Simak Nih Bro, 5 Manfaat Traveling yang Manjur Menurut Sains

Traveling mengunjungi daerah yang menakjubkan bisa dibilang memang menjadi aktivitas yang sangat diimpikan para petualang. Sebab, aktivitas yang satu ini pasti menawarkan pengalaman seru yang sangat berkesan. Selain menyenangkan, ternyata traveling memiliki manfaat yang sudah terbukti menurut sains lho, bro. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Simak Nih Bro, 5 Manfaat Traveling yang Manjur Menurut Sains

Traveling saat ini nampaknya sudah menjadi hobi yang sangat populer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Para petualang pasti bakal rela mengumpulkan uang hingga hari cuti demi bisa mengunjungi destinasi-destinasi wisata impiannya.

Nggak hanya menyenangkan, traveling ternyata juga memiliki sejumlah manfaat yang sudah terbukti menurut sains lho, bro. Daripada makin penasaran, langsung saja simak beberapa informasi terkait manfaat traveling yang sudah terbukti menurut sains berikut ini!

1. Traveling Bisa Meningkatkan Rasa Bahagia

Simak Nih Bro, 5 Manfaat Traveling yang Manjur Menurut Sains

Image source: pexels.com/@roman-odintsov

Cornell University pernah melakukan sebuah penelitian yang menghasilkan kesimpulan, bahwa seseorang sudah bisa langsung merasa senang saat mereka mulai merencanakan liburan, bro. Hal ini ditemukan karena kebanyakan orang lebih merasa antusias sesaat sebelum menjalani liburan daripada saat mereka mendapatkan liburan itu sendiri. Pasti lo juga pernah ngerasain kan, bro?

2. Traveling Membuat Lebih Kreatif

Simak Nih Bro, 5 Manfaat Traveling yang Manjur Menurut Sains

Image source: unsplash.com/@joshuaearle

Manfaat traveling yang sudah terbukti menurut sains selanjutnya yaitu insting kreatifitas yang semakin terasah, bro. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Academy of Management Journal menyimpulkan bahwa orang yang bekerja dan tinggal di luar negeri lebih kreatif dibanding mereka yang tinggal di negeri sendiri.

Budaya asing di luar negeri memang seringkali memaksa seseorang untuk bisa beradaptasi dan meningkatkan fleksibilitas kognitif atau yang lebih akrab dengan sebutan pemikiran terbuka (open minded). Hal ini tentu saja bisa meningkatkan kreativitas ketika lo ada kunjungan kerja atau traveling ke luar negeri, bro.

3. Bisa Menghilangkan Stres 

Simak Nih Bro, 5 Manfaat Traveling yang Manjur Menurut Sains

Image source: pexels.com/@nurseryart

Sensasi menyenangkan saat travelling ternyata sudah terbukti bisa menghilangkan stress lho, bro. Menurut sebuah penelitian tahun 2013, lebih dari 80 persen orang Amerika yang disurvei mengalami penurunan stres yang signifikan setelah satu atau dua hari bepergian, bro.

Menariknya lagi, penelitian yang dilakukan oleh The Global Commission on Aging dan Transamerica Center for Retirement Studies ini juga mengatakan bahwa, sensasi menyenangkan ini cenderung bertahan selama seminggu setelah perjalanan berakhir. Lumayan lama kan, bro?

4. Mengasah Pola Pikir dalam Memecahkan Masalah

Simak Nih Bro, 5 Manfaat Traveling yang Manjur Menurut Sains

Image source: pexels.com/@nurseryart

Berdasarkan sebuah penelitian dari Journal of Personality dan Social Psychology menemukan fakta bahwa, ternyata orang yang tinggal di luar negeri 20 persen lebih berpotensi memiliki pemecahan masalah kompleks dibanding mereka yang nggak tinggal di luar negeri.

Alasannya, karena dengan adanya budaya dan lingkungan yang berbeda, mereka bisa menciptakan pola pikir yang lebih kritis, bro. Hal ini tentu saja bisa lo rasakan saat traveling ke luar negeri dalam waktu yang terbilang lama.

5. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Simak Nih Bro, 5 Manfaat Traveling yang Manjur Menurut Sains

Image source: pexels.com/@nurseryart

Berdasarkan penelitian hasil kolaborasi antara The Global Commission on Aging dan Transamerica Center for Retirement Studies di Amerika, ternyata traveling terbukti bisa membuat seseorang menjadi lebih sehat lho, bro.

Yup, studi tersebut menemukan fakta bahwa seseorang yang berlibur seenggaknya dua kali dalam setahun, memiliki resiko lebih rendah menderita serangan jantung daripada mereka yang hanya bepergian setiap enam tahun sekali atau bahkan lebih. Jadi, jangan ragu luangkan waktu buat traveling ya, bro.

Nah, itulah beberapa informasi terkait manfaat traveling yang sudah terbukti menurut sains. Setelah pandemi berakhir ada rencana mau traveling ke mana, bro?

 

Referensi: https://www.idntimes.com/science/discovery/adeliadwitas/5-manfaat-traveling-yang-terbukti-menurut-sains-c1c2/5
In Depth Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Okeee lahghh
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
Mantabbbb
Bahar
Nice info