Hal-hal Menarik yang Mungkin Belum Lo Ketahui tentang RM Padang

Orang Indonesia tuh nggak pernah bisa menolak kalau disajikan menu masakan Padang. Bahkan, untuk makan siang kantoran aja, rumah makan padang bisa jadi list nomor wahid dibanding tempat makan lain.

Hal-hal Menarik yang Mungkin Belum Lo Ketahui tentang RM Padang

Alasannya karena praktis, dan pastinya nikmat banget juga. Makanya nggak heran kalau rumah makan padang kerap kali jadi tujuan pemburu kuliner. Apalagi ada satu menu makanan terenak se-dunia yang nggak bisa ditolak. Rendang, bro!

Di Jakarta atau di kota lain, nggak bakal kesulitan mencari rumah makan Padang. Keberadaannya menjamur hampir di Nusantara, mulai dari kelas kaki lima sampai restoran khusus. Bahkan ada juga beberapa gerai di luar negeri, seperti rumah makan 'salero minang' di Rotterdam, Belanda.

Tapi, sudah pada tahu belum sih, di balik etalase rumah makan padang itu banyak banget hal menarik yang. Apa aja sih?

Foto Kakek Berkopiah Hitam

Hal-hal Menarik yang Mungkin Belum Lo Ketahui tentang RM Padang

Image source: ayokepariaman.id

Sebagian orang mungkin nggak sadar dengan keberadaan foto kakek berkopiah hitam yang menghiasi dinding rumah makan Padang. Bagi orang Minang, kakek yang dikenal dengan foto Ungku Saliah ini adalah sebagai tanda bahwa pemilik rumah makan padang itu berasal dari Pariaman, Sumatera Barat.

Orang Minang, khususnya orang Pariaman beranggapan bahwa Ungku Saliah adalah tokoh yang dipercayai sebagian orang akan mendatangkan rezeki. Sementara sebagian lagi hanya untuk pemberi identitas, bahwa mereka berasal dari tanah Minang. 

Porsi Nasi Dibungkus Lebih Banyak

Hal-hal Menarik yang Mungkin Belum Lo Ketahui tentang RM Padang

Image source: takaitu.com

Selain nikmatnya cita rasa makanan khas Minang, dalam penyajiannya rumah makan padang ini sedikit menarik, salah satunya bisa dilihat perbedaan jumlah nasi ketika dibungkus dan makan di tempat.

Sadar atau nggak, nasi bungkus masakan Padang akan memiliki porsi yang dua kali lipat banyaknya. Hal ini dikarenakan ketika zaman dulu orang yang makan di tempat atau di restoran adalah kaum elite, seperti kolonial Belanda atau saudagar kaya. 

Sementara yang biasa dibungkus adalah kaum pribumi atau pekerja pabrik. Dengan maksud agar kaum pribumi bisa menikmati makan untuk dua orang, makanya nasi yang dibungkus diberi porsi lebih banyak.

Daun Singkong dan Gulai Nangka

Hal-hal Menarik yang Mungkin Belum Lo Ketahui tentang RM Padang

Image source: myeatandtravelstory.wordpress.com

Beda di Padang, beda juga di Pulau Jawa. Ini yang menariknya dari rumah makan Padang. Di Pulau Jawa, daun singkong dan gulai nangka nggak pernah absen menjadi pendamping nikmatnya lauk pauk khas Minang. Dua menu tersebut seakan menjadi teman wajib dalam sajian nasi hangat.

Tapi di tempat asalnya, Sumatera Barat, daun singkong justru jarang dipasangkan dengan gulai nangka. Di salah satu rumah makan kota Padang, lo hanya bisa mendapatkan daun singkong sebagai sayur pelengkap, tapi nggak pakai gulai nangka. Begitu juga sebaliknya.

Beda Nasi Kapau dan Nasi Pauh

Di tanah Minang, 'Rumah Makan Padang' ini terpecah menjadi dua yang lebih akrab dikenal dengan Nasi Kapau dan Nasi Pauh. Namun di antara keduanya itu ternyata hanya persoalan nama saja, karena sama-sama berasal dari Sumatera Barat dan punya keistimewaan.

Sebutan nasi Kapau adalah nasi yang berasal dari daerah Kapau, Bukittinggi, Sumatera Barat. Sekilas nggak ada yang berbeda dengan nasi padang umumnya, namun yang beda pada bumbu yang lebih khas dan lebih banyak menyajikan menu daging sapi atau daging kerbau, seperti 'gulai tunjang' misalnya. 

Ciri khas lain dari nasi kapau adalah gulai nangka menjadi menu wajib yang ada di rumah makan kapau. Sedangkan nasi Pauh atau lebih dikenal dengan Rumah Makan Pauh adalah rumah makan yang berasal dari Pauh, Pariaman. Menunya sama dengan masakan padang umumnya, namun yang membedakan kenikmatan gulai kepala ikan. Ikan yang disajikan selalu ikan laut.

 

Source: https://www.merdeka.com/peristiwa/6-fakta-menarik-dari-rumah-makan-padang.html?page=4
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
GREEN GRASS hiking club
Sangat membantu banget dengan pengalamannya pokoknya idare
SRI YAYA ASTUTI
JADI LAPER BANGET INI PERUT
Hilman rusdiyanto
Jadi laper
Amirul Bahri
Asiiiik nih klo bicara rumah makan padang, soalnya membuat langsung laper