival wawansyah
Indonesia memang indah berbagi macam suku dan budaya tapi kita tetap satu
Heni Oen
viewnya bagus banget
Heni Oen
catatan for next trip
arief
keren kerenn bangga dg kekayaan alam dan budaya bangsa kita