5 Pemandian Air Panas Menakjubkan di Tengah Hutan Indonesia

Keindahan alam di Indonesia khususnya hutan tropis, memiliki berbagai hal menakjubkan yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah pemandian air panas alami yang letaknya berada di tengah hutan. Mau tahu lokasi mana aja yang memiliki pemandian air panas alami menakjubkan? Simak ulasan selengkapnya!

5 Pemandian Air Panas Menakjubkan di Tengah Hutan Indonesia

Sebagai negeri yang dilewati jalur cincin api pasifik, Indonesia memiliki banyak sumber mata air panas alami. Nggak jarang kalau sumber mata air panas tersebut dikembangkan menjadi objek wisata berupa pemandian air panas. Bukan sekadar objek wisata biasa, kolam pemandian air panas alami juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena mengandung mineral yang tinggi, seperti kalsium, litium, dan radium.

Terdapat banyak kolam pemandian air panas alami di Indonesia yang belum banyak diketahui. Berikut ini beberapa lokasi pemandian air panas yang berada di tengah indahnya alam tropis dari seluruh Indonesia.

1. Candi Umbul, Magelang

5 Pemandian Air Panas Menakjubkan di Tengah Hutan Indonesia

Image source: twitter.com/WisataMagelang1

Seperti namanya, sumber air panas Candi Umbul adalah bagian dari suatu kompleks percandian peninggalan Hindu-Buddha di masa lalu. Konon, dulu Candi Umbul merupakan tempat pemandian keluarga Kerajaan Mataram.

Gelembung udara sesekali keluar dari dalam tanah. Sambil berendam di pemandian, wisatawan juga bisa menikmati panorama Pegunungan Menoreh dan Candi Umbul.

2. Aek Rangat Riniate, Sumatra Utara

5 Pemandian Air Panas Menakjubkan di Tengah Hutan Indonesia

Image source: pedomanwisata.com

Lokasi pemandian Aek Rangat Riniate letaknya nggak jauh dari Danau Toba, tepatnya berada di Pangururan, Provinsi Sumatra Utara. Air yang berada di pemandian ini mengandung mineral yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Pemandian air panas ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit kapur berwarna putih. Sambil berendam, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indahnya Gunung Pusuk Buhit dan perbukitan sekitarnya.

3. Banyuwedang, Bali

5 Pemandian Air Panas Menakjubkan di Tengah Hutan Indonesia

Image source: tripadvisor.com

Ditemukan sejak 1965, pemandian air panas Banyuwedang di Kabupaten Buleleng, Bali ini baru dibuka untuk umum pada 2017 lalu. Lokasinya berada di tepian perbatasan dengan kawasan Taman Nasional Bali Barat dengan pemandangan indah.

Suhu airnya berkisar pada 40 derajat Celcius. Pemandian air panas ini terbagi menjadi dua area, yaitu umum dan pribadi yang bisa disewa wisatawan.

4. Gua Susu, NTB

5 Pemandian Air Panas Menakjubkan di Tengah Hutan Indonesia

Image source: Instagram/mnd_ndr

Pemandian air panas Gua Susu terletak di atas pegunungan, tepatnya di jalur pendakian Torean menuju Segara Anak, Gunung Rinjani. Pemandangan di dalam gua ini dikelilingi bebatuan seputih susu.

Kolam air panas ini sangat populer di kalangan para pendaki. Gua Susu merupakan keajaiban alam berupa sauna alami dari panas bumi yang keluar ke permukaan.

5. Mengeruda Soa, NTT

5 Pemandian Air Panas Menakjubkan di Tengah Hutan Indonesia

Image source: instagram.com/nyo_sadewa

Air panas Mengeruda Soa berlokasi nggak jauh dari Danau Kelimutu, tepatnya berada di Pulau Flores, NTT. Pemandian air panas Mengeruda Soa sendiri berasal dari Gunung Inielika.

Banyak yang percaya air di pemandian ini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit karena tingkat kepanasannya dan kandungan mineral vulkanisnya sangat layak menjadi media terapi atau pengobatan.

Itulah beberapa lokasi pemandian air panas alami yang berada di tengah hutan Indonesia. Lokasi mana yang paling menarik untuk dikunjungi, bro?

 

Source: https://phinemo.com/5-pemandian-air-panas-alami-di-tengah-hutan-indah-indonesia/
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Oke Bossss
dephy
hangat alami
Heni Oen
bagus banget
Agus Sungkawa
lokasi pemandian air panas alami yang berada di tengah hutan Indonesia.
Bahar
Nice info
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Keren Banget.
Aswin Hidayat
bagaimanapun juga, Bali punya daya tarik tersendiri. Bali pilihan gw!!
Cecep Jajang
Yang anget" memang manttap
Yoga prisma haryanto
Coba di kota kota besar bisa seperti itu