Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman dan Aman Buat Motoran

Anak motor pasti udah sering banget kehujanan tiba ketika lagi asik motoran di jalan raya. Apalagi saat musim hujan tiba, hujan bisa turun lebih sering dan lebih deras dari biasanya. Nggak heran, kalau anak motor wajib banget punya jas hujan biar bisa gaspol terus walau jalanan diguyur hujan. Tapi, bagaimana tips memilih memilih jas hujan yang asik dan aman buat motoran? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, bro!

Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman dan Aman Buat Motoran

Pernah tiba-tiba diguyur hujan pas lagi motoran di jalan raya, bro? Yup, belakangan ini hujan deras memang seringkali datang tiba-tiba dan mengguyur beberapa wilayah di Indonesia.

Wajar saja, kalau anak motor wajib membawa jas hujan di bagasi motornya buat mengantisipasi salah satu kemungkinan yang seringkali terjadi di musim hujan ini. Biar gak salah pilih, lo wajib simak tips memilih jas hujan yang asik buat motoran berikut ini, bro!

Hindari Penggunaan Jas Hujan Ponco

Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman dan Aman Buat Motoran

Image source: alibaba.com

Demi keselamatan saat berkendara, hindarilah penggunaan jas hujan ponco buat motoran, bro. Sebab, banyak kasus kecelakaan motor saat hujan yang diakibatkan karena jas hujan jenis ini. Desain ponco yang seperti jubah panjang bisa saja membahayakan siapapun yang berada di dekat lo, termasuk lo sendiri, bro.

Sebaiknya, gunakanlah jas hujan dengan dua bagian. Bagian atas atau baju untuk menutupi badan, serta bagian bawah atau celana yang berfungsi menutupi bagian pinggang sampai kaki. Meskipun relatif lebih mahal, jas hujan dengan dua bagian ini lebih aman ketimbang jas hujan ponco, bro.

Pilih Bahan Jas hujan Sesuai dengan Kenyamanan

Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman dan Aman Buat Motoran

Image source: motorcyclenews.com

Penggunaan bahan dasar jas hujan yang nyaman pastinya bakal membuat lo nyaman saat berkendara di tengah guyuran hujan. Sebaiknya, jangan gunakan jas hujan berbahan parasut, atau bahkan plastik seperti yang banyak dijual di pinggir jalan saat hujan, bro.

Pasalnya, bahan parasut biasanya bakal membuat lo kepanasan dan bisa merasa nggak nyaman saat motoran. Sedangkan, bahan plastik membuat jas hujan lo nggak awet dan sangat mudah robek. Sebaiknya, pilihlah jas hujan dengan bahan coating glossy yang anti-embun, bro.

Bahan polyvinyl chloride (PVC) juga bisa menjadi pilihan, karena bahan ini dinilai lebih kedap air dibanding bahan jas hujan motor lainnya. Setelah memilih bahan, pastikan juga ukuran jas hujan pas dengan tubuh lo, bro.

Jas hujan yang terlalu besar tentu bakal membahayakan keselamatan lo di jalan. Selain itu, ukuran jas hujan yang terlalu kecil bisa saja membuat lo nggak nyaman saat motoran, bro.

Hindari Jas Hujan yang Menggunakan Jahitan

Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman dan Aman Buat Motoran

Image source: amazon.co.uk

Tips memilih jas hujan yang asik buat motoran selanjutnya yaitu hindarilah penggunaan jas hujan yang menggunakan jahitan pada tiap bagiannya, bro. Jahitan pada jas hujan ini bisa menyebabkan air hujan masuk atau rembes ke dalam.

Kalau sudah begini, rasanya percuma saja menggunakan jas hujan saat motoran di tengah guyuran hujan. Sebab, pada akhirnya lo bakal sama-sama kebasahan, bro.

Kalau jas hujan pilihan lo memiliki jahitan dan letaknya pada retsleting mungkin itu masih terbilang wajar. Tapi, pastikan pada bagian tersebut terdapat penutup biar air nggak masuk melalui sela-sela resleting, bro.

Biar Lebih Aman Pilih Warna Terang

Terakhir, pilihlah jas hujan buat motoran dengan warna terang. Tujuannya, tentu saja biar pengguna jalan lain bisa melihat keberadaan lo di jalan raya, bro. Jas hujan dengan warna gelap memang masih bisa terlihat jika intensitas hujan nggak terlalu besar. Namun, jika intensitas hujan relatif besar, maka warna terang akan memudahkan pengendara lain karena warna terang bakal sangat mudah dilihat, bro.

Warna terang pada jas hujan juga bakal membuat lo lebih aman saat motoran. Jika jas hujan pilihan lo nggak memiliki warna terang, maka usahakan cari jas hujan yang memiliki reflektor. Reflektor ini berfungsi untuk memantulkan kembali cahaya yang datang, bro.

So, itulah beberapa tips memilih jas hujan yang asik buat motoran. Jadi, jangan sampai salah pilih ya, bro!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/auto/ini-5-tips-memilih-jas-hujan-terbaik-untuk-para-biker-54624-54624
Tips Beginner Extreme solo traveling

2 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
yupppssss
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat